Pengertian Action and Stative Verb, List dan Contoh Kalimat

Pengrtian Action And Stative verb

Pembahasan mengenai verb atau kata kerja bahasa Inggris sangatlah luas. Selain mengenai regular dan irregular verb, ada juga kategori verb lain jika dilihat dari statis tidaknya sebuah kata kerja. Dalam hal ini, ada stative verb dan juga action verb. Keduanya memiliki sifat yang bertolak belakang dimana kata kerja stative ialah kata kerja yang tidak berubah. Sedangkan untuk kata kerja aksi adalah yang dapat diubah tergantung dari kondisi. Agar and lebih jelas mengenai hal ini, simak dan pahami penjelasan berikut.

1. Action Verb

Seperti yang telah dibahas sebelumnya apabila kata kerja ini merupakan verb yang bisa berubah berdasarkan kondisi. Artinya yaitu penggunaannya bisa di rubah dan disesuaikan dengan tenses yang digunakan. Beberapa contoh action verb (dynamic verb) yaitu drink, eat, go, type, read, write, listen, watch, say, grow, sleep and many more. Kata kerja di atas dapat digunakan dalam present tense yang menyatakan kebiasaan,  present continuous yang menunjukkan kerja tersebut dilakukan saat ini, past tense untuk menyatakan kejadian lampau atau perfect tense.

[table id=50 /]

Kemudian, untuk stative verb sendiri memiliki fungsi yang sedikit berbeda dari action verb. Pada kata kerja ini, penggunaannya tidak bisa untuk present continuous. Meskipun dimaksudkan untuk menanyakan ataupun mengungkapkan peristiwa yang sedang terjadi, namun tenses yang digunakan tetap present tense. Beberapa kata yang termasuk dalam kata kerja statis ialah agree, like, smell, hear and so on.

2. Stative verb

Kemudian, biasanya kata kerja yang satu ini akan berhubungan dengan beberapa hal sebagai berikut.

• Berhubungan dengan pemikiran atau opini

Yang pertama ialah kata kerja tersebut akan sangat berhubungan dengan pemikiran atau opini. Kata kerja yang dapat digunakan disini seperti know, agree, recognise, believe, guess, doubt, imagine, think, remember and mean.

[table id=51 /]

• Berhubungan dengan perasaan atau emosi

Mengenai hal lainnya yaitu kata kerja statis akan sangat berhubungan dengan perasaan atau emosi. Beberapa kata kerja yang dapat menggambarkan hal tersebut ialah like, want, dislike, hate, love, prefer and wish.
[table id=52 /]

• Berhubungan dengan panca indra

Kata kerja stative pun akan menggambarkan panca indra seperti kata hear untuk telinga dan see untuk mata. Verb lainnya seperti smell, feel dan taste.

[table id=53 /]

• Menggambarkan sesuatu yang bukan aksi

Kemudian, verb ini pun akan menggambarkan sesuatu yang bukan aksi. Misalnya saja pada kata smell.

[table id=54 /]

Namun, ada pula beberapa kata kerja yang dapat menjadi kata kerja aksi maupun statis. Berikut daftar kata kerjanya untuk Anda.

[table id=55 /]

Jadi, itulah penjelasan mengenai action dan stative verb. Sekarang Anda telah paham tentang perbedaan antara keduanya, bukan?

Leave a Comment