Pengertian Relative Pronoun, List Kata dan Contoh Kalimat

Pengertian Relation Pronuon

Relative pronoun adalah kata ganti yang berfungsi untuk menghubungkan sebuah kalimat dan menerangkan noun atau kata benda bisa menjelaskan manusia, hewan dan benda. Penggunaan relative pronoun ini bisa diletakan pada awal kalimat (dependent clause) kemudian kalimat selanjutnya. Relative pronoun memiliki banyak fungsi sebagai subjek, objek dan kepemilikan. Kata ganti juga bisa digunakan untuk menghubung independent clause (induk kalimat) dan dependent clause (anak kalimat) suatu complex sentence. Di dalam bahasa inggris untuk menggabungkan dua kalimat menjadi 1 kalimat harus menggunakan kata “yang”. Kata “yang” ini dalam bahasa Indonesia juga digunakan untuk menggabungkan 2 kalimat menjadi satu. Kata ganti yang digunakan yaitu who, whom, which, whose dan that.

Sebagai contoh kata ganti menggunakan kata “who” yaitu 1. A girl was injured in the accident. She is now in hospital. Kemudian kalimat tersebut digabung menjadi satu menggunakan kata ganti “who” menjadi A girl who was injured in accident is now in hospital. Dalam kalimat tersebut A girl was injured in the accident merupakan independent clause (induk kalimat) kemudian She is now in hospital merupakan dependent clause (anak kalimat. Kedua kalimat tersebut bisa digabung menjadi satu dengan bantuan kata ganti “who” sebagai subjek. Untuk jauh lebih jelas bagaimana cara menggabungkan 2 kalimat berikut ini rumus yang digunakan dalam kata ganti dan complex sentence secara rinci.

Rumus, List Kata dan Contoh Kalimat Relative Pronoun, Complex Sentence

[table id=16 /]

Contoh kalimat relative pronoun dan penjelasannya :

A girl who was injured in the accident is now in hospital.

Keterangan :
Relative pronoun  : who
Relative clause       : who was injured in the accident
Complex sentence : A girl who was injured in the accident is now in hospital.

Complex sentence adalah sebuah kalimat yang terdiri atas satu independent clause (induk kalimat dan dependent clause (anak kalimat). Sebuah independent clause bisa berdiri sendiri kemudian sebuah dependent clauses tidak dapat berdiri sendiri. Dependent clause biasanya awal kalimat didahului dengan subordinating conjuction sehingga dianggap menjadi kalimat fragment atau tidak lengkap.

Contoh kalimat :

1. If you love me, I will never hurt you.

Keterangan:
Dependent clause    : if you love me
Independent clause : I will never hurt you.
Complex centence    : If you love me, I will never hurt you.

Jenis-jenis relative pronouns :

Jenis Jenis Relation Pronuon

[table id=17 /]

Contoh latihan soal!

Please fill the blank with suitable relative pronoun with that, who, whom, whose, which!
1. Tell me…….. you want and I’ll try to get it for you.
2. I don’t trust him. I don’t believe anything…….. he says.
3. An architect is someone…….. designs buildings.
4. …….. happened was my fault.
5. I met somebody…….. mother writes detective stories.
6. I recently went back to the town……… I was born.
7. The woman with……… he fell in love left him after few weeks.
8. Why do you blame me for everything……… goes wrong.
9. Where is the cake…….. was in the fridge?
10. What’s the name of man……… car you borrowed?

 

Demikian penjelasan mengenai kata ganti (relative pronoun) untuk mengganti subject, objek dan kepemilikan. Dalam penggunaannya kata ganti ini harus disesuaikan dengan kata benda subject, object dan kepemilikan dengan benar. Dalam penjabarannya, pronoun merupakan kata ganti dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Kemudian sebuah kalimat yang lengkap dan sesuai dengan aturan yaitu memiliki minimal sebuah independent clause dan dependent clause. Dalam independent clause dan dependent clause bisa menggunakan kata ganti atau (relative pronoun). itulah tadi penjelasan secara lengkap mengenai relative pronoun beserta dengan contoh kalimat dan jenis-jenis kata ganti dan fungsinya masing-masing semoga bermanfaat bagi Anda.

 

 

Leave a Comment