Belajar Adjunct Secara Mudah dan Sederhana

Belajar Adjunct secara mudah

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling ditakuti oleh kebanyakan siswa. Sulitnya memahami bacaan, sulitnya merangkai kata, sulitnya mengungkapkan bahasa Inggris dengan lisan, hingga sulitnya harus mendengarkan percakapan bahasa Inggris. Hal tersebut akan sangat mudah ketika telah memegang kata kunci yaitu memahami elemen-elemen dasar seperti verb, adverb, adjective, preposition, yang termasuk dalam eight parts of speech atau elemen utama pembangun dalam kalimat bahasa Inggris. Salah satu pemeran utama dalam kalimat bahasa Inggris adalah adverb. Adverb merupakan salah satu elemen dalam kalimat yang berfungsi untuk menerangkan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), atau adverb yang lain.

Adverbial dapat diartikan sebagai pembangun gramatikal. Adverb ini dapat berupa phrase (frasa) ataupun clause (klausa) yang dapat berfungsi sebagai adverb. Adverbial tersebut dapat berupa adverbial prepositional phrase atau pun adverbial clause.

Berikut contoh perbedaan adverb dan adverbial:

[table id=113 /]

Adverbial dapat dibagi menjadi tiga buah macam yaitu adjunct, disjunct, dan conjuct. Adjunct adalah adverb atau adverbial yang ditambahkan pda suatu clause (klausa) yang berfungsi untuk menjelaskan serta memberi keterangan terkait objek atau subjek dalam suatu kalimat dan mengikuti flow (arus) dari klausa tersebut. Adjunct memiliki beragam jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Berikut Merupakan Macam-macam Adverb yang Termasuk Adjunct:

Macam Macam adverb yang termasuk adjunct

– Adverb of time (waktu)

Adverb of time adalah kata keterangan untuk menunjukan waktu terjadinya suatu tragedi atau peristiwa. Berikut contoh kalimat adverb of time:

[table id=114 /]

– Adverb of manner

Adverb of manner merupakan kata keterangan yang menrangkan bagaimana suatu  kegiatan terjadi.
Berikut contoh adverb of manner:

[table id=115 /]

– Adverb of Degree

Adverb of degree merupakan kata keterangan yang menerangkan tingkat atau seberapa jauh suatu kegiatan.
Berikut contoh kalimat adverb of degree:

[table id=116 /]

– Adverb of modality

Adverb of modality merupakan kata keterangan yang menrangkan mengenai tingkat keyakinan atau tingkat harapan.
Berikut contoh kalimat adverb of modality

[table id=117 /]

– Adverb Of Frequency

Adverb of frequency merupakan kata keterangan yang menerangkan seberapa sering kejadian atau peristiwa tersebut terjadi.
Berikut contoh kalimat adverb of frequency:

[table id=118 /]

– Adverb Of Place and Direction

Adverb of place merupakan kata keterangan yang menrangkan tempat terjadinya suatu kegiatan atau peristiwa.
Berikut contoh Adverb of place:

[table id=119 /]

Demikian sedikit ulasan tentang adjunct dan contoh kalimatnya. Bahasa inggris memang sulit dipelajari akan tetapi, jika dipahami lebih lanjut dengan kemauan keras maka bahasa Inggris mudah dipahami. Siapa bilang bahas Inggris sulit. Tinggal bagaimana Anda berusaha keras belajar dan memahaminya.

Leave a Comment