Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris, Jika kita belajar writing, salah satunya adalah belajar tentang penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris. Penulisan tanggal ini biasa kita gunakan ketika kita akan menulis surat. Surat lamaran kerja, surat wasiat, surat ijin tidak masuk sekolah atau ijin tidak masuk kerja, atau pun yang lainnya.

Penulisan Hari dan Bulan Dalam Bahasa Inggris

penulisan hari dan bulan

Sebelum belajar penulisan tanggal yang benar ada baikknya kita belajar tentang penulisan hari / tanggal dan bulan dalam Bahasa Inggris terlebih dahulu. Untuk penulisan hari atau tanggal dalam Bahasa Inggris, kita mengenalnya dengan penulisan bilangan bertingkat. Kita tidak bisa menggunakan angka atau bilangan normal dalam menuliskan hari atau tanggal dalam Bahasa Inggris. Penulisan ini digunakan dalam penulisan tanggal pada American style atau British style. Penulisan bilangan bertingkat selalu diakhiri dengan imbuhan st, nd, rt, dan th. Dibawah ini adalah table lengkapnya.

Days of the MonthMeaning
1stFirstPertama, kesatu
2ndSecondKedua
3rdThirdKetiga
4thFourthKeempat
5thFifthKelima
6thSixthKeenam
7thSeventhKetujuh
8thEighthKedelapan
9thNinthKesembilan
10thTenthKesepuluh
11thEleventhKesebelas
12thTwelfthKedua belas
13thThirteenthKetiga belas
14thFourteenthKeempat belas
15thFifteenthKelima belas
16thSixteenthKeenam belas
17thSeventeenthKetujuh belas
18thEighteenthKedelapan belas
19thNineteenthKesembilan belas
20thTwentiethKedua puluh
21stTwenty-firstKedua puluh satu
22ndTwenty-secondKedua puluh dua
23rdTwenty-thirdKedua puluh tiga
24thTwenty-fourthKedua puluh empat
25thTwenty-fifthKedua puluh lima
26thTwenty-sixthKedua puluh enam
27thTwenty-seventhKedua puluh tujuh
28thTwenty-eighthKedua puluh delapan
29thTwenty-ninthKedua puluh sembilan
30thThirtiethKetiga puluh
31stThirty-firstKetiga puluh satu

Sedangkan untuk penulisan bulan dalam Bahasa Inggris, kita bisa menulis secara lengkap atau bisa juga kita tulis dengan singkatannya saja.

BAHASA INDONESIABAHASA INGGRISSINGKATAN
JanuariJanuaryJan
FebruariFebruaryFeb
MaretMarchMar
AprilAprilApr
MeiMayMay
JuniJuneJun
JuliJulyJul
AgustusAugustAug
SeptemberSeptemberSep
OktoberOctoberOct
NopemberNovemberNov
DesemberDecemberDes

 

Itulah tadi cara penulisan hari atau tanggal dan bulan dalam Bahasa Inggris. Setelah kita tahu bagaimana penulisan hari atau tanggal dan bulan dalam Bahasa Inggris, sekarang kita bisa mempelajari cara penulisan tanggal yang lengkap dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Penulisan tanggal yang lengkap biasanya ada didalam penulisan surat.

Ketika kita akan menulis surat resmi atau surat undangan hal yang diperhatikan adalah penulisan tanggal. Dalam surat undangan, kita perlu memperhatidak kapan surat itu dibuat dan kapan acara akan dilaksanakan. Tidak sedikit orang merasa kebingungan dalam penulisan tanggal pada surat. Kebanyakan dari mereka bingung posisi antara tanggal dan bulan. Dalam Bahasa Indonesia, kita hanya mengenal satu jenis format penulisan tanggal. Dalam Bahasa Indonesia, penulisannya diawali dengan penulisan tanggal, kemudian bulan dan terakhir tahun. Berbeda dengan Bahasa Inggris, ada dua jenis format penulisan tanggal yang digunakan dalam Bahasa Inggris. Ada yang menggunakan American style, ada juga yang menggunakan British style. Apa itu American dan British style? Berikut penjelasannya.

Penulisan Tanggal American

penulisan tanggal american

Penulisan tanggal American style adalah penulisan yang berkiblat pada United States (US). Dalam penulisannya ada beberapa format yang digunakan untuk menuliskan tanggal dalam Bahasa Inggris.

  1. Formal
    Dalam penulisannya, format ini diawali dengan nama bulan, kemudian diikuti oleh nama hari atau tanggal, dan terakhir tahun. Untuk penulisan bulan dan hari menggunakan huruf, hanya penulisan tahun saja yang menggunakan angka. Untuk penulisan bulan tidak boleh disingkat dan harus diawali huruf kapital. Format ini biasa digunakan untuk menulis surat resmi atau surat dinas.
  • August the Seventeenth, 2020
  1. Umum
    Ada dua jenis penulisan pada format umum ini. Pertama dimulai dari penulisan hari atau tanggal dengan angka yang menunjukkan kelas atau peringkat, kemudian diikuti nama bulan yang ditulis dengan huruf dan diawali hurup kapital dan diikuti oleh tahun. Untuk format kedua diawali penulisan nama bulan dengan huruf diikuti penulisan hari atau tanggal menggunakan angka, kemudian koma dan diakhiri oleh tahun.
  • 17th August 2020
  • August 17, 2020
  1. Non-formal
    Serupa dengan format umum, format non-formal juga mempunyai du acara penulisan. Pertama dengan menggunakan angka yang ditulis lengkap. Diawali dengan menulis bulan, untuk bulan satu sampai Sembilan tanpa menuliskan nol didepannya, lalu  hari atau tanggal, dan tahun dan dipisah dengan menggunakan garis miring (/). Sedangkan format kedua penulisan tahun hanya ditulis dua digit dibelakang. Penulisan menggunakan format ini banyak digunakan untuk menulis surat kepada teman atau menulis surat personal.
  • 8/17/2020
  • 8/17/20
  1. Semi-formal
    Terakhir adalah format semi-formal atau agak resmi. Penulisannya menggunakan angka semua dan dipisahkan dengan garis miring. Penulisannya diawali dengan penulisan bulan. Pada penulisan bulan pertama sampai ke Sembilan dimulain dengan menulis nol, diikuti oleh tanggal dan tahun. Penulisan tahun disingkat hanya dua digit dibelakang saja. Penulisan dengan format ini banyak ditemukan pada dokumen atau faktur.
  • 8/17/20

Penulisan Tanggal British

penulisan tanggal british

  1. Formal
    Pada format ini, penulisan diawali dari hari atau tanggal. Penulisan hari atau tanggal dan bulan menggunakan huruf dan diawali dengan artikel, sedangkan tahun ditulis menggunakan angka. Format ini biasa kita jumpai pada penulisan surt undangan, surat dinas atau surat resmi lainnya.
  • the Seventeenth of August, 2019
  1. Umum
    Untuk format umum ada dua format yang digunakan, penulisan format pertama antara format British dan American style tidak ada bedanya. Penulisan dimulai dari hari atau tanggal menggunakan angka dilanjutkan bulan ditulis menggunakan huruf dan tahun. Sedangkan format kedua ada perbedaan dalam penulisannya. Untuk penulisan format kedua didahului oleh hari atau tanggal dilanjutkan bulan dan tahun. Jika pada format American sebelum tahun ada koma, pada format British sebelum tahun tdk menggunakan koma. Digunakan pada situasi yang tidak terlalu formal tanpa meninggalkan rasa hormat dan sopan kita kepada penerima surat.
  • 14th March 2019
  • 14 March 2019
  1. Non-formal
    Penulisan tanggal British style dengan format non-formal ini hampir sama dengan American style. Ada dua format penulisan. Yang membedakan hanyalah posisi bulannya. Jika American style penulisan bulannya ada didepan dan diikuti hari atau tanggal dan tahun, British style penulisannya dimulai dari hari atau tanggal, bulan, dan tahun.
  • 14/3/2019
  • 14/3/16
  1. Semi-formal
    Format ini pun hamper sama dengan American style, yang membedakan adalah posisi bulan. Jika pada American style penulisan dimulai dari bulan kemudian hari atau tanggal dan tahun, British style dimulai dari hari atau tanggal, bulan dan tahun. Biasa digunakan pada dokumen resmi atau teknis.
  • 14/03/19

Itulah tadi cara penulisan tanggal surat yang baik dan benar dalam Bahasa Inggris, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu para pembaca agar tidak bingung lagi dalam menulis tanggal jika akan menulis surat dalam Bahasa Inggris.

Leave a Comment