8 Parts of Speech – Bagian Tata Bahasa Inggris

Berikut adalah ringkasan 8 bagian dari tata bahasa inggris (parts of speech). Beberapa sumber grammar mengkategorikan parts of speech hingga 9-10 bagian. Untuk tahu penjelasan lebih detail silahkan klik masing-masing bagian berikut :

8 Macam Tata Bahasa Inggris (Parts of Speech)

1.Kata Benda dalam Bahasa InggrisKata Kerja dalam Bahasa Inggris (Verbs)

Kata kerja mempunyai arti sebagai kata yang menunjukkan suatu tindakan oleh subyek atau keadaan sekarang. Namun ada juga beberapa verb yang tidak melakukan suatu kejadian seperti misalnya be, exist, seem dan belong. Hal yang unik dari Kata kerja bahasa inggris adalah sifatnya yang berubah-ubah bentuk.

3. Kata Sifat dalam bahasa inggris (Adjectives)

8 part of speech tata bahasa inggris

Kata sifat mempunyai fungsi untuk memodifikasi noun atau kata benda dan pronoun atau kata ganti. Kata benda dan kata ganti ini bisa berbentuk manusia, hewan, benda maupun hal yang abstrak. Adjective berada di depan noun, sebagai contoh handsome boy ataupun di belakang noun tapi tidak disisipi lingking verb seperti something special. Beberapa jenis adjective seperti adjective phrase, compound adjective, adjective clause, dan reduced adjective clause.

4.Kata Keterangan dalam bahasa inggris (Adverbs)

Adverb di dalam bahasa inggris berfungsi untuk memberikan keterangan kepada kalimat. Penggunaan dari Adverb sendiri dibagi menjadi delapan jenis yaitu adverb of manner, adverb of time, adverb of place and direction, adverb of degree, adverb of frequency, adverb of quantity, adverb of interrogative dan relative adverb.

5. Kata Ganti dalam Bahasa Inggris (Pronouns)

Kata ganti adalah kata-kata yang penggunaanya untuk menggantikan kata benda, kata benda ini sendiri bisa berupa hewan, tempat, manusia, dan konsep ideologi. Penggunaan pronoun mempunyai tujuan agar lebih sederhana, nama-nama tidak terlalu sering disebutkan di dalam kalimat dan juga agar kalimat menjadi efektif.

6. Kata Depan dalam Bahasa Inggris (Prepositions)
Kata depan atau preposisi adalah kata yang dapat bergabung dengan noun atau pronoun dan membentuk sebuah frasa yang menerangkan kata kerja, kata benda dan kata sifat. Common preposition seperti above, below, in, on, at dan lain sebagainya.

7. Kata sambung dalam bahasa inggris (Conjunctions)

Konjungsi adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan dua frasa, klausa bahkan suatu paragraph. Jenis-jenis conjunction adalah coordinate conjunction, correlative conjunction, subordinate conjunction, dan adverbial conjunction.

8. Kata Seru dalam bahasa inggris (Interjection)

Kata seru adalah kata yang digunakan untuk menyatakan emosi kepada lawan bicara. Jenis kata ini jarang digunakan pada bentuk tertulis apalagi dalam hal akademis. Kata seru sering digunakan untuk bentuk bicara. Oleh karena itu interjection mampu berdiri sendiri maupun bersanding dalam suatu kalimat. Namun ketika kata ini berada di sebuah kalimat tidak akan mempunyai hubungan gramatikal. Biasanya kata seru diikuti oleh tanda koma, tanda seru atau bahkan tanda tanya. Untuk penggunaan koma biasanya digunakan untuk medium interjection. Koma digunakan pada awal kalimat parenthetical element dan satu lagi berada ditengahnya. Kemudian tanda seru akan digunakan pada tingkat strong interjection, hal-hal yang diekspresikan seperti marah, terkejut, gembira, dan perasaan mendalam yang lainnya.

About Imam Khanafi

3 Responses to “8 Parts of Speech – Bagian Tata Bahasa Inggris”

Read below or add a comment...

  1. hendripal panjaitan says:

    I really fond of reading your encouragement based system, but should you like to increase a dialogue program by TV Channel on?

  2. mariani says:

    i am interested.but i can’t register with it.i dont know how can join

  3. chanilsur says:

    its so easy. firstly you go to http://www.belajaringgris.net. read the book and you will know how to register.

Leave A Comment...

*