Pengertian Adverb Of Place, Posisi Dan Contoh Kalimat

Bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa Internasional pertama di dunia ini. Oleh karena itu semua aktivitas di dunia ini akan mempersyaratkan kalian untuk menggunakan bahasa Inggris paling tidak. Jadi mulai sekarang kalian harus mulai belajar bahasa Inggris, terlebih sejak dini. Ada banyak hal yang harus dipelajari salah satunya adalah grammar. Grammar juga terdiri atas beberapa bagian dan salah satunya adalah Adverb of place. Perlu diketahui bahwa adverb memiliki banyak jenis. Seperti adverb of time, adverb of manner, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai apa itu keterangan tempat  dan penggunaannya dalam tata bahasa Inggris.

Pengertian Adverb of Place

Pertama yang akan dibahas adalah mengenai definisi dari adverb tersebut. Ada banyak sekali adverb dan masing-masing adverb pasti mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Untuk pengertian adverb of place, adverb tersebut merupakan adverb yang menyatakan dimana tempat atau arah suatu kejadian atau aktivitas  itu terjadi. Where adalah kata tanya yang tepat jika Anda ingin meminta informasi detail mengenai adverb of direction and place. Untuk mengerti lebih lanjut mengenai adverb ini maka akan diberikan contoh sebagai berikut.

Contoh KalimatAdverb of place and direction
I already lived in Medan for three yearsMedan
My house faces northNorth
Semarang is located in Middle Javain Middle Java
You can put your things hereHere
I think I see him thereThere
We should go somewhereSomewhere
She has many fans everywhereEverywhere
Lisa goes to Lampungto Lampung

Itulah beberapa contoh kalimat yang mengandung kata keterangan tempat dan arah. Keduanya biasanya menunjukkan sebuah tempat atau arah dari suatu objek atau hal yang dilakukan oleh subjek. Banyak sekali kata yang bisa dimanfaatkan sebagai adverb of direction and place ini. Kata-kata tersebut bisa berupa sebuah lokasi atau tempat seperti kota, provinsi, pulau atau negara Selain itu untuk menunjukkan arah maka digunakan preposisi seperti in, here, there, to, dan masih banyak lagi. Dari contoh kalimat adverb of place di atas pasti Anda sudah semakin jelas mengenai apa itu kata keterangan tempat dalam bahasa Inggris. Sebenarnya sama saja dengan keterangan tempat di Indonesia, hanya saja bahasa Inggris mempunyai struktur kalimat yang berbeda.

Untuk penempatan kata yang menunjukkan tempat atau arah biasanya diletakkan di bagian belakang kalimat setelah subjek dan kata kerja. Jadi apakah sudah mengerti? Intinya adverb ini adalah kata yang menerangkan suatu tempat dimana kejadian itu terjadi atau berlangsung. Agar mengetahui apakah paham atau tidak mengenai adverb ini, lebih baik coba untuk menyelesaikan beberapa soal berikut.

Tentukan apakah kalimat adverb of place di bawah ini benar atau tidak
1. ( ….. ) Sakinah going to there
2. ( ….. ) Mega went to Lombok
3. ( ….. ) Tika walk go away from here
4. (….. ) Indah came from Jakarta
5. ( ….. ) Satya leaving here with me

Kunci jawaban yang benar:
1. Salah
2. Benar
3. Benar
4. Benar
5. Salah

Itulah beberapa contoh soal yang dapat dijadikan sebagai bahan latihan. Tentunya dalam memahami contoh kata adverb of place akan lebih mudah jika terus mempraktikkannya dengan latihan soal dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tentu itu akan sangat berpengaruh.

About Imam Khanafi