Pengertian Coordinate Conjunction, List Kata, Contoh Kalimat

Saat mempelajari bahasa Inggris, ada banyak hal yang harus dipelajari dimulai dari reading, (cara membaca), speaking ( cara berbicara), dan writing (cara menulis). Ketiga hal tersebut tentu akan sangat mudah dipelajari jika Anda mengerti dahulu grammar atau tata bahasanya. Mungkin bagi kita yang merupakan orang Indonesia akan merasa kesulitan dengan tata bahasa Inggris, karena kebanyakan tata bahasa di sana bertolak belakang dengan milik kita.  Biasanya kalian akan belajar part of speech pada awal mula belajar bahasa Inggris, part of speech terdiri dari beberapa bagian dan salah satunya adalah conjunction. Untuk conjunction itu sendiri juga dibagi menjadi beberapa bagian, dan salah satunya adalah coordinate conjuction. Tentu kalian pasti mulai bertanya-tanya apa itu conjunction of coordinate? Berikut akan dijelaskan mengenai conjunction (kata penghubung) tersebut. Simak baik-baik ya.

Pengertian

Conjuntion ini adalah sebuah conjuction atau kata penghubung yang digunakan sebagai penghubung dua struktur grammatikal yang sama misalnya yaitu word atau kata, phrase atau frasa, dan clause atau klausa, dan sentence atau kalimat. Akan tetapi dua struktur grammatikal tersebut harus memiliki keterkaitan satu sama lain. Conjuction ini sering digunakan untuk menghubungkan compund setence dan independent sentence. Kurang lebih seperti itu apa yang dimaksudkan dengan coordinate conjunction. Selanjutnya agar bisa lebih memahami, maka ada baiknya melihat beberapa contoh coordinate conjunction di bawah ini. Sebelumnya perlu diketahui beberapa contoh untuk conjunction yang satu ini adalah: for, and, nor, but, or, yet, so. Anda dapat mudah mengingat contoh-contoh tersebut dengan singkatan FANBOYS. Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan conjuction.

Contoh:

Coordinating ConjunctionContoh Kalimat
F untuk For (Karena)She keeps crying for being hurted by her boyfriend ( Dia terus menangis karena disakiti oleh kekasihnya)
A untuk and (dan)He go to the Haloween party with Sandra and Louis (Dia pergi ke pesta halooween bersama Sandra dan Louis)
N untuk nor (maupun)He did not say a word, nor looked at her for w while when he left (Dia tidak berkata apa pun, maupun melihat padanya sejenak saja saat ia pergi)
B untuk but (tapi)He want to hang out with his friends tonight but his parent do not allow him to go out (Dia ingin keluar bersama temannya malam ini namun orang tuanya tidak mengizinkan ia keluar)
O untuk or (atau)Which one you want to choose this small dress or that red dress? (Kamu mau pilih yang mana, gaun kecil ini atau gaun merah itu?)
Y untuk yet (namun, tetapi)I really want to talk to him, yet it still feels awkward after we no longer talk all this time (Aku ingin sekali bicara padanya, tapi aku canggung setelah sekian lama kita tak pernah bicara)
S untuk so (jadi)I want to go to Jakarta next month, so I have a plan visit my friends before I go (Aku ingin pergi ke Jakarta bulan depan, jadi aku berencana menemui temanku sebelum aku berangkat)

Nah, itulah tadi beberapa contoh untuk coordinating conjunction yang dapat dipelajari. Di atas adalah beberapa contoh kalimat coordinate conjunction yang akan membuat kalian semakin paham apa yang dimaksudkan dengan coordinating conjunction. Bagaimana? Mudah bukan, intinya kalian harus terus belajar agar semakin paham.

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*