Aspect Of Verb : Pengertian aspect of verb, jenis, dan contoh kalimat dalam Bahasa Inggris

Apakah Itu Aspect of verb

Apakah itu aspect of verb? Secara umum, aspect of verb menunjukkan apakah suatu pekerjaan masih dilakukan atau sudah selesai dikerjakan. Seperti yang telah dipelajari bersama, tata bahasa Inggris memiliki tenses yang menunjukkan beragam keterangan waktu mengenai kapan suatu pekerjaan dilakukan atau suatu kejadian terjadi. Dalam hal ini, aspect of verb menjadi efektif untuk digunakan karena menerangkan pekerjaan yang masih berlangsung atau telah selesai. Untuk itu, penggunaan tenses yang tepat menjadi mutlak harus diperhatikan sesuai dengan formula dasar yang telah diberikan baik untuk tenses past, present, perfect, maupun future.

Berikut merupakan kalimat yang menggunakan aspect of verb:

  • She walked the empty road slowly.
    Kalimat ini menggunakan simple past tense, menunjukkan suatu kejadian yang masih berlangsung, tapi bisa jadi kejadian ini juga sudah selesai.
  • She had walked the empty road slowly by the time the car passed
    Kalimat ini merupakan past perfect tense, menunjukkan kejadian tersebut telah berlalu atau selesai dikerjakan.
  • She had been walking the empty road before the rain dropped
    Kalimat ini merupakan present perfect continuous tense, menunjukkan kegiatan yang masih berlangsung tapi segera selesai kemudian.

Bila dibagi menjadi beberapa kategori, ada empat jenis aspect of verb, yaitu: simple aspect, perfect aspect, progressive/ continuous aspect, dan perfect progressive/ continuous aspect. Penjelasan untuk setiap jenis verb of aspect akan diuraikan dalam table berikut contoh penggunaannya dalam kalimat.

[table id=155 /]

Keterangan : kata yang dicetak tebal merupakan kata kunci yang harus digunakan untuk membentuk aspect of verb dalam setiap kalimat.

Leave a Comment