Pengertian Common Noun And Proper Noun, List, Contoh Kalimat

Pembahasan mengenai kata benda kali ini sebenarnya sudah tidak asing lagi, karena dalam bahasa Indonesia pun kita sering menggunakannya. Dalam bahasa Inggris, kita sering menyebutnya dengan proper noun dan common nouns atau kata benda umum yang asal muasalnya juga dari kata benda khusus atau proper nouns.

  1. Common Noun

    Pengertian common noun itu sendiri merupakan salah satu dari jenis dari the concrete noun/ kata benda nyata yang digunakan untuk menyatakan sebuah benda yang bersifat umum. Dan masih ada beberapa atau berbagai jenis benda lagi yang bisa digolongkan di dalamnya. Misalnya saja rumah, rumah sendiri merupakan benda umum yang ada banyak jenisnya. Seperti rumah makan, rumah sakit, rumah adat, dan jenis rumah lainnya. Contoh common noun lainnya yang bisa Anda temui adalah bunga, karena bunga adalah benda umum ketika di belakangnya tidak ada nama bunga khusus yang menunjukkan jenis bunga tertentu. Jadi apakah Anda sudah bisa membedakannya?

    Common noun ini lebih kepada jenis kata benda yang bersifat singular noun atau kata benda tunggal maupun kata benda jamak yang lebih bersifat umum, tergantung dalam konteks kalimat apa Anda berbicara atau menulis. Untuk lebih mudahnya lihatlah tabel contoh common noun berikut ini :

    Jika Anda ingin membuat sebuah kalimat dengan menggunakan common noun, Anda bisa memposisikan common noun tersebut sebagai sebuah subjek yang berada di awal kalimat ataupun sebagai objek yang menjadi pelengkap dari kalimat yang Anda buat. Perhatikan beberapa contoh kalimat common noun berikut ini :

    my mother’s secret for her anti aging is consuming fruit every day, she always etas banana, strawberry, or apple.
    (rahasia ibuku untuk menolak penuaan dini adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya, dia selalu memakan pisang, strawberi, atau apel)

  2. Proper noun

    Sama halnya dengan common noun, proper noun juga berasal dari bagian concrete noun yaitu kata benda yang bisa dilihat, dirasakan, dan dipegang oleh pancaindra kita. Untuk pengertian dari proper noun sendiri adalah penggolongan kata benda untuk orang (person), tempat (place), dan benda lainnya yang lebih spesifik atau khusus. Proper noun ini lebih banyak digunakan untuk menunjukkan nama orang, jalan, kota, daerah atau nama dari sebuah organisasi, institusi, agama, dan tempat peribadatan agama tertentu serta tempat-tempat khusus lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat beberapa contoh berikut ini :

    Beautiful island in Indonesia is Bali
    ( island : common noun, Bali : proper noun )

    The man on the corner is my boyfriend, Gilang
    ( The man : common noun, Gilang : proper noun)

    Latihlah dirimu untuk mencoba menjawab beberapa pertanyaan berikut ini :

    1. Boston Anda Chicago have had great teams
      _____ is common noun in this sentence
      a. Boston
      b. Chicago
      c. Great
      d. Teams
    2. Her name is Maria Johnson, is Maria Johnson a common or proper noun?
      a. Common noun
      b. Propwe noun

 

 

About Imam Khanafi