Pengertian Finite Verb and Non finite, Tipe dan Contoh Kalimat

Pengertian Finite verb and Non Finite

Finite verb, non finite adalah kata kerja yang dipengaruhi oleh subject dan tensesnya. Finite verb ini memiliki peran sebagai predikat dalam suatu kalimat. Dalam pengaplikasian finite ini disesuaikan dengan subject dan tenses-nya. Subject dan tenses tersebut juga tergantung dengan jumlah serta personalnya. Dalam sebuah kalimat (bahasa Inggris) verb merupakan komponen yang sangat penting dan digunakan dalam bentuk present tense dan past tense. Finite verb juga merupakan kata kerja terbatas dan dalam penggunaannya finite verb ini memiliki hubungan dengan subject dan tenses-nya. Finite verb ini hanya bisa digunakan pada bentuk present tense dan past tense saja dan kata kerjanya bisa serupa pasif ataupun aktif serta kata kerja tunggal atau juga jamak.

Kemudian untuk penjelasan non finite verb yaitu kebalikan dari finite verb (kata kerja terbatas) dan non finite verb (kata kerja tidak terbatas). Non finite verb ini tidak dipengaruhi oleh adanya subject dan tenses-nya. Non finite ini juga merupakan kata kerja bahasa inggris tidak lengkap atau bukan merupakan kata kerja utama. Kata kerja ini berfungsi sebagai kata benda (noun), kata sifat (adjective)dan kata keterangan (adverb). Dalam penggunaannya, non finite digunakan sebagai pembentuk klausa non finite yang merupakan dari dependent clause. Non finite verb ini juga tidak dipengaruhi oleh agreement , yaitu person (first, second, third) dan juga number (singular dan plural). Untuk mengetahui perbedaan kedua finite verb, non finite mari lihat list jenis dan contoh kalimat berikut ini.

Tipe dan Contoh Kalimat

Bentuk finite verb berdasarkan tenses, person dan number.

[table id=56 /]

Tipe dan contoh kalimat finite verb.

[table id=57 /]

Contoh kalimat non finite verb

[table id=58 /]

Contoh soal finite verb, non finite

Find out the finite or non finite verb with (finite), (non finite) behind the sentence!
1. I read a magazine.
2. They went to Semarang yesterday morning.
3. I want to write a poetry.
4. My mother bought a piece of cake.
5. He promises to take care the cat.
6. They asked me to see a dance teacher.
7. Sister is ordering juice.
8. I can’t go with you.
9. She loves snorkeling.
10. He sat on the sofa in the dark room.
11. Leaving the room can be sad.
12. Sisca plays the guitar.
13. I need to go to sleep.
14. I travelled to German to improve my Germany.
15. The dog is barking.

Itulah tadi penjelasan mengenai finite verb secara jelas dan mengetahui bagaimana tipe-tipe kalimat pada finite verb secara lengkap. Kemudian Anda juga akan mengetahui penjelasan mengenai non finite verb dan dapat membedakan kedua baik finite verb dan non finite verb berdasarkan contoh-contoh kalimat dan penjelasan di atas. Kedua finite verb dan non finite verb tersebut sangat penting untuk dipelajari kemudian latihan melalui soal yang tersedia. Semoga materi finite verb, non finite bermanfaat untuk Anda.

1 thought on “Pengertian Finite Verb and Non finite, Tipe dan Contoh Kalimat”

Leave a Comment