Pengertian Demonstrative Pronoun, Fungsi dan Contoh Kalimat

Dalam belajar berbahasa sudah semestinya Anda terkadang mengucapkan kata yang biasanya berguna untuk memerintah atau menyuruh, menunjuk, dan lain sebagainya seperti kata ini, itu, disana, disini dan masih banyak lagi bentuk kata serupa. Hal tersebut pun dapat terjadi dalam bahasa inggris yang biasanya disebut dengan demonstrative pronoun. Secara umum, pengertian demonstrative pronoun adalah kata yang digunakan dalam mengidentifikasi atau menunjuk baik benda, orang dan lainnya atau yang biasa disebut dengan kata demonstrative. Kata demonstrative ini dapat dipengaruh dari dua hal yaitu bentuk jamak atau tunggal dan juga jarak. Apabila dalam bentuk jamak atau tunggal biasanya dapat berupa kata tunggal dan juga kata jamak. Dimana keduanya dibedakan dengan melihat  konteks kalimat yang mengikutinya atau pun jumlah dari kata yang dimaksudkan dan apabila dipengaruhi oleh jarak maka hal tersebut dipengaruhi oleh letak atau posisi benda yang ditunjuk oleh subjek.

Dari pengertian salah satu pronouns di atas, maka berarti sudah jelas contoh dari kata yang biasanya digunakan dalam menunjuk sesuatu dalam bahasa inggris yaitu this, that, those, these, dan such. Beberapa kata tersebut sangat berkaitan erat dengan aktivitas Anda dalam melakukan komunikasi dengan menggunakan bahasa inggris karena kata-kata tersebut sangat akrab dengan aktivitas Anda semua. Meskipun penggunaan kata tersebut sangat mudah baik dalam berkomunikasi secara langsung (lisan) atau pun tulisan akan tetapi bagi Anda yang masih awan atau masih dalam tahap belajar berbahasa inggris maka kata demostratif ini akan sangat penting sekali untuk Anda pelajari karena kata-kata yang termasuk dalam kata demonstrative sangat akrab untuk bahasa keseharian Anda.

Fungsi Demonstrative Pronoun

Seperti yang telah disebutkan di atas mengenai pengertian demonstrative pronoun maka fungsi dari kata demonstrative pronoun adalah digunakan untuk menunjuk benda atau orang baik dalam jumlah sedikit atau pun banyak. Kata demontratif yang biasanya ditunjukkan untuk benda atau sekelompok benda baik dalam jumlah tunggal atau pun banyak seperti jumlah batu dan jumlah dari pasir.

Tunggal (Singular)Jamak (Plural)
Thisthese
ThatThose
OneOnes
Such................

Contoh Kalimat Demontrative Pronoun

Berikut akan disajikan contoh dari demonstrative pronoun yang tersaji dalam tabel di bawah ini:

Demonstrative pronounContoh kalimat
This·          This is my book. (ini adalah bukuku)
·          This was my mother’s ring. (ini dulu adalah cincin ibuku)
·          This is my wallet. (ini adalah dompetku)
That·          That is your book. (itu adalah bukumu)
·          That looks like your car. (itu terlihat seperti mobilmu)
·          That is your book. (itu adalah bukumu)
One·          She got a prize this year, and she also wants to get one next year. (dia mendapatnya sebuah hadiah tahun ini, dan dia juga ingin mendapatkannya lagi tahun depan)
·          Tina’s book is thick, mine is thin one. (buku Tina tebal, punyaku adalah buku yang tipis)
Such·          Such is my hope. (seperti itu adalah harapanku)
·          Such was her command over the English language. (seperti itu perintahnya menggunakan bahasa Ingrris)

Dari tabel di atas maka dapat Anda lihat bahwa dalam membuat kalimat menggunakan demontrative pronoun cukup mudah sekali untuk dilakukan apabila Anda telah memahami konteks dari kalimat yang akan Anda buat. Contoh kalimat tersebut adalah bentuk sederhana dari kalimat yang menggunakan kata yang merujuk untuk melakukan perbuatan, menyatakan jumlah dan lain sebagainya yang menggunakan kata yang memiliki nilai tunggal bukan kata jamak seperti kata these (ini), those (itu) dan lain sebagainya.

Perbedaan Demonstrative Pronoun Dan Demonstrative Adjective

Demonstrative pronoun sering disama artikan dengan demonstrative adjective, padahal kedua bentuk ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan diantaranya memiliki perbedaan. Pada prounon biasanya digunakan sebagai kata ganti dari suatu benda baik dilihat dari segi jarak maupun jumlah akan tetapi demonstrative adjective digunakan untuk menjelaskan sifat dari benda tersebut yang dilihat dari jarak dan juga jumlah dari benda atau pun orang.

Contoh kalimat untuk demonstrative adjective dan pronoun adalah
1. I find this in the street (demonstrative adjective),
Those are their houses (demonstrative pronoun),
2. That is my bad room (demonstrative pronoun),
Do you eat those? (demonstrative adjective),
3. I love those (demonstrative adjective)
This is my car (demonstrative pronoun)

Dari contoh kalimat yang tentunya kedua bentuk demonstratif tersebut memiliki bentuk kalimat yang berbeda sehingga bagi Anda yang baru belajar berbahasa inggris dalam memahaminya dengan jelas dalam waktu yang singkat.

 

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*