Pengertian Appositive Adjective dan Contoh Kalimat

Appositive adjective adalah adjective atau kata sifat atau dengan kata lain merupakan sebuah rangkaian adjective yang memberikan penjelasan atau memberikan informasi tentang sebuah noun atau kata benda yang di ikutinya, di mana posisinya segera setelah keberadaan dari noun tersebut. Dalam pembuatan kalimat bahasa Inggris, appositive adjective memiliki posisi yang berada di tengah koma yang memisahkan dengan noun atau kata benda yang di jelaskan dan bagian kalimat yang tersisa (jikalau ada) seperti halnya pada kasus non restrictive appositive adjective (noun). Sedangkan appositive adjective biasanya akan di tampilkan berupa adjective tunggal, sepasang atau tiga buah adjective.

Penggunaan Appositive Adjective Dan Contoh Kalimatnya

Appositive adjective adalah sebuah rangkaian kata sifat yang penempatannya di letakkan setelah kata benda dan tidak di ikuti oleh linking verb namun memiliki pemisah berupa tanda koma ataupun tanda berupa dash. Untuk bisa membuat sebuah kalimat yang mengandung appositive adjective Anda bisa menyusunnya dengan menghubungkan ide atau beberapa informasi dengan cara yang singkat dalam sebuah kalimat sehingga membentuk menjadi kalimat yang sempurna dalam bahasa Inggris.

Sama dengan jenis adjective yang lain, appositive adjective juga memiliki fungsi dalam sebuah kalimat. Fungsi dari appositive adjective adalah untuk menjelaskan sebuah noun atau kata benda yang di ikutinya. Sebagai contoh adalah kata sebuah gunung yang besar dan indah, dalam hal ini bentuk adjective atau kata sifat yang mengikuti kata benda dalam kalimat tersebut adalah berupa besar dan indah, sedangkan kata bendanya adalah kata sebuah gunung.

Berikut ini adalah beberapa bentuk kalimat yang mengandung appositive adjective.

a. Adjective sebelum noun
Yaitu kata sifat yang di tempatkan dalam posisi sebelum kata benda dalam kalimat tersebut.

b. Adjective setelah noun
Dalam hal ini kata sifat berada dalam posisi setelah kata benda dalam kalimat tersebut.

c. Adjective setelah determiner
Contohnya adalah the big and funny, the cat is mine yang artinya besar dan lucu, kucing itu adalah milikku.

Setelah kita mempelajari tentang beberapa pengertian dan posisi penempatan dari adjective dalam sebuah kalimat yang mengandung appositive adjective, sekarang kita melihat bagaimana contoh penerapannya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

NoContoh KalimatTerjemah
1My room small but beautifull will make you feel comfortableRuanganku yang kecil namun nyaman dan indah akan membuatmu merasa nyaman
2He is hars but caring boyfriend for MayaDia adalah seorang pacar laki-laki yang kasar namun peduli untuk Maya
3I do not like to this taxi, the driver fast and carelessAku tidak suka taxi ini, pengendaranya ngebut dan sembrono

Demikian beberapa penjelasan tentang materi yang berkaitan dengan appositive adjective serta bagaimana penggunaannya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Semoga artikel kami bisa memberikan manfaat untuk Anda dalam mempelajari bahasa Inggris.

About Imam Khanafi