Pengertian Interrogative Pronoun, List Kata Contoh Kalimatnya

Pengertian Interrogative PronuonInterrogative pronoun secara umum merupakan kata ganti yang digunakan dalam menanyakan sesuatu. Kata ganti  yang dikelompokkan dalam bentuk pronoun ini antara lain adalah what, who, which, whom, how, why dan lain sebagainya. Pronouns jenis ini pun memiliki jenis yang memiliki akhir –ever seperti yang dapat Anda temui dalam berbagai pertanyaan baik langsung maupun tidak langsung atau dalam sebuah kalimat seperti whatever, whoever, whomever, whichever dan lain sebagainya. Kata ganti bahasa inggris tersebut dapat Anda terapkan dalam membuat pertanyaan atau dalam percakapan sehari-hari.

Interrogative pronoun sering kali digunakan sebagai kata ganti relatif yang banyak sekali digunakan oleh sebagian besar. Apabila Anda ingin memulai belajar dalam memahami bentuk kata ganti seperti yang disebutkan di atas maka bentuk soal yang akan Anda temui berupa kalimat rumpang yang nantinya diisi dengan bentuk kata ganti yang sesuai dengan konteks kalimat dan juga sesuai dengan makna kalimat. Anda dapat menemukan jenis soal ini dalam kumpulan soal pronoun yang banyak tersedia dalam berbagai media.

Contoh Interrogative Pronoun Beserta Fungsi Kegunaannya

Contoh Interrogative Pronoun

Sebelum melangkah lebih jauh lagi dalam mempelajari interrogative pronoun, alangkah lebih baiknya apabila Anda memahami terlebih dahulu bentuk kata yang dapat digunakan sebagai pengganti kata (pronoun) dan fungsi dalam penggunaannya.

[table id=14 /]

Di dalam tabel di atas telah disebutkan fungsi dari beberapa kata yang terdapat dalam kata ganti sehingga Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga akan mempermudah Anda dalam menyusun kalimat dalam berbahasa inggris dan meminimalisir kesalahan yang bakal terjadi.

Contoh Kalimat Interrogative Pronoun

Berikut beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata ganti interrogative pronoun yang akan memudahkan Anda dalam mempelajari bentuk-bentuk dari kata ganti yang dikemas dalam bentuk kalimat secara langsung guna memudahkan Anda dalam belajar dan memahami penggunaan dan penerapan kata ganti.

1. What

What merupakan kata ganti yang dapat digunakan sebagai kata ganti benda, nama, jabatan dan pekerjaan dari seseorang.

Contoh:
a. What is your nick name? (siapa nama panggilanmu?)
b. What do you want for dinner? (apa yang kamu inginkan untuk makan malam?)
c. What’s on your mind? (apa yang kamu pikirkan?)

2. Who

Who merupakan kata ganti yang biasa digunakan dalam menanyakan yang merujuk pada subjek.

   Contoh:
a. Who has told you about the schedule? (siapa yang memberitahumu tentang jadwalnya?)
b. Who is that man? (siapa pria itu?)
c. Who is sitting in the corner? (siapa yang sedang duduk di pojokan itu?)

3. Whom

Whom merupakan kata ganti yang biasa digunakan dalam menanyakan orang sebagai subjek.

   Contoh:
a. With whom Does she go to the cinema? (dengan siapa dia pergi ke bioskop?)
b. To whom did you send the letter? (untuk siapa kamu mengirim surat itu?)

4. Which

Which merupakan kata ganti yang biasanya digunakan untuk kata ganti benda akan tetapi lebih sering digunakan dalam menanyakan 2 buah benda yang harus di pilih.

   Contoh:
a. Which are your pencil? (yang mana pensilmu?)
b. Which one do you prefer, apple or grape? (yang mana yang lebih kamu suka, apel atau   anggur)
c. Which is the best dress? (yang mana gaun yang terbaik?)

5. Whose

Whose merupakan salah satu kata ganti yang memiliki fungsi untuk menanyakan kepemilikan.

   Contoh:
a. Whose shoes is that? (siapakah yang punya sepatu itu?)
b. Whose big house is it? (siapakah yang mempunyai rumah besar itu?)
c. Whose has lost? (punya siapah yang hilang itu?)

Perbedaan Interrogative Pronoun Dan Interrogative Adjective

Interrogative Pronoun  sering kali di  sama artikan dengan Interrogative adjective, padahal kedua bentuk tersebut memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Perbedaan tersebut dikarenakan oleh pada pronoun, kata ganti ini dapat menjadi subjek secara langsung tanpa menggunakan bantuan kata lain sedangkan pada adjective memerlukan penambahan kata untuk mengubahnya menjadi subjek. Berikut perbedaan dari contoh kalimat yang menggunakan kata ganti yang sama kedua bentuk kata ganti (pronoun) tersebut antara lain adalah:

[table id=15 /]

Leave a Comment