Belajar Ejaan Abjad Bahasa Inggris Melalui Lagu ABC

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

abjad-bahasa-inggrisSeperti yang kita tahu bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Artinya ialah banyak negara yang menggunakannya sebagai bahasa pengantar utama dan bahasa kedua. Karenanya, pembelajaran bahasa ini sangatlah dibutuhkan. Cara asyik yang digunakan oleh para pengajar pun makin beragam termasuk dalam penyampaian materi abjad bahasa Inggris. Inilah materi dasar yang wajib dipahami oleh semua pemula. Materi ini biasanya diajarkan kepada para murid TK maupun SD. Materi tersebut tentunya penting sebab dari abjadlah semua kombinasi morpheme hingga kata dapat terbentuk. Bukan hanya dari pengenalan hurufnya saja, akan tetapi dari cara pelafalannya. Hal tersebut jelas wajib dilakukan oleh para pengajar sebab posisi bahasa Inggris sebagai bahasa kedua yang memiliki perbedaan dari bahasa yang digunakan sehari-hari.

Sejarah Abjad dalam Bahasa Inggris

Sejarah dari abjad dalam bahasa Inggris  sendiri tentu saja sejak ratusan tahun yang lalu yang dimulai dari era Old English hingga Modern English sampai saat ini. Berikut adalah ulasan sejarahnya:

  1. Old English

Pertama, Old English atau bahasa Inggris lama sangat dipengaruhi oleh bangsa Anglo Saxons. Saat itu, abjad J, U, V dan juga W belum masuk dalam sistem alfabet tapi justru ada abjad Æ dan Ð.

  1. Middle English

Pada era ini, terdapat invasi bangsa Norman. Kala itu, ada beberapa alfabet bahasa Inggris yang dihilangkan misalnya Æ dan ada pula yang ditambahkan seperti abjad W.

  1. Modern English

Sedangkan pada masa modern, bahasa Inggris mulai di standarisasi. Dengan penambahan beberapa abjad baru yaitu J, U dan V membuat sistemnya makin sempurna. Sistem inilah yang dikenal saat ini. Memiliki abjad dengan jumlah 26 buah.

Abjad Bahasa Inggris Saat Ini

Jika bicara mengenai abjad dari bahasa Inggris, memang sistem yang digunakan sama dengan sistem yang digunakan dalam bahasa Indonesia. Memiliki 26 huruf dengan 21 huruf konsonan (B C D E F G H J K L M N P Q R S T V W X Y Z) dan 5 huruf vokal (A I U E O). Namun, ada hal yang paling membedakan abjad dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Hal ini terletak pada cara pelafalannya.

A = [eɪ]  B = [biː]  C = [siː]  D = [diː]  E = [iː]

F = [ɛf]  G = [dʒiː]  H = [eɪtʃ]  I = [aɪ]  J = [dʒeɪ]

K = [keɪ]  L = [ɛl]  M = [ɛm]  N = [ɛn]  O = [oɪ]

P = [piː] Q = [kjuː]  R = [ɑr]  S = [ɛs]  T = [tiː]

U = [juː]  V = [viː]  W = [?dʌbəl juː] say: double-ju

X = [ɛks]  Y = [waɪ]  Z = [zɛd] (British English) [ziː] (American English)

Cara Mempelajari Abjad Bahasa Inggris Melalui Lagu ABC

Untuk mempelajari cara pelafalan abjad-abjad tersebut, salah satu cara paling efektif ialah dengan bernyanyi. Cara yang satu ini merupakan cara inovatif yang akan sangat membantu para pemula yang kebanyakan adalah anak-anak. Dengan belajar melalui lagu, ritme pada lagu akan membantu mereka dalam memahami abjad tersebut. Jika dibandingkan dengan cara biasa yaitu dihafal, maka pemahaman akan cara pelafalan setiap abjad menjadi lebih lama. Karena itulah saat ini cara paling mudah untuk mengajarkan pelafalan abjad yang ada dalam bahasa Inggris ialah dengan menyanyikannya. Anak-anak tentu akan merasakan bermain sambil belajar sehingga mereka dapat mrmpelajari bahasa Inggris dengan senang.

Jadi, dengan penggunaan lagu ABC sebagai media pengajaran pelafalan abjad atau huruf pada bahasa Inggris, ada beberapa manfaat yang akan didapat oleh pengajarnya maupun pelajar pemula bahasa internasional ini.

  • Pengajar akan lebih mudah dalam memberikan materi pengenalan alfabet bahasa Inggris melalui sebuah lagu.
  • Para siswa yang biasanya anak-anak akan dapatkan konsep pelajaran bermain sambil belajar yang menyenangkan.
  • Mood pada siswanya bisa jauh lebih baik dengan adanya pengajaran melalui sebuah lagu
  • Para pelajar akan jauh lebih mudah menghafalkan lagu dibandingkan melalui cara biasa.

Lagu ABC

Bagi pengajar yang akan menggunakan lagu sebagai media pengajaran alfabet bahasa Inggris, lagu ABC ialah lagu yang paling umum digunakan untuk para pemula. Lagu yang memiliki ritme sederhana ini sangatlah cocok untuk anak-anak. Jadi, sebelum mengajarkan lagu ABC pada murid, pengajar wajib memahami dahulu bagaimana lagu tersebut dinyanyikan. Berikut ini ada lirik lagu ABC lengkap.

ABC

A B C D E F G

H I J K L M N O P

Q R S T U V W X Y and Z.

Now I know my A B C, tell me what you think of me.

Biasanya, pada baris terakhir banyak yang memodifikasinya misalnya menjadi:

Now you know my A B C, you can sing from A to Z.

Untuk hal yang satu ini jelas tergantung dari kreativitas para pengajarnya. Tapi, inti utamanya ialah pada pelafalan alfabet A ke Z dalam bahasa Inggris pada awal bait lagu.

Apabila telah mengenal lagu ABC tersebut, kini saatnya para pengajar untuk mengajarkan bagaimana menyanyikannya dengan pelafalan abjad yang benar. Perhatikan hal yang satu yaitu soal pengucapan abjadnya. Karena cara melafalkannya sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia, maka dari itu para pengajar harus lebih teliti dalam mengajarkan abjad yang digunakan dalam bahasa Inggris tersebut.

Dari semua penjelasan di atas, asyik bukan mempelajari abjad bahasa Inggris?

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*