Persamaan Dan Perbedaan Adjective Dan Adverb

persamaan dan perbedaan Adjective dan adverb

Hal yang tidak lepas bagi Anda yang tengah belajar berbahasa inggris adalah kata adjective dan adverb. Ad atau berasal dari kata “add” memiliki makna sebagai penambahan sehingga adverb maupun adjective ini merupakan penambahan kata dalam melengkapi sebuah kalimat. Adverb memiliki makna sebagai kata kerja sedangkan adjective memiliki nama sebagai kata sifat. Adverb dan adjective jika ditinjau dari makna tersebut sudah pasti memiliki perbedaan dalam penggunaannya akan tetapi adverb dengan adjective ternyata dapat memiliki makna dan bentuk kata yang sama yang mana membuat adverb sama dengan adjective.

Secara umum adjective merupakan kata yang biasa digunakan dalam menerangkan kata benda, orang, hewan, kata ganti, dan juga tempat sedangkan adverb merupakan kata yang digunakan dalam menerangkan kata benda. Kedua kata terbut dapat memiliki kesamaan makna atau dengan kata lain penggunaan adverb sama dengan adjective pada kondisi tertentu. Kedua kata tersebut memiliki kesamaan sebagai kata tambah yang digunakan dalam menerangkan sesuatu.

List Adverb Yang Dibentuk Dari Adjective
Dalam menjalankan fungsinya sebagai kata tambahan, maka kedua kata tersebut memiliki kesamaan dan juga dapat dibentuk dari kata satu sama lain yang memiliki makna yang sama.

[table id=139 /]

Dari tabel di atas dapat dilihat adanya perbedaan dari perubahan bentuk adjective ke dalam bentuk adverb. Akan tetapi terdapat beberapa kata yang tidak memiliki perubahan baik dalam bentuk adverb dan adjective. Pada keadaan tersebut maka dikatakan sebagai adverb sama dengan adjective. Beberapa list kata yang memiliki makna sebagai adverb sekaligus adjective antara lain adalah half, early, fast, hard dan straight.

Contoh kalimat dari adverb yang memiliki arti sama dengan adjective adalah:

  1. She runs fast (adverb) – she’s a fast runner. (adjective)
  2. He studies hard. (adverb) – It’s a hard life. (adjective)

Perbedaan Adverb Dan Adjective

Secara umum, adverb dapat diartikan sebagai kata kerja sedangkan adjective kata sifat yang mana masing-masing dari kata tersebut menerangkan satu sama lain apabila  dalam satu struktur kalimat atau terpisah. Perbedaan adverb dan adjective dapat Anda lihat pada contoh kalimat yang mengandung beberapa kata adverb dan adjective seperti contoh berikut ini:

[table id=140 /]

1 thought on “Persamaan Dan Perbedaan Adjective Dan Adverb”

Leave a Comment