Perbandingan Regular and Irregular Verb

Ada berbagai macam hal yang dapat dipelajari dalam bahasa Inggris. Mulai dari tenses hingga masalah kata kerjanya. Berbeda dengan bahasa Indonesia, kata kerja dalam bahasa Inggris yang disebut dengan verb dikelompokkan dalam beberapa kategori. Salah satunya ialah berdasarkan pembentukan katanya. Dalam hal ini ada 2 kategori kata kerja yang harus dipahami yaitu regular and irregular verb atau kata kerja beraturan dan tidak beraturan. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk dasar kata kerja dan perubahannya pada bentuk past tense dan past participle. Bentuk present biasa disebut juga dengan V1, past ialah V2 dan V3 untuk past participle. Untuk regular verb, Anda akan temukan ada satu pattern yang sama sedangkan sebaliknya, pada irregular verb pattern yang dibentuk acak.

1. Regular verb

Regular Verb

Untuk kategori pertama adalah regular verb. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika kata kerja yang satu ini akan memiliki perubahan bentuk past dan past participle yang sama. Dalam materi regular and irregular verb, Anda akan melihat adanya perubahan kata kerja yang bentuk past dan past participle akan sama. Disini, perubahan yang dimaksud ialah adanya penambahan “d” atau “ed” pada bentuk kata kerja dasarnya saja.

Contohnya ialah pada kata kerja walk sebagai bentuk present. Pada bentuk past, ada penambahan “ed” sehingga menjadi walked. Untuk bentuk past participle pun sama dengan bentuk past yaitu walked.

[table id=46 /]

Contoh lainnya ada pada kata kerja love. Untuk love, hanya dengan ditambah dengan “d”, kata kerja tersebut telah berubah menjadi loved, kata kerja bentuk past dan past participle.

[table id=47 /]

Kemudian, dalam materi regular and irregular verb, verb tersebut dibagi lagi dalam beberapa kategori sebagai berikut.
• Kata kerja berakhiran -e
• Kata kerja berakhiran konsonan ditambah -y
• Kata kerja berakhiran huruf vokal + konsonan
• Kata kerja berakhiran huruf vokal + l

Inilah beberapa contohnya.

[table id=48 /]

2. Irregular Verb

Irregular Verb

Sedangkan untuk kata kerja tidak beraturan dalam pembahasan regular Anda irregular verb, kata kerja ini memiliki bentuk yang acak. Terkadang, para pelajar harus menghafalkan kata kerja irregular ini karena hampir setiap kata kerja memiliki perubahan yang berbeda. Disini, ada beberapa pattern yang ditemukan dalam irregular verb seperti:

• Semua bentuk kata kerjanya sama
• Semua bentuk kata kerjanya berbeda
• Kata kerja kedua dan ketiga yaitu past dan past participle sama
• Kata kerja dasar dan kata kerja ketiga atau past participle sama
• Memiliki pattern i-a-u
• Memiliki pattern tersendiri pada kata kerja past dan past participle

Di bawah ini ada beberapa contoh kata kerja irregular yang umum digunakan. Inilah beberapa perbedaannya.

[table id=49 /]

Itulah penjelasan mengenai materi regular and irregular verb. Dengan memahami semua materi tersebut, tentunya Anda akan makin paham tentang bahasa Inggris.

Leave a Comment