Mengenal Adverbial Conjunction Dan Contoh Kalimatnya

Pengertian adverbial conjunction secara umum adalah kata yang biasa digunakan dalam suatu kalimat atau paragraf yang memiliki hubungan kompleks antara gagasan dan ide di dalamnya. Kata tersebut pun biasanya dikenal dengan kata hubung dan juga kata keterangan yang berada dalam suatu kalimat. Mempelajari adverbial conjunction sangat penting bagi Anda yang gemar dalam berbahasa inggris khususnya gemar dalam menulis menggunakan bahasa inggris. Dengan mengetahui dasar dari penulisan yang berupa kata hubung dan juga kata keterangan maka akan membuat Anda akan jauh lebih mudah dalam memulai menulis.

Menurut pengertian adverbial conjunction, kata tersebut memang dibedakan menjadi 2 yaitu sebagai  kata hubung (conjungtion) dan juga kata keterangan (adverb). Hal tersebut membuktikan bahwa kata adverbial conjunction memiliki dua fungsi. Pertama sebagai kata conjungtion, adverbial conjunction ini berfungsi sebagai untuk menghubungkan 2 anak kalimat menjadi kalimat majemuk yang logis dan yang kedua sebagai adverb yaitu digunakan untuk menerangkan clause yang kedua. Peletakan dari adverbial conjunction ini pun dapat di awal, tengah dan juga akhir kalimat. Beberapa kata yang biasanya termasuk dalam adverbial conjunction adalah however, still, as a result dan lain sebagainya. Kalimat yang mengandung kata adverbial conjunction biasanya memiliki hubungan sebab akibat, pertentangan, penambahan dan waktu.

List Adverbial Conjunction

Dalam memulai belajar adverbial conjunction sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu list dari jenis adverbial conjunction  yang dapat dikelompokkan menjadi 4 hubungan dasar dari kata tersebut. List adverbial conjunction dapat di lihat di dalam tabel berikut :

List Adverbial Conjunction 
·          However·          Owever
·          Moreover·          Yet
·          Nevertheless·          despite that
·          Consequently·          in spite of
·          as a result·          that nevertheless
·          also·          nonetheless
·          besides·          notwithstanding
·          furthermore·          on the other hand
·          accordingly·          still otherwise
·          consequently·          rather
·          hence·          in comparison
·          So·          in contrast
·          Therefore·          in fact
·          Thus·          incidentally
·          Eanwhile·          indeed
·          Time sequence: finally·          instead
·          Then·          just as
·          after all/at last·          likewise
·          first, second dan last·          certainly
·          next·          comparatively

Fungsi Dan Contoh Kalimat Adverbial Conjunction

Mengingat adverbial conjunction merupakan kata hubung yang menyatukan dua independent clause maka Anda sangat perlu memahami fungsi dan contoh kalimat adverbial conjunction agar sebagai langkah awal dalam belajar berbahasa inggris terutama dalam membuat kalimat yang akan merujuk pada sebuah paragraf atau tulisan singkat yang akan Anda buat.

1. Hubungan waktu
Bentuk dari adverbial conjunction yang berfungsi untuk menyatakan waktu.
Contoh:
a. The people danced as the music played. (orang-orang menari setelah musik diputar)
b. The rich sleeps on the warm and comfortable bed meanwhile the poor sleeps on the damp and cold sidewalk. (tidur orang kaya diatas tempat tidur yang hangat dan nyaman, sedangkan tidur orang miskin di trotoar yang basah dan dingin)
c. Since my family moved in this city two months ago, I have known many people. (sejak keluargaku pindah di kota ini dua bulan yang lalu, saya sudah tahu banyak orang)
d. Whenever you are ready, we can leave. (kapanpun kamu siap, kami akan tinggalkan)
e. Slice onion, garlic, and chili, then, stir-fry them on a non-stick pan. (iris bawang merah, bawang putih, dan cabai, kemudian aduk lalu goreng mereka diatas wajan)
f. I’ll stay as long as you need me. (saya akan tinggal selama kamu membutuhkanku)
g. I will come as soon as I can. (saya akan datang sesegera saya bisa)

2. Hubungan penambahan
Bentuk dari adverbial conjunction yang berfungsi untuk menyatakan penambahan  (addition)
Contoh:
a. We can go camping provided we bring equipments. (kami bisa pergi berkemah asalkan kami membawa erlengkapan)
b. The scientists found that the question is difficult besides they needed to work hard to solved it. (para ilmuwan menemukan bahwa pertanyaan itu sulit disamping mereka membutuhkan kerja keras untuk memecahkannya)
c. I love Naruto Movie; moreover, I buy all its manga series. (saya suka film Naruto; oleh karena itu, saya membeli semua seri manganya)
d. Budi can’t attend the meeting unless he finds a baby-sitter. (Budi tidak bisa menghadiri rapat, kecualli jika dia menemuka seorang penjaga bayi)

3. Hubungan pertentangan
Bentuk dari adverbial conjunction yang berfungsi untuk menyatakan pertentangan (contrast)
Contoh:
a. Though he has asthma, Jim goes hiking. (walaupun dia punya penyakit asma, Jim pergi mendaki)
b. She is very beautiful; however, she is stupid. (dia sangat cantik; tetapi, dia bodoh)
c. Natural resources of Indonesia spread from Sabang to Merauke however/ yet they are not utilized properly. (Sumber daya alam Indonesia tersebar dari Sabang sampek Merauke, tetapi sumber daya alam itu belum dimanfaatkan dengan baik)
d. I was watching TV whereas Jim was listening to music. (saya sedang menonton TV sedangkan Jim sedang mendengarkan musik)

4. Hubungan sebab akibat
Bentuk dari adverbial conjunction yang berfungsi untuk menyatakan sebab akibat (result)
Contoh:
a. He works all day long; consequently, he is asleep in the train. (dia bekerja sepanjang hari; karena itu dia tertidur di kereta api)
b. The worker came late consequently his salary for the next month will be cut. (pekerja itu datang terlambat, karena itu gajinya untuk bulan depan akan dipotong)
c. I study Grammar so that I can make a sentence correctly. (saya belajar tata bahasa, maka saya bisa membuat kalimat dengan benar)
d. She loves to read psychology books hence she is easy to understand other people. (dia suka membaca buku psikologi, karenanya dia mudah untuk memahami orang lain)

Jenis kata hubung dalam bahasa inggris sangat beraneka macam variasi dan bentuknya termasuk adverbial conjunction. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki keinginan dapat mahir dalam berbahasa inggris baik membaca, menulis, berbicara dan lain sebagainya sangat perlu mempelajari hal-hal dasar dalam mempelajari bahasa inggris termasuk dalam mempelajari contoh kalimat dan soal latihan adverbial conjunction untuk mengasah sejauh mana kemampuan dan penguasaan bahasa inggris Anda.

About Imam Khanafi