Pengertian Personal Pronoun, List Kata dan Contoh Kalimat

Personal pronoun pengertiannya adalah kata ganti yang digunakan untuk manusia, hewan, benda dan lain sebagainya yang digunakan secara spesifik. Mempelajari pronoun memang sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin belajar dan mahir berbahasa inggris. Mempelajari pronoun sangat penting karena ini menjadi dasar dalam membuat dan merangkai kalimat dalam bahasa inggris. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengusai berbahasa inggris baik digunakan untuk bahasa komunikasi sehari-hari atau pun digunakan untuk pemahaman dalam menulis dalam bahasa inggris maka hal utama yang Anda butuhkan adalah memahami pronouns yang bersifat personal ini.

Personal pronoun bahasa inggris pada dasarnya hanya terdapat delapan kata saja yang memiliki fungsi sebagai kata ganti orang dan benda yang spesifik. Delapan kata tersebut antara lain adalah I, you, he, she, they, dan it. Ke delapan kata tersebut memiliki kegunaan sendiri-sendiri dalam penggunaannya untuk merangkai kalimat. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mahir dalam merangkai tulisan berbahasa inggris harus memahami terlebih dahulu dasar-dasar dari penulisan bahasa inggris. Rumus umum yang dapat Anda gunakan dalam menyusun kalimat dalam bahasa inggris tidak lain sama dengan Anda menyusun kalimat dalam bahasa Indonesia dimana membutuhkan subjek, predikat dan objek.

Tabel Personal Pronoun

Tabel personal pronoun ini dapat Anda gunakan sebagai acuan dalam memahami hal yang paling mendasar dalam mempelajari bahasa inggris. Tabel tersebut disajikan dalam bentuk sebagai berikut:

[table id=10 /]

Pada tabel di atas tersebut tertera keterangan subjek dan objek. Pada dasarnya dari kedua bentuk tersebut memiliki kesamaan fungsi sebagai kata ganti yang spesifik akan tetapi hanya saja berbeda pada peletakan dari kata ganti tersebut. Untuk pronoun subjek digunakan untuk pronoun pada awal kalimat dan untuk pronoun objek digunakan pada letaknya yaitu dapat diletakan di tengah dan juga dapat diletakan pada akhir kalimat. Dari data yang berada di dalam tabel tersebut pun dapat dibedakan bentuk jamak dan tunggalnya. Dimana pronoun yang memiliki bentuk jamak adalah they, we, dan you. Sedangkan pronoun yang memiliki bentuk tunggal adalah I, You, He, dan She.

Posisi Personal Pronoun Sebagai 1st, 2nd Dan 3rd Person

Dalam personal pronoun, posisi personal pronoun baik orang pertama, orang kedua dan juga orang ketiga sangat diperhatikan sekali. Berikut penjelasan mengenai posisi orang pertama, kedua dan ketiga pada kata ganti spesifik ini antara lain adalah:

  1. Posisi personal pronoun 1st person (posisi kata ganti orang pertama)

    Pada saat berbicara mengenai kata ganti orang pertama maka menggunakan kata ganti lebih baik dari pada menyebutkan nama. Contoh : I would be very happy if you lent me a little money. (saya akan sangat senang jika kamu meminjamiku sedikit uang)

  2. Posisi personal pronoun 2nd person (kata ganti orang kedua)

    Pada saat Anda berbicara dengan orang lain, akan jauh lebih baik apabila Anda menggunakan kata ganti orang kedua dari pada menggunakan nama aslinya. Contoh : I help you to get yours. (saya membantumu untuk mendapatkan kepunyaanmu)

  3. Posisi personal pronoun 3rd person (kata ganti orang ketiga)

    Pada saat Anda berbicara dengan orang lain yang menggunakan kata ganti orang ketiga (she, he, they, it dan lain sebagainya) maka Anda dapat menyebutkan namanya terlebih dahulu dan kemudian apabila Anda akan menyebutkan kembali maka Anda dapat menggunakan kata ganti orang ketiga.

    Contoh : Agus is a generous man, He always sets a side his for the poor and visits the orphanage. Everybody likes him. (Agus adalah lelaki yang dermawan, dia selalu menyisihkan hartanya untuk orang miskin dan mengunjungi panpti asuhan. Semua orang suka kepadanya)

Contoh Kalimat Dari Personal Pronoun

Berikut contoh kalimat personal pronoun yang tersaji dalam tabel di bawah ini adalah:

[table id=11 /]

Contoh Soal Personal Pronoun

Dalam belajar berbahasa inggris akan terasa kurang lengkap apabila dalam pembelajarannya tidak diikuti dengan evaluasi soal yang dapat memantapkan kemampuan berbahasa inggris Anda khususnya dalam personal pronoun. Berikut beberapa contoh soal mengenai beberapa personal pronoun list yang ada dan digunakan menjadi kata ganti orang baik orang pertama, orang kedua dan juga orang ketiga. Contoh soal personal pernoun antara lain adalah sebagai berikut:

1. We can find the magazine in the library. ……. is very complete. We can find various books there.
a. my
b. we
c. they
d. she
e. it

2. Nana felt worried about the children, so she asked ___ husband not to go abroad for the job.
a. his
b. her
c. their
d. its
e. him

3. We meet ___ friends at the mall yesterday.
a. our
b. your
c. its
d. it
e. me

4. I can’t find ___ pencil. Can I borrow ___ , Diana?
a. my, their
b. me, your
c. my, your
d. my, yours
e. yours, mine

5. In spite of her friends’ complaints, he decided to live with ___ girl friend in Los Angeles.
a. him
b. her
c. his
d. our
e. us

6. If you to see my family next weekend, give ___ my best regards and don’t forget to bring the gifts.
a. us
b. them
c. its
d. it
e. we

7. I can’t understand ___ when they speak Spain. They seem weird. They should study more.
a. me
b. his
c. her
d. my
e. them

Berikut jawaban yang paling tepat untuk beberapa pertanyaan mengenai soal personal pronoun antara lain sebagai berikut:

  1. E
  2. B
  3. A
  4. D
  5. C
  6. B
  7. E

Personal pronoun atau yang biasa disebut kata ganti orang memiliki peranan penting dalam mempelajari bahasa inggris. Fungsi dan kegunaan dari personal pronoun tersebut sebaiknya diterapkan pada keseharian Anda. Pasalnya dengan memahami hal yang paling mendasar dalam bahasa inggris, maka Anda akan jauh lebih merasa mudah dalam belajar bahasa inggris pada bagian lainnya, sehingga kemampuan berbahasa inggris Anda pun akan semakin mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Leave a Comment