Pengertian Appositive, Posisi dan Contoh Kalimat

Saat ini ada banyak orang yang sedang belajar tentang bahasa Inggris, bermula dari kebutuhan untuk berkomunikasi dengan orang lain saat kita sedang berada di luar negeri hingga menjadi salah satu syarat yang di wajibkan dalam beberapa pekerjaan membuat bahasa Inggris semakin penting untuk di pelajari. Nah kali ini kita akan belajar tentang appositive dalam bahasa Inggris. Banyak sekali orang yang bingung tentang satu jenis tata bahasa ini, apalagi setelah kita mempelajari bahasa Inggris semakin dalam maka akan semakin rumit karena pola dan tata bahasa yang digunakan pun semakin beragam.

Pengertian Appositive dan Cara Menerapkannya Dalam Sebuah Kalimat

Dalam menyusun kalimat yang ada di dalam bahasa Inggris kita harus memperhatikan tata bahasa yang digunakan. Dalam grammar, appositive artinya adalah berupa noun atau pronoun yang di gunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan sebuah noun atau pronoun lainnya. Dengan kata lain appositive memiliki fungsi sebagai penjelas dari subject atau object yang di miliki oleh sebuah kalimat bahasa Inggris. Umumnya appositive di dampingi oleh modifier yang kemudian membentuk appositive phrase yang biasanya berupa sebuah noun phrase.

Berikut ini penjelasan beberapa frase yang menjadi sebuah appositive.

1. Gerund

Selain noun phrase ada frase lain yang juga bisa beraksi sebagai appositive yang di karenakan dari suatu kata yang di bentuk dari kata kerja namun berfungsi sebagai part of speech lain atau noun.

2. Infinitive

Selain gerund sebuah frase juga bisa berlaku sebagai appositive karena infinitive merupakan sebuah verbal yaitu sebuah kata yang terbentuk dari beberapa kata kerja namun memiliki fungsi sebagai bagian dari sebuah noun atau kata benda.

Appositive biasanya memiliki posisi yang di tempatkan setelah keberadaan noun yang di jelaskannya. Namun dalam beberapa buah kalimat, appositive juga bisa di tempatkan sebelum noun yang di jelaskannya. Dari hal tersebut dapat kita ketahui bahwa appositive memiliki tujuan tertentu yaitu sebagai sebuah pelengkap dari sebuah subject atau object sebuah kalimat bahasa Inggris. Posisi yang pertama adalah posisi yang di letakkan setelah kata benda yang di jelaskan kemudian yang kedua adalah yang di letakkan sebelum kata benda yang di jelaskan dalam kalimat tersebut.

Dalam sebuah kalimat bahasa Inggris juga berlaku relative clause dengan adanya punctuation berupa sebuah comma atau koma terutama bila appositive phrase memiliki sifat non restrictive,non defining atau non essential. Dalam kasus bahasa Inggris non restrictive appositive phrase memiliki artinya informasi tambahan yang di bawa oleh frase tersebut memiliki sifat yang tidak begitu penting dan bisa di hilangkan. Dalam sebuah kalimat appositive biasanya di batasi dengan adanya tanda koma, tanda kurung atau tanda penghubung.

Berikut ini beberapa contoh penggunaan appositive dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

NoContoh KalimatTerjemah
1Daniel, my brother, never get angry with usDaniel, kakak saya, tidak pernah marah kepada kami
2My brother, Daniel, never get angry with usKakak saya, Daniel, tidak pernah marah kepada kami
3Squid, Diana’s dog, walks slowlySquid, anjingnya Diana, berjalan dengan lambat
4Diana’s dog, Squid, walks slowlyAnjingnya Diana, Squid, berjalan dengan lambat

Demikian beberapa penjelasan rinci tentang appositive, bagaimana cara menempatkan appositive dalam sebuah kalimat dan beberapa contoh kalimat dengan posisi penempatan appositive yang berada sebelum dan setelah noun yang ada di dalam kalimat tersebut. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

 

About Imam Khanafi