Attributive Adjective : Pengertian, Deskripsi, Dan Contoh Kalimat Dalam Bahasa Inggris

Dalam tata bahasa Inggris, adjective atau kata sifat dibedakan menjadi lebih spesifik. Pada bab ini akan dibahas mengenai attributive adjective. Apakah yang dimaksud dengan attributive adjective?

pengertuan Attributive adjective

Attributive adjective adalah kata sifat yang diletakkan sebelum kata benda. Maksudnya, kata sifat ini menjelaskan sifat yang terdapat pada benda yang diterangkan. Berbagai kata sifat dasar dapat digunakan dalam kalimat ini meliputi : beautiful (cantik), lazy (malas), diligent (rajin), interesting (menarik), payable (dapat dibayar), attractive (menarik), bad (buruk), hot (panas), dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelas dalam aplikasinya, berikut akan diberikan contoh penggunaannya dalam kalimat.

Contoh :

  • This actress has a beautiful face.
    Pada kalimat ini, beautiful menerangkan wajah yang dimiliki aktris.
  • My neighbour is truly a kind man.
    Pada kalimat ini, kind menerangkan kebaikan yang dimiliki pria tersebut.
  • The television tries to offer many attractive programmes.
    Pada kalimat ini, attractive menunjukkan program yang coba ditawarkan oleh banyak stasiun televisi.

Bagaimana formula attributive adjective pada kalimat negative dan kalimat tanya introgatif?

Pada dasarnya, prinsip penggunaan attributive adjective pada berbagai kalimat adalah sama, yaitu kata sifat harus diletakkan di depan kata benda. Berikut akan diberikan contoh kalimat yang menggunakan frase atributif ini:

(+) Actually, she is a beautiful girl.
(-) Actually, she is not a beautiful girl.
(?) Is she actually a beautiful girl?

Dari contoh di atas dapat dilihat dengan baik posisi kata sifat selalu di depan kata benda, baik pada kalimat positif, negatif, maupun kalimat tanua introgatif.  Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat dari contoh lain sebagai berikut:

(+) He had a new car last month.
(-) He did not have a new car last month.
(?) Did he have a new car last month?

Pada contoh kalimat yang kedua, digunakan kalimat dalam bentuk past tense. Secara prinsip, penggunaan attributive adjective dapat diaplikasikan pada semua jenis tenses yang ada dalam Bahasa Inggris, meliputi past, present, perfect, maupun future tense. Karena pada prinsipnya, atrributive adjective menjelaskan kata benda.

Jenis adjective ini sangat sering dijumpai dalam Bahasa Inggris. Penggunaan attributive adjective berlaku pada semua komparasi dan superlasi kata sifat. Penjelasannya terlihat dalam table berikut:

[table id=156 /]

Leave a Comment