Belajar Ejaan Alfabet Bahasa Inggris Mudah (The Alphabet)

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

Pembelajaran bahasa Inggris kini memang semakin mudah saja. Hal ini dapat terlihat dari berbagai cara inovatif yang dilakukan oleh para guru bahasa internasional pertama di dunia ini. Misalnya saja ialah mengenai pengenalan alfabet. Seperti yang kita tahu bahwa pengenalan mengenai alfabet bahasa Inggris merupakan hal utama yang wajib diajarkan kepada para pemula atau yang baru mempelajari bahasa Inggris. Biasanya materi ini diperkenalkan kepada siswa TK atau Taman Kanak-Kanak ataupun SD (Sekolah Dasar). Tentu saja pengenalan alfabet disini sangatlah penting sebab dari sinilah berbagai morpheme atau susunan alfabet yang memiliki makna dan juga berbagai kata terbentuk. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada penjelasan mengenai alfabet yang ada dalam bahasa Inggris.

Seperti yang kita tahu bahwa jumlah alfabet yang ada pada bahasa Inggris sama seperti pada alfabet bahasa Indonesia yaitu berjumlah 26 buah. Abjad atau alfabetnya pun sama yaitu dimulai dari A hingga Z. Sistem ini memang banyak dipakai oleh beberapa bahasa termasuk bahasa Indonesia. Kemudian, karena setiap bahasa adalah unik, maka dari itu ada perbedaan dalam alfabet tersebut. Disini perbedaan paling mencolok ialah cara pengucapannya. Ada beberapa cara pengucapan alfabet dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang cukup berbeda. Oleh karena itulah pembelajaran mengenai alfabet yang ada dalam bahasa Inggris selalu menjadi materi utama bagi semua pelajar pemula bahasa internasional yang satu ini.

alfabet bahasa inggrisSejarah Alfabet dalam Bahasa Inggris

Mulai dikenalnya alfabet telah ada sejak zaman sebelum Masehi. Penemuan mengenai tulisan di Mesir dan Yunani membuktikan bahwa orang Mesir telah menggunakan alfabet untuk berkomunikasi secara tertulis sejak 1800 tahun sebelum Masehi. Sedangkan Yunani telah memakainya pada 750 tahun sebelum Masehi. Kemudian, jika berbicara mengenai bahasa Inggris, hal yang satu ini jelas tidak akan terpisah dari suku Anglo Saxons, Yunani dan Greek. Ketiga suku tersebut dalam sejarah sangat berpengaruh pada terbentuknya bahasa Inggris modern yang dikenal seperti sekarang. Dalam sejarahnya, pembentukan bahasa Inggris termasuk mengenai alfabet bahasa Inggris dibagi menjadi 3 periode yaitu Old English, Middle English dan Modern English.

  1. Old English

Era pertama dalam perkembangan bahasa Inggris ialah Old English, yaitu pada abad ke-5 Masehi. Pada era ini, bahasa yang ada di kawasan Inggris sangat dipengaruhi oleh suku Anglo Saxons sebagai pendatang. Alfabet yang digunakan pun dipengaruhi suku tersebut yang diberi nama dengan futhorc, yaitu sebuah bahasa runic.  Dalam perkembangannya, jumlah alfabet bahasa Inggris yang dimiliki ialah 26 buah. Yang membedakan ialah pada masa ini, beberapa abjad seperti J, U, V dan W belum masuk di dalamnya. Alfabet Æ, Ð dan simbol & masuk dalam deretan abjad bahasa Inggris kala itu. Salah satu karya sastra yang menggunakan alfabet era Old English ialah “Beowulf” dan hingga kini masih diajarkan di sekolah maupun tingkat universitas.

  1. Middle English

Era selanjutnya ialah Middle English. Pada masa ini, perkembangan bahasa Inggris sangat dipengaruhi oleh invansi dari Normans. Meskipun pada awalnya bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa rakyat jelata dimana saat itu bahasa Prancis yang merupakan bahasa bangsa Normans dianggap sebagai bahasanya para orang berkelas. Namun, pada abad ke-13 hal tersebut mulai berubah, dikarenakan pada abad ini bahasa Inggris mulai berkembang pesat dan hal ini dapat terlihat dari adanya perkembangan alfabet. Ada beberapa alfabet yang dihilangkan dan ada pula yang ditambahkan. Contohnya saja ialah adanya abjad W yang sebelumnya belum ada di era Old English. Salah satu karya sastra pada era ini yaitu “Canterbury Tales“.

  1. Modern English

Era ketiga dalam perkembangan bahasa Inggris adalah era modern English. Pada era ini, perkembangan bahasa ini semakin pesat. Mulai dari penggunaannya yang tidak hanya digunakan oleh rakyat jelata saja, tapi juga digunakan secara umum bahkan menjadi bahasa yang mulai mendunia penggunaannya terlebih setelah adanya migrasi orang Inggris ke tanah Amerika. Pada era ini, alfabet dalam bahasa Inggris pun berubah. Penambahan abjad baru yaitu J ada pada era ini. Abjad U dan V yang awalnya menjadi satu pun menjadi 2 abjad yang berbeda. Pada masa inilah abjad pada bahasa Inggris berjumlah 26 dengan formasi yang dikenal seperti sekarang.

Sistem Alfabet Bahasa Inggris Sekarang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu sistem alfabet pada bahasa Inggris sekarang memiliki 26 abjad yaitu A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z. Di dalamnya terdapat 5 huruf vokal (A I U E O) dan 21 huruf konsonan (B C D F G H J K L M N P Q R S T V W X Y Z). Cara penulisannya pun dibagi menjadi 2 yaitu huruf besar dan huruf kecil. Berikut perbedaan penulisan antara huruf besar dan huruf kecil.

Huruf besar: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Huruf kecil: a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z

Dalam alfabet bahasa Inggris penulisan huruf besar digunakan untuk nama orang, nama kota, awal kalimat dan lainnya.

Contoh: Andi pergi ke Jakarta dengan Jenny

Saya dan Santi membeli buku bahasa Inggris di Surabaya

 

Sedangkan pada huruf kecil ialah huruf yang digunakan pada kalimat biasa.

Contoh: ini buku saya

            saya punya roti

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*