Cara Mengeja Huruf Bahasa Inggris dengan Pronunciation

Biasanya, cara pembelajaran bahasa dimulai dari huruf bahasa Inggris. Dalam hal ini, tentunya ada perbedaan yang cukup kontras antara bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris. Salah satunya ialah pada cara pelafalan setiap alfabet yang ada.

huruf bahasa inggris

Abjad dalam Bahasa Inggris dan Pelafalannya

Jika kita bicara mengenai alfabet yang ada pada bahasa Inggris, sistemnya sama seperti alfabet pada bahasa Indonesia. Jumlahnya yaitu ada 26 buah yang terdiri dari 5 vokal dan 21 konsonan.

Ghg

A = [eɪ]

Pelafalannya seperti pada huruf bahasa Inggris a pada kata apple, and dan after. Cara mengucapkannya ialah lidah sedikit masuk ke dalam mulut.

B = [biː]

Beberapa kata dengan awalan b ialah banana dan boy. Pengucapannya ialah dengan menutup rapat bibir atas dan bawah.

C = [siː]

Lidah berada di belakang gigi bagian bawah dan sedikit menjorok ke dalam ialah cara pengucapannya. Kata yang menggunakan alfabet ini ialah car, cat dan colour.

D = [diː]

Untuk melafalkannya, posisikan lidah berada di langit-langit mulut dekat gigi bagian atas. Kata yang menggunakan huruf ini yaitu dollar dan dog.

E = [iː]

Hampir sama dengan [siː], hanya saja pelafalannya tidak akan menimbulkan desisan. Contoh kata yang menggunakan huruf ini ialah eye see dan extreme.

F = [ɛf]

Pelafalannya ialah gigi bagian bawah ditempel ke bibir bagian atas. Kata fire dan finger menjadi contohnya.

G = [dʒiː]

Untuk melafalkan huruf bahasa Inggris ini, langit-langit menempel dengan lidah yang sedikit ditekuk ke belakang. Contoh katanya ialah giraffe dan green.

H = [eɪtʃ]

Cara melafalkannya hampir sama dengan G, hanya saja mulut dibuka terlebih dahulu seperti membentuk huruf [e?]. Kata hotel dan holiday adalah contohnya.

I = [aɪ]

Mulut membuka lebar untuk membentuk diftong [a] yang kemudian lidah ditarik sedikit ke belakang sambil menutup mulut membentuk diftong [?]. Contoh: eye.

J = [dʒeɪ]

Pengucapannya seperti pada kata jungle dan jolly. Cara pengucapannya ialah dengan menekuk lidah ke bawah dan menempatkannya di belakang gigi rahang bawah dimana gigi rahang atas berada di depan gigi rahang bawah seperti orang tersenyum.

K = [keɪ]

Koala dan karate adalah kata yang menggunakan huruf [ke?] dengan lidah sedikit ditekuk ke bawah di belakang gigi rahang bawah.

L = [ɛl]

Lidah berada di langit-langit belakang gigi atas dan contoh katanya ialah lion.

M = [ɛm]

Mengatupkan kedua belah bibir ialah cara mengucapkannya. Contoh katanya ialah mother.

N = [ɛn]

Kata No menjadi salah satu contoh yang gunakan huruf bahasa Inggris N [ɛn]. Pelafalan huruf N [ɛn] ialah ujung lidah berada di langit-langit mulut di belakang gigi rahang atas.

O = [oɪ]

Untuk melafalkan huruf O [oɪ], mulut membentuk lingkaran. Old ialah kata yang menggunakan abjad O.

P = [piː]

Huruf P [piː] dilafalkan dengan cara mengatupkan kedua bibir dengan posisi gigi dan lidah seperti huruf E [iː] kemudian membukanya. Beberapa kata yang menggunakan abjad ini ialah piano dan packet.

Q = [kjuː]

Dilafalkan dengan cara lidah berada di belakang gigi rahang bawah yang kemudian ditarik sedikit dengan bibir yang sedikit dimajukan. Q ialah abjad untuk kata Queen, quote dan masih banyak lagi.

R = [ɑr]

Cara melafalkannya ialah lidah ditekuk ke atas langit-langit dan mulut sedikit terbuka. Rabbit, red dan right ialah kata yang mempresentasikan abjad R.

S = [ɛs]

Melafalkannya seperti suara mendesis. Untuk huruf S, beberapa kata seperti silver dan strong menjadi beberapa contohnya.

T = [tiː]

Cara melafalkan [tiː] ialah dengan menempatkan ujung lidah tepat di belakang gigi rahang atas dan bibir membuka sehingga gigi atas terlihat. T untuk kata tea, two dan thousand.

U = [juː]

Melafalkan huruf ini ialah dengan menempelkan ujung lidah ke belakang gigi rahang bawah lalu menariknya sedikit ke belakang sambil memajukan bibir sedikit. Contoh kata yang menggunakan huruf U ialah use, under dan lainnya.

V = [viː]

V = [viː] dilafalkan dengan menempatkan gigi rahang atas ke bibir bawah kemudian bibir bawah dijauhkan dari gigi rahang atas. Very, vampire dan vacation ialah contoh kata-kata dengan huruf V.

W = [[?dʌbəl juː]

Pelafalannya ialah seperti kata double [?dʌbəl] dan huruf U [juː]. West, worm dan white adalah beberapa kata yang menggunakan huruf W.

X = [ɛks]

Cara pelafalannya ialah posisi bibir seperti tersenyum sambil menunjukkan gigi. Sedangkan lidah ditempatkan di belakang gigi rahang bawah kemudian ditarik ke belakang dengan sedikit desisan. Penggunaan X dalam X-ray menggambarkan digunakannya X dalam sebuah kata.

Y = [waɪ]

Pelafalannya ialah sedikit memajukan bibir kemudian mulut dibuka lalu sedikit ditutup dengan gigi masih terlihat. Yellow dan yard menjadi contoh kata yang menggunakan huruf bahasa Inggris Y.

Z = [zɛd] (British English) [ziː] (American English)

Untuk [zɛd], perlihatkan gigi seperti tersenyum sambil sedikit mendesis kemudian menempatkan lidah seperti mengucapkan [diː]. Sedangkan [zɛd] sama dengan pengucapan [zɛd] saja tanpa mendesis. Zebra dan zero ialah contoh kata yang menggunakan huruf Z.

Leave a Comment