Pengertian Descriptive adjective, Contoh Kata dan Kalimat

Untuk materi bahasa inggris kali ini kita akan membahas mengenai masalah grammar yang membantu Anda untuk dapat berbicara bahasa Inggris. Grammar adalah bentuk kalimat yang disesuaikan dengan kondisi dan kali ini akan dibahas mengenai descriptive adjective, adjective sendiri adalah kata sifat yang memiliki fungsi untuk menerangkan sebuah noun (dapat berupa orang, benda, hewan dan sesuatu yang lain/abstrak). Mari kita pelajari lagi lebih dalam.

Pengertian Descriptive Adjective dan Jenisnya

pengertian Description

Descriptive adjective adalah salah satu jenis dari adjective yang menjelaskan sebuah kualitas dari Noun yang dibicarakan, seperti halnya kondisi fisik, bentuk, ukuran, warna, dan kondisi lainnya. Akan tetapi descriptive adjective adalah suatu kata yang hanya bisa menerangkan noun yang dapat dirasakan oleh panca indra saja (penglihatan, rasa, pendengaran, penciuman, sentuhan).

Jadi fungsi dari descriptive adjective adalah untuk menjelaskan benda ( noun ) yang ada dihadapannya. Adjective dapat digunakan pada kata benda dalam berbagai bentuk baik singular (Tunggal) maupun plural (Jamak). Adjective dalam bentuk baik tunggal ataupun jamak tidak akan mengalami perubahan, yang berubah hanyalah kata bendanya dan to be nya saja yang disesuaikan dengan bentuk kalimatnya.

Dari pelajaran di atas adjective dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu appearence, personality, feelings, shape, size dan beberapa kategori yang bisa Anda lihat di bawah ini.

[table id=64 /]

Nah berikut tadi merupakan macam-macam kategori dari adjective yang dilengkapi dengan contoh kata serta contoh kalimatnya.  Bagaimana? Apakah Anda sudah mulai mengerti dan membedakannya bukan?

Sekarang masuk ke dalam penulisannya. Bagaimana jika kita menyebutkan lebih dari satu kata sifat dalam sebuah noun ? terkadang ada sebuah kata yang menjelaskan benda tersebut memiliki lebih dari satu kata sifat. Maka adjective tersebut harus disusun secara tertib dan tidak sembarangan menyusunnya. Berikut ini susunan penulisan adjective phrase :

Size – Age – Shape – Color – Origins – Material

Adjective yang memiliki lebih dari satu kata sifat akan disusun sesuai urutan tersebut. dan jika terdapat pada kategori yang sama maka harus dipisahkan dengan tanda koma, Contohnya :

    Large ancient black Dragon
Arti : Naga hitam yang besar dan kuno

Pada kalimat tersebut terdapat tiga kata adjective yaitu Large (Size) Ancient (Age) dan Black (Color) karena kata sifat tersebut terdiri dari kategori yang berbeda maka tidak perlu tanda koma. Namun jika dalam kategori yang sama maka harus disisipkan tanda koma di dalam kalimat tersebut.

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham mengenai aturan penulisan mengenai descriptive adjective? Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat berbagai macam kategori untuk menerangkan sebuah kata sifat. Dan juga dalam penulisannya terdapat susunan dan juga aturan-aturan khusus sehingga tidak dapat dituliskan secara sembarangan. Jika terdapat lebih dari satu kata sifat dalam menjelaskan sebuah benda / Noun maka penulisannya harus disusun sesuai urutan dan diberi tanda koma jika kata sifat tersebut berada dalam 1 kategori yang sama.

Jadi jika Anda sudah mengerti bagaimana jika kita latihan soal sekarang juga?

Latihan Soal :

  1. Tuliskan sebuah contoh kalimat descriptive adjective yang memiliki keterangan warna, ukuran dan bentuk !
  1. Bagaimanakah penulisan bahasa Inggris dari kalimat ini “Saya mempunyai anjing coklat yang besar tinggi dan berani” ?

 

Leave a Comment