Pengertian Collective Noun, list kata dan Contoh Kalimat

pengertian collective noun

Dalam belajar berbahasa inggris maka dasar dari pembelajarannya Anda akan menjumpai istilah noun. Noun adalah bagian part speech dimana dalam penerapannya noun ini menjadi kata yang sangat banyak digunakan dalam suatu kalimat atau pun paragraf. Jenis dari Noun antara lain adalah countable noun, abstrack noun, concrete noun dan collective noun. Berbicara mengenai collective noun, secara umum pengertian collective noun adalah suatu bentuk yang mewakili satu kesatuan dalam kelompok kata dari suatu benda, hewan dan juga manusia. Collective noun tersebut dibagi menjadi 2 bentuk yaitu tunggal (singular) dan jamak (plural). Dari kedua bentuk tersebut tentunya memiliki perbedaan baik dari bentuk katanya atau pun dalam bentuk penempatan kata dan juga penggunaannya.

Nouns merupakan bentuk kata yang biasanya menunjukkan objek seperti objek hewan, manusia dan benda. Dalam belajar berbahasa inggris dan khususnya untuk mengikuti tes TOEFL (kemampuan berbahasa inggris) maka Anda diharuskan untuk memahami semua kata benda yang ditujukan untuk merujuk pada kesatuan kelompok kata baik tunggal maupun jamak. Untuk itu, agar Anda dapat memahami noun khususnya jenis collective noun maka Anda perlu mempelajari dan memahami kumpulan soal dan contoh kalimat collective noun yang dapat Anda peroleh melalui buku panduan dalam berbahasa inggris, pengantar bahasa inggris yang marak beredar di toko buku atau pun Anda dapat memanfaatkan jaringan internet untuk memperoleh macam-macam soal tersebut.

Contoh Kata Collective Noun

[table id=9 /]

Contoh Kalimat Collective Noun

Di bawah ini akan dipaparkan sekilas mengenai contoh kalimat collective noun yang dapat Anda gunakan sebagai bahan ajar dalam belajar mengenai noun khususnya collective noun. Contoh kalimat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. She give a bundle of rice to me (dia memberikan sebungkus nasi untuk ku).
2. I see herd of big elephants in the zoo (aku melihat sekumpulan gajah besar di kebun   binatang).
3. he gives me a bucket of red flower (dia memberiku satu buket bunga).
4. that is a nest of little bird  (itu adalah satu sangkar anak burung).
5. Do you need a pair of new sandals? (kamu membutuhkan sepasang sandal?).
6. Lets feed a flock of sheep (ayo kita memberi makan sekumpulan rusa).
7. This is social faculty (ini adalah fakultas sosial).

Selain contoh kalimat dari collective noun di atas, berikut contoh kalimat collective noun untuk membedakan dari jenis collective noun tersebut yaitu tunggal dan jamak.

a. Kalimat collective noun bentuk tunggal (singular)
This class is reading seriously its book to prepare its exam.
b. Kalimat collective noun bentuk jamak (plural)
These class are reading seriously their book to prepare their exam.

 

Contoh Soal Pilihan Ganda Collective Noun

1. A _______ of playing cards.
a. flock    b. pack

2. A shoal of ______
a. fish       b. birds

3. A _____ of keys.
a. bunch   b. group

4. A ______ of events.
a. group    b. series

5. A choir of ______.
a.singers   b. painters

Dari tipe soal di atas bukan merupakan contoh kalimat collective noun yang cukup panjang karena berupa kalimat rumpang yang hanya perlu dilengkapi dengan noun yang sesuai.

Jawaban masing-masing untuk soal pilihan ganda di atas adalah:
1. B. pack
2. A. fish
3. A. bunch
4. B. series
5. A. singers

Pengertian collective noun  dan juga contoh kalimat collective noun  seharusnya Anda pahami karena kedua hal tersebut merupakan dasar dalam mempelajari collective noun.

Leave a Comment