Pengertian Personality Adjective, Jenis, dan Contoh Kalimat

Artikel kali ini akan membahas tentang personality adjective, dimana kalimat ini merupakan kalimat yang menunjukkan kata sifat yang digunakan oleh kita dalam kehidupan sehari-hari untuk mendeskripsikan benda atau orang dengan ciri-ciri yang mereka miliki. Setiap benda bahkan orang mempunyai ciri-ciri atau karakter yang berbeda, mulai dari yang baik dan ada juga yang buruk. Sehingga bisa dikategorikan sebagai positif dan negatif, berikut tabel yang menunjukkan sifat positif dan negatif suatu benda dan bahkan seseorang:

PositifNegatif
Diligent (Rajin)Lazy (Malas)
Smart (Pintar)Stupid (Bodoh)
Love (Sayang)Jealous (Cemburu)
Tidy (Rapi)Untidy (Tidak rapi/Berantakan)
Good (Baik)Bad (Buruk)
Delicious (Sedap/Enak)Nasty (Tidak Enak)
Tall (Tinggi)Short (Pendek)
Thin (Kurus)Fat (Gemuk)
Cold (Dingin)Hot (Panas)
Many (Banyak)Some (Beberapa)

Pengertian jenis adjective of quantity dalam personality adjective

Kata-kata tersebut termasuk atau tergolong dengan sebutan adjective atau kata sifat. Kata sifat atau adjective merupakan salah satu jenis kata yang memang sering digunakan atau ditambahkan dalam kalimat gunanya untuk memberi keterangan sifat dari sebuah benda yang dikenali, letaknya pun berada sebelum kata bendanya. Dalam personality adjective terdapat yang namanya adjective of quantity. Adjective of quantity ini adalah salah satu jenis kata yang memiliki kata sifat atau adjective yang gunanya untuk menyatakan sebuah keterangan jumlah, kadar, berat, dan lain sebagainya. Bahkan sampai benda yang tidak harus disebutkan nominal jumlah dari benda tersebut. Dalam adjective of quantity terdapat banyak kata yang bisa kita gunakan untuk menyatakan sebuah kadar atau sebuah jumlah. Dalam menggunakan kata tersebut, akan ada pembedaan kata sesuai dengan jenis benda yang ada, yaitu benda yang tunggal dan jamak. Berikut tabel yang bisa Anda pahami dengan jelas :

KataJenis
MuchTunggal
Many(Singular)
SomeJamak
Any(Plural)

Dari tabel yang sudah ditampilkan di atas, berikut penjabaran dan contoh yang bisa Anda pahami dalam menggunakannya, sehingga Anda tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi personality adjective. Inilah penjabarannya :

– Much
Much di sini digunakan untuk menyatakan bahwa benda yang digunakan di sini tidak bisa  dihitung (uncountable noun) karena mempunyai jumlah yang banyak dan tidak memungkinkan untuk menghitung jumlah benda tersebut. Namun meski jumlah bendanya banyak, tetapi much ini digolongkan dalam benda tunggal (Singular). Berikut contoh yang bisa Anda pahami:
– Much salt is on the floor, artinya Banyak garam di atas lantai
– Please bring me much water, I want to put it in glass, artinya Tolong bawakan saya air yang banyak, untuk menaruhnya di gelas.

– Many
Many dalam quantity of adjective digunakan untuk menunjukkan benda yang bisa dihitung jumlahnya (countable noun). Artinya sama dengan much yaitu “banyak”. Benda yang bisa     dihitung ini dikatakan banyak apabila jumlahnya lebih dari 2. Berikut contohnya :
– Many cars are parked in front of the mall, artinya banyak mobil yang diparkirkan di depan mall.
– I hope that i can get many friend in my university and i can study with them, artinya saya berharap agar saya dapat mempunyai banyak teman di universitas saya dan saya bisa belajar dengan mereka.

– Some
Some adalah salah satu kata sifat yang bisa diberikan pada sebuah benda yang menyatakan benda tersebut beberapa, dan menggunakan kata some ini dalam bentuk jamak (Plural noun).Untuk lebih memahami kata sifat dari some ini, Anda bisa langsung melihatnya dalam contoh :
– Some children get a candy, Artinya : Beberapa anak-anak mendapatkan sebuah permen.
– My father buys some flowers for my mother, Artinya : ayah saya membeli beberapa bunga untuk ibu saya.

– Any
Any memiliki arti yang sama dengan some yaitu beberapa. Namun dalam kalimat, any bukan berarti negatif. Dan untuk lebih jelasnya lagi Anda bisa melihat contoh kalimat berikut yang memang bisa Anda pahami :
– Do you think that he has any pens, i need to write?, artinya Apakah kamu berpikir dia (laki-laki) memiliki beberapa pena, aku ingin menulis?
– I don’t have any reason for my self, artinya saya tidak mempunyai beberapa alasan untuk diri saya sendiri.

Itulah kata-kata yang terdapat dalam adjective of quantity, dimana adjective of quantity ini merupakan salah satu jenis yang terdapat dalam personality adjective. Kata yang terdapat dalam adjective of quantity inilah kata sifat yang bisa kalian gunakan dalam menunjukkan jumlah dari suatu benda, tentunya sesuai penjabaran di atas, bahwa benda yang tidak bisa dihitung bisa menggunakan kata much, benda yang bisa dihitung menggunakan kata many dengan syarat jumlah benda memang lebih dari dua. Kemudian kata some dan any menunjukkan untuk benda yang sedikit atau beberapa. Sehingga Anda tidak menggunakan kata little untuk menunjukkan jumlah benda tersebut sedikit. Jadi dapat disimpulkan bahwa kata sifat dari personal ini menunjukkan sifat yang digunakan untuk menunjukkan karakter dari benda maupun dari orang sebagai objectnya. Oleh karena itu, dia memiliki perlawanan kata atau kita golongkan dalam kata yang menunjukkan positif dan kata yang menunjukkan negatif. Dan untuk adjective of quantity masih banyak kata yang bisa digunakan seperti few, enough, whole, all, little, termasuk bilangan one , two, three, four, dan seterusnya. Itulah materi yang bisa Anda pelajari dengan mudah untuk mengetahui kata sifat dari benda ataupun dari seseorang.

Setelah mempelajari personality adjective dan adjective of quantity, saatnya Anda mengenal pula contoh soal yang biasa ditampilkan untuk ini, berikut contoh soalnya:
1. Berilah garis bawah yang menunjukkan kata dari adjective of quantity dalam berikut ini :
a. I have much money
b. They invite any of us
c. Can you help me for a minute?
d. Wait a minute!
e. He has many apples

2. Carilah lawan kata dari kata-kata berikut ini :
a. Small
b. Thin
c. Big
d. Foolish
e. Understand
f. Impolite
g. harsh
h. Patient
i. Mean
j. Low

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*