Pengertian Transitive and Intransitive Verb dan Contoh Kalimat

Bicara mengenai bahasa Inggris jelas akan ada banyak hal yang akan dibahas. Apalagi mengenai tata bahasanya yang mencakup berbagai hal termasuk kata kerja atau verb. Dalam bahasa Inggris, tentu saja Anda akan dapati banyak sekali kata kerja yang dapat digunakan dalam membuat sebuah kalimat seperti transitive and intransitive verb. Memang, jika dikelompokkan, ada beberapa jenis verb yang sebaiknya Anda pahami betul. Seperti yang telah disebutkan di atas, ada pengelompokan kata kerja menjadi kata kerja transitive dan juga intransitive. Lantas, apa perbedaan dari keduanya? Untuk Anda yang penasaran dan ingin lebih memahami mengenai kedua kata kerja tersebut, simak langsung ulasan lengkapnya pada paragraf selanjutnya.

1. Transitive Verb

Transitive Verb

Kata kerja pertama ialah transitive verb. Kata kerja dalam bahasa inggris yang satu ini dalam sebuah kalimat akan membutuhkan objek yang menerima aksi dari subjek. Tanpa adanya objek kalimat dengan kata kerja transitive akan terasa kurang lengkap. Dalam hal ini, objek tersebut adalah objek langsung. Tapi, dalam sebuah kalimat yang memiliki kata kerja ini, objeknya tidak hanya objek langsung tapi juga tidak langsung. Yang paling jelas dan wajib ada ialah adanya objek langsung di dalam kalimat yang mengandung kata kerja yang satu ini. Jadi, dalam kalimat disini verb akan diikuti oleh noun.

Misalnya saja pada kalimat: I baked some cookies. (saya memanggang beberapa roti)

Kata bake di atas merupakan kata kerja transitive yang mana memiliki objek some cookies langsung. Agar lebih jelas berikut contoh verb lain dan kalimatnya.

[table id=27 /]

Berikut adalah kalimat dengan transitive verb beserta penjelasan direct object (objek langsung) dan indirect object (objek tidak langsung).

[table id=28 /]

2. Intransitive Verb

Intransitive Verb

Sedangkan untuk intransitive verb, kata kerja tersebut tidak membutuhkan objek seperti kata kerja sebelumnya. Kata kerja ini hanya akan menjelaskan apa yang dikerjakan oleh subjek. Biasanya setelah verb akan diikuti oleh adj, phrase ataupun adverb.

Misalnya saja adalah pada kalimat: I laughed. (saya tertawa)

Kalimat di atas sangat jelas menggambarkan jika kata kerja laugh tidak membutuhkan objek langsung. Kalaupun memang verb laugh bisa diikuti kata lain, biasanya hanya bisa diikuti oleh prepositional phrase atau adjective. Contoh: I walked to the park today. Verb walk diikuti prepositional phrase yaitu to the park dan adverb today. Untuk lebih jelasnya, lihat beberapa contoh lainnya sebagai berikut.

[table id=29 /]

Namun, beberapa verb bisa menjadi transitive dan juga intransive. Contohnya ialah: The choir sang carols. Meskipun sing adalah kata kerja intransitive, tapi karena diikuti oleh carols (noun), maka kata kerja sing berubah menjadi transitive yang mana carols adalah objek. Hal tersebut akan berbeda pada kalimat: Pete always sings in the bath. Kata kerja sing di atas adalah intransitive karena diikuti oleh prepositional phrase. Berikut contoh lainnya.

[table id=30 /]

Contoh Soal

Decide whether the following verbs are transitive, intransitive or both:
1. The workmen have been painting for hours.
2. When they call from the charity, Mrs. Alpert always gives generously.
3. Before you send the proposal, make sure you edit it carefully.
4. That perfume smells nice.
5. My new car cost me a small fortune.
6. Jim owed his landlord $450.
7. Pete emigrated from Australia in 1998.
8. The customer was tired of waiting, so he got up and left.
9. Are you sure you want to paint the ceiling too?
10. Please take the documents over to Mrs. Samuels’ office.

Jawaban:
1. Intransitive
2. Intransitive
3. Transitive
4. Intransitive
5. Transitive
6. Transitive
7. Intransitive
8. Intransitive
9. Transitive
10. Transitive

Itulah penjelasan mengenai transitive dan intransitive verb, sekarang Anda telah paham, bukan?

 

Leave a Comment