Pengertian Alliteration, Contoh Kata dan Contoh Kalimat

Alliteration adalah sebuah pengulangan awal bunyi konsonan dari serangkaian kata yang ada di dalam satu kalimat. Jika dalam bahasa Indonesia kita mengenalnya dengan kalimat yang memiliki pengulangan huruf awal seperti, “Kaki kakekku kaku-kaku”. Alliteration menjadi salah satu kata figure of speech atau figurative language yang ada di dalam tata bahasa Inggris. Kita mengenalnya dalam bahasa Indonesia sebagai majas. Adapun fungsi dari alliteration ini hanyalah sekedar untuk penghias kalimat saja. Bukan untuk memberikan keterangan atas sesuatu seperti yang menjadi fungsi dari struktur kalimat lainnya.

Fungsi Dari Alliteration Dalam Struktur Kalimat Bahasa Inggris
Mempelajari bahasa Inggris seakan menjadi sebuah keharusan mengingat bahasa Inggris adalah menjadi bahasa Internasional sehingga pastinya akan mempermudah kita saat kita sedang melakukan perjalanan keluar negeri dan melakukan komunikasi dengan masyarakat yang ada di sana. Hanya saja dalam bahasa Inggris pun juga terdapat beberapa kata yang sulit di pahami dan di pelajari khususnya yang menjadi dialek asli dari masyarakat di sana. Ada juga kalimat yang menggunakan kiasan yang akan kita bahas sekarang yaitu alliteration. Meskipun sebenarnya beberapa hal tersebut di gunakan tanpa ada tujuan tertentu atau hanya sebagai penghias kalimat saja.

Namun pada beberapa kasus, terdapat penggunaan khusus dari alliterasi yang penerapannya di lakukan pada pembuatan puisi. Seperti yang kita tahu bahwa puisi memiliki banyak kata yang unik dan juga sarat makna, maka dari itu sangat mungkin jika pembuatan puisi memang menggunakan alliterasi. Adapun jenis pengulangan konsonan pada awal kata bisa terjadi hingga 2 atau 3 kali sesuai dengan kebutuhan dari penggunaan alliterasi yang ada dalam kalimat tersebut. Sekilas memang terlihat mudah, namun ternyata membuat sebuah pola kalimat alliterasi ternyata memiliki kesulitan yang cukup tinggi.

Berikut ini beberapa contoh kata alliteration yang biasa digunakan dalam sebuah kalimat dalam bahasa Inggris.

NOContoh KataTerjemah
1Sally sells seashellsSally menjual kerang laut
2Blue baby bonnetsTopi bayi biru
3Nick needed notebooksNick membutuhkan notebook
4Fred’s fried frogsKatak goreng Fred

Itu adalah beberapa contoh kata alliteration dalam sebuah kalimat yang pendek, kita bisa melihat adanya 2 kali pengulangan konsonan awal kata yang sama pada kalimat tersebut. Lalu bagaimana jika kita akan menerapkannya pada kalimat yang cukup panjang dengan 3 atau 4 pengulangan awal suku kata? Berikut contoh penerapannya dalam kalimat bahasa Inggris.

NoContoh KalimatTerjemah
1I’m interested to buy blemish balm creamSaya tertarik untuk membeli blemish balm cream
2Can a can of coke be used to clean a corroded car batteryDapatkah sekaleng coke di gunakan untuk membersihkan aki mobil yang berkarat?
3In Philadelphia, people can pay a parking ticket by phoneDi Philadelphia, orang dapat membayar tiket parkir lewat telepon

Memasukkan unsur alliterasi dalam sebuah kalimat dengan tujuan hanya sebagai pemanis sebuah kalimat memang di rasa perlu untuk di lakukan karena beberapa orang memerlukan beberapa kreasi yang di lakukan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Meski begitu, tak banyak orang yang bisa melakukan hal tersebut dengan baik, artinya dengan kata lain untuk menggunakan kalimat alliterasi di butuhkan keahlian khusus. Demikian beberapa ulasan tentang alliteration dalam bahasa Inggris. Semoga sedikit ulasan tersebut bisa  membantu anda dalam mempelajari lebih dalam tentang alliteration serta contoh penerapannya dalam bahasa Inggris.

 

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*