Pengertian Adverbial Clause, Rumus Dan Contoh Kalimat

Pengertian Adverbial clause

Dalam sebuah bahasa inggris pasti kalian akan banyak sekali mengenal clause dan clause ini memiliki beberapa jenis yang bermacam-macam, salah satunya adalah adverbial clause. Kali ini akan dibahas tentang adverbial clause. Memang sebagian orang menganggap materi clause yang satu ini termasuk ke salah satu clause yang sulit untuk dimengerti. Tetapi sebenarnya clause ini termasuk salah satu clause yang bisa dibilang dengan bobot yang ringan dan mudah dipahami. Jadi sebaiknya anda menyingkirkan dahulu pikiran anda  tentang sulitnya memehami materi clause ini. Pada tulisan kali ini akan lebih dijelaskan adverbial secara mudah agar anda lebih bisa memahaminya. Ulasan yang akan dibahas berupa pengertian, contoh,  rumus, dan juga contoh kalimatnya.

Adverbial clause merupakan sebuah kalimat yang digunakan atau memeliki fungsi untuk memberikan suatu informasi tentang verb (kata kerja), adjective (kata sifat), atau adverb (kata keterangan) yang posisinya ada oada independent clause dengan menggunakan kapasitas menjawab pertanyaan berupa how, when, where, why, atau to what degree. Jadi bisa anda pahami bahwa clause ini menjelaskan tentang dependent clause (susunan kata yang masih belum dikatakan sebagai sebuah kalimat karena maknanya masih belum dicerna) yang digunakan sebagai kata keterangan untuk menerangkan sebuah kata kerja. Clause ini dalam menyusun kalimatnya selalu diawali dengan susunan subordinate conjunctions (seperti : after, before, until, since, while, although, as, because, so, so that, provide, if, unless, etc).

Sebagai contohnya bisa anda lihat dibawah ini :

  • The carnaval show will start after the sun goes down. (artinya: pertunjukan karnaval itu akan dimulai setelah matahari terbenam.
  • We can swim in the beach as soon as we put on plenty of sunscreen. (artinya: kita bisa berenang di pantai segera setelah kita memakai banyak tabir surya/ sublock)
  • Because she loved his, she didn’t believe he had an affair. (artinya: karena ia perempuan mencintainya laki-laki, ia perempuan tidak percaya dia laki – laki berselingkuh)
  • Unless you run slow, you will miss the bus. (artinya: kecuali kalau kamu berlari lambat, kamu akan ketinggalan bus)
  • When she cleaned the badroom, she found a lot of paper. (artinya: ketika dia perempuan membersihkan tempat tidur, dia perempuan menemukan banyak sekali kertas)

Yang bertuliskan miring merupakan contoh kalimat yang dinamakan sebagai adverbial clause, letak clause ini bisa berada di depan ataupun di belakang kalimat. Jika berada di awal kalimat maka penting sekali untuk diberi tanda baca koma (koma).

Rumus Adverbial clause

Rumus Adverbial Clause
Untuk lebih memahaminya anda bisa melihat rumus di bawah ini :

[table id=120 /]

Surbordinate conjuction adalah kata – kata yang sudah disebutkan di atas, yaitu after, before, until, since, while, althought, as, because, so, so that, provide, if, when, where, why, how, etc. S adalah subjek yang bisa anda gunakan berupa kata benda (noun), kata ganti (pronoun) ataupun frase kata benda (noun phrase). Dan V adalah kata kerja (verb) yang bisa anda gunakan berupa kata kerja utama maupun kata kerja bantu.

Clause ini juga mempunyai beberapa jenis, jenis tersebut diantaranya adalah menjelaskan tentang waktu (time), pertentangan (contrast), place (tempat), sebab dan akibat (cause and effect), tujuan dan hasil (purpose and result), kondisi (condition), cara (manner), dan alasan (reason). Di bawah ini akan kami ulas tentang jenis clause tersebut dalam berupa tabel. Berikut tabel yang bisa anda pahami :

[table id=121 /]

Itulah jenis dari clause yang disertai dengan contoh yang bisa anda pahami dengan melihat tabel di atas. Anda bisa memahaminya dengan seksama dengan cara melihat kegunaan dari kalimat tersebut.

Karena sudah dijelaskan tentang adverbial clause, kita bisa memulai contoh yang bisa anda pelajari dengan mudah, beserta dengan contoh soal yang bisa anda ketahui. Berikut contoh kalimat dan contoh soal dari materi clause :

Contoh kalimat :

  • I was sleeping when my sister arrived (artinya: adik saya tiba ketika saya sedang tidur).
    Verb disini adalah was sleeping, subordinate conjunctin adalah when, dan adverbial clause adalah when she arrived. Jadi kalimat ini menunjukan sebuah informasi tentang verb.

Contoh soal :

Tunjukan kata verb/adjective/adverb, subordinate conjunction, dan adverbial clause pada kalimat berikut ini :

  1. Her face is dull because she did not like eats fruits
  2. He drove so fast in order that he could arrive on time.

Jawaban dari contoh soal di atas adalah

  1. dull merupakan kata adjective, subordinate conjunction berupa because, dan adverbial clause adalah because she didn’t like eats fruits.
  2. fast adalah adverb, subordinate conjunction berupa in order that, dan adverbial clause adalah in order that he could arrive on time.

Itulah mater pembahasan dari adverbial clause. Dengan rajin berlatih dan membaca bisa membuat anda lebih mudah mengetahui dan memahami clause ini. Selamat belajar.

Leave a Comment