Subordinate Conjunction Dalam Bahasa Inggris

Kata penghubung dalam bahasa inggris memang banyak variasinya dimana salah satunya adalah subordinate conjunction. Secara umum, pengertian subordinate conjunction adalah kata yang digunakan dalam dua kalimat yang tidak sederajat atau yang biasa dikenal dengan menyatukan subordinate clause dan main clause. Subordinate conjunction sering kali digunakan untuk menghubungkan kalimat antara subordinate clause dan main calun seperti menyatakan sebagai penghubung waktu, sebab akibat, tujuan syarat, cara, pertentangan, pertentangan dan lain sebagainya. Jadi secara keseluruhan, subordinate conjunction ini merupakan kata yang dapat menghubungkan ide dalam kalimat yang tidak sederajat atau pun bertentangan.

Jenis-Jenis Kata Subordinate Conjunction

Jenis-jenis kata subordinate conjunction

Dari pengertian subordinate conjunction di atas, maka akan dipaparkan sekilas mengenai jenis-jenis dari kata yang biasanya digunakan dalam penghubung ide kalimat yaitu menghubungkan ide dari subordinate clause dengan main caluse. Subordinate conjunction yang mungkin Anda kenal adalah if, if only, after, as, as if, since, so that, as long as, when, than, whenever until, unless, before, because dan masih banyak lagi jenis kata yang termasuk dalam subordinate conjunction. Di bawah ini akan disajikan dalam bentuk tabel beberapa kata dari subordinate conjunctionnya serta pengelompokan jenis dari kata tersebut sehingga Anda dapat menggunakannya pada konteks kalimat yang tepat dan benar serta dapat Anda pahami dengan mudah maksud dari kata hubung yang akan Anda gunakan tersebut.

[table id=79 /]

Contoh Kalimat Subordinate Conjunction

Contoh kalimat subordinate

Apabila Anda telah mengenal beberapa kata yang termasuk dalam subordinate conjunction, maka akan pun perlu menerapkannya dalam bentuk kalimat sehingga Anda dapat memahami dengan mudah dan cepat dalam menerapkan kata subordinate conjunction dalam bentuk kalimat. Contoh subordinate conjunction dalam bentuk kalimat tersaji dalam tabel di bawah ini antara lain adalah sebagai berikut:

[table id=80 /]

Latihan Soal Subordinate Conjunction

Latihan Soal Subordinate

1. _______ being very rich, he never shows off.
a. Other than       c. Instead
b. Despite             d. Otherwise
2. I am not feeling well,_____________I will come to the party.
a. because             c. since
b. however            d. Unless
3. I will give you my car _____________ you come back before 5’o clock.
a. as                        c. although
b. because             d. provided
4. ___________my mother was sleeping, I prepared tea on my own.
a. As                       c. Besides
b. Unless               d. Despite
5. My mother _______ I went to the market for shopping.
a. or                        c. either
b. neither              d. And

Jawaban Soal Subordinate Conjunction
1.    B
2.    B
3.    D
4.    A
5.    D

Contoh subordinate conjunction baik dalam jenis kata, kalimat dan juga contoh soal dari subordinate conjunction yang disajikan di atas diharapkan dapat menjadi media belajar Anda dengan efektif dan efisien.

Leave a Comment