Pengertian Auxiliary Verb, Kombinasi dan Contoh Kalimat

Dalam Bahasa Inggris, verb atau kata kerja dibagi menjadi dua yaitu main verb (kata kerja utama) dan auxiliary verb (kata kerja bantu). Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai auxiliary verb atau kata kerja bantu yang ada dalam tata Bahasa Inggris. Pengertian dari auxiliary verb sendiri adalah kata kerja yang digunakan bersamaan dengan kata kerja utama. Biasa disebut juga sebagai helping verbs atau kata kerja bantu, auxiliary verbs berfungsi untuk mempertegas kata kerja utama atau untuk membentuk kalimat negatif atau pertanyaan.

Untuk lebih jelasnya mengenai auxiliary verb dan pembagiannya, mari kita simak tabel di bawah ini:

[table id=157 /]

Dari tabel di atas, kita bisa melihat bahwa Auxiliary verb ini terdiri dari dua jenis yaitu main auxiliary dan modal auxiliary. Main auxiliary terdiri dari be, do, dan have. Sedangkan modal auxiliary terdiri dari can, could, will, would, may, might, shall, should, must dan ought to.

Dalam penggunannya, verbs seperti be, do dan have bisa berkedudukan sebagai kata kerja utama maupun sebagai kata kerja bantu. Namun, dalam kedudukannya sebagai kata kerja bantu, kita akan menemukan kata kerja tersebut disandingkan dengan kata kerja utama lainnya. Seperti dalam contoh berikut:

  • Freddy is handsome (Freddy itu tampan)
  • Freddy is studying mathematic (Freddy sedang belajar matematika)

Kalimat pertama merupakan contoh penggunaan be sebagai kata kerja utama. Sedangkan pada kalimat kedud Freddy is studying mathematic, be disini berkedudukan sebagai auxiliary verb atau kata kerja bantu yang melengkapi kata studying.

Kombinasi Auxiliary Verb

Kombinasi auxiliary verb

Sebuah kata kerja utama ternyata bisa dilengkapi sampai tiga kata kerja bantu dalam satu waktu sekaligus. Dalam hal ini, kata kerja bantu tersebut dapat terdiri dari satu modal auxiliary dengan satu atau dua main auxiliary. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak contoh kombinasi auxiliary verb berikut ini:

  • The book has been read (Buku itu telah dibaca)
  • I have been driving for an hour (Saya telah mengemudi selama satu jam)
  • They must have dinner soon (Mereka past akan makan malam segera)

Dalam tiga kalimat contoh tersebut, terdapat kombinasi penggunaan auxiliary verb dalam satu kalimat. Pada kalimat pertama, The book has been read, terdapat main auxiliary “has” dan “been” yang kemudian diikuti dengan kata kerja utama “read”. Dalam contoh kalimat kedua, terdapat modal auxiliary “have” dan main auxiliary “been” yang diikuti dengan verb+ing “driving”. Berbeda dari contoh kalimat kedua, kalimat ketiga hanya menggunakan satu kata kerja bantu yaitu “must” dan diikuti kata kerja utama “have”.

Sebagai tambahan, apa pun bentuk kombinasinya, verb yang mengikuti kombinasi auxiliary verb tersebut selalu sama yaitu base form, –ing atau past participle. Singkatnya, formula kombinasi auxiliary verb ini bisa dilihat pada tabel berikut ini:

[table id=158 /]

Dalam hal ini, kita bisa mengikuti peraturan berikut ini saat akan mengkombinasikan auxiliary, modal auxiliary dan verb form.

  • Setelah menggunakan auxiliary verb seperti do, does, will, would, shall, should, can, could, must, may dan might, gunakanlah base form (formula dasar).
    Misalnya: He might stay (dia boleh tinggal)
  • Setelah menggunakan auxiliary verb seperti has, have dan had, gunakanlah past participle (kata kerja bentuk ketiga).
    Misalnya: They have gone (mereka telah pergi)
  • Setelah menggunakan auxiliary verb seperti be, is, am, are, was, were dan been, gunakanlah verb-ing form untuk active voice verbs.
    Misalnya: I was watching you (Saya memperhatikan anda)
  • Setelah menggunakan auxiliary verb seperti be, is, am, are, was, were, been dan being, gunakanlah past participle untuk membentuk passive voice.
    Misalnya: The house is being decorated (Rumah itu sedang didekorasi)

Contoh Penggunaan Auxiliary Verb dalam Kalimat

Contoh Penggunaan Auxiliary verb

Untuk menambah pemahaman kita mengenai auxiliary verb, berikut ini ada beberapa contoh penggunaan auxiliary verb dalam kalimat.

[table id=159 /]

Latihan Soal Auxiliary Verb

Isilah titik di bawah ini dengan pilihan auxiliary verb yang tepat!

  1. Alex ……. always wanted to try diving. (was, has, have, doesn’t, is)
  2. Where …….. you go on your summer holiday? (did, does, do, were, been)
  3. I ……. purchased the grocery. (has, had, do, am, have)
  4. She …… be upset when she hears what happened. (must, does, has, is, should)
  5. …… you know where she goes? (did, do, does, is, have)
  6. I really like fish, but I ……. care for meat. (been, weren’t, don’t, was, is)
  7. They could …… jogging (be, been, is, have, has)
  8. He ….. stay up late if he takes a nap now. (could, can, has, be, is)
  9. I ….. baking chocolate muffins today. (was, am, were, has, have)
  10. Nathalie …. cooking dinner when I came to her house last night. (was, has, is, does, should)

Jawaban latihan soal auxiliary verb

  1. has
  2. did
  3. have
  4. must
  5. do
  6. don’t
  7. be
  8. can
  9. am
  10. was

 

Leave a Comment