Possessive Adjective

Possessive adjective

Possessive adjective merupakan sebuah kata ganti yang digunakan untuk menyatakan kepemilikan dari suatu benda atau barang. Kata ganti dari kepemilikan ini memiliki makna baik untuk benda mati atau pun benda hidup seperti hewan, manusia, benda, bangunan, rumah dan lain sebagainya. Kata adjective memiliki fungsi yang paling mendasar yaitu untuk menerangkan suatu pemilik dari suatu hal sehingga pada peletakannya selalu berada pada sebelum kata benda (noun) dan dapat terletak pada awal, tengah dan akhir dari suatu kalimat dimana peletakan dari adjective tersebut sesuai dengan makna dan konteks dari kalimat tersebut.

Macam Possessive Adjective

[table id=61 /]

Macam-macam possessive adjective secara garis besar dibagi menjadi 2 yaitu singular (tunggal) dan plural (jamak) seperti yang tertera dalam tabel tersebut. Kalimat yang menggunakan kata ganti kepemilikan ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal selain bentuk tunggal dan jamak tersebut melainkan dipengaruhi oleh hal berikut seperti person, number, gender dan juga case. Person dalam hal ini menyatakan mengenai subjek dalam pembicaraan seperti orang pertama, orang kedua dan orang ketiga. Number menyatakan jumlah orang yang berada dalam percakapan tersebut. Gender menyatakan jenis kelamin dari orang yang berada dalam pembicaraan tersebut dan yang terakhir adalah case yang menyatakan subjek dan objek. Ke empat hal yang mempengaruhi kata ganti ini dapat mempengaruhi bentuk dan konteks kalimatnya.

Contoh Kalimat Possessive Adjective

[table id=62 /]

Perbedaan Possessive Adjective Dan Possessive Pronoun

Perbedaan possessive adjective

Possessive adjective biasanya digunakan pada saat menerangkan pemilik benda tersebut sedangkan possessive pronoun digunakan untuk menyatakan kepmilikan dari benda tersebut. Kedua dari bentuk kata ganti ini dapat digunakan pada awal, tengah, dan akhir kalimat namun memiliki makna kalimat yang berbeda. Contoh kalimat dari adjective adalah my bag is expensive sedangkan pada pronoun contoh kalimatnya adalah mine is expensive.

[table id=63 /]

Latihan Soal Possessive Adjective

A. Lengkapi kalimat rumpang di bawah ini dengan menggunakan Possessive Adjective yang sesuai dengan makna dan konteks kalimat.

1. Where is (I)…………..book?
2. (They)…………father works in a car factory.
3. (You)…………..laptop is very expensive.
4. (I)…………..husband and I want to go to Paris.
5. We want to see (it)……….historical monuments.

B. Pilihan ganda
1. Two children didn’t come to………..friend’s birthday party.
a. My
b. Their
c. His
d. Him
e. Them

2. I have a cat.  ……. fur color is black and white. It looks like a cow.
a. Its
b. My
c. Her
d. His
e. our

3. ……mother is so tough. She is the hero of my life.
a. Its
b. My
c. Her
d. His
e. Our

4. Witty comes from Sulawesi island. She and…….family live in Jakarta now.
a. Its
b. My
c. Her
d. His
e. Our

5. Tina and Tini go to school by bus everyday. …………little brother goes to school by train because his school is so far away from the city.
a. Its
b. My
c. Her
d. Their
e. Our

Jawaban Latihan Soal Possessive Adjective

Pada dasarnya, soal yang di sajikan dalam bentuk possessive adjective sangat mudah untuk anda kerjakan dalam waktu yang singkat dan cepat karena disini anda hanya perlu kata ganti dari subjek dimana kata ganti tersebut dapat berperan sebagai subjek kembali atau hanya berperan sebagai objek pada kalimat.

A. Jawaban soal kalimat rumpang
1. My
2. Their
3. Your
4. My
5. Its

B. Pilihan ganda
1. B
2. A
3. B
4. C
5. D

Leave a Comment