Kata Kerja (Verbs) bahasa inggris dan contohnya

kata kerja dalam bahasa inggris verbSebuah kata kerja (verb) sering didefinisikan sebagai kata yang menunjukkan tindakan yang dilakukan subyek atau keadaan sekarang. Namun itu tidak sepenuhnya benar, ada beberapa verb yang tidak melakukan aksi contohnya adalah be, exist, seem dan belong. Kata kerja adalah jantung dari kalimat, setiap kalimat harus memiliki kata kerja. Mengenali kata kerja sering merupakan langkah yang paling penting dalam memahami arti dari suatu kalimat. Tidak seperti kebanyakan dari parts of speech lainnya, kata kerja dalam bahasa inggris berubah-ubah bentuknya. Sebenarnya ada bermacam-macam verb, tetapi agar tidak terlalu panjang, maka akan dibahas kata kerja dalam bahasa inggris yang pokok saja. Beberapa contoh verb yaitu:

Macam-Macam Kata Kerja dalam Bahasa Inggris (Verbs)

1. Finitive Verb

Jenis verb ini adalah verb yang mempunyai subyek dan juga dapat berdiri sebagai pokok dari independent clause. Finitive verb juga dapat dikatakan sebagai kata kerja utama di dalam sebuah kalimat yang dapat menjelaskan bentuk dari kalimat itu sendiri, apakah berbentuk masa lalu (past), sekarang (present) atau masa depan (future/progressive). Selain itu juga finitive verb dapat menerangkan jumlah dari subyek, apakah berbentuk singular atau plural. Contoh dari Finitive Verb adalah:

Berdasarkan Tenses

Berdasarkan PersonBerdasarkan Number
PresentPastFirstSecondThirdSingularPlural
SeeSawSeeSeeSeesSeesSee

 

2. Auxiliary Verb

Kata kerja dalam bahasa inggris ini mempunyai kemampuan untuk memodifikasi makna dari sebuah kata kerja. Kemunculannya adalah sebelum kata kerja utama. Perbedaan antara auxiliary verb dan helping verb adalah jenis verb ini tidak mempunyai makna leksikal. Kata kerja dalam bahasa inggris ini dibagi menjadi dua, yaitu primary auxiliary dan modal auxiliary verb. Berikut ini pembagiannya:

Do

Be

Have

DoIsHas
DoesAreHave
DidAmHad
Was
Were
Be
Being
Been

Sedangkan modalnya adalah can, could, may, might, will, would, shall, should, must, ought to.

 

3. Lingking Verb

Kata kerja dalam bahasa inggris yang digunakan untuk menghubungkan antara subyek dan dengan informasi tentang subyek tersebut. Selain subyek juga dapat berbentuk hubungan dengan deskripsinya sendiri. Karena kata ini tidak memberikan aksi terhadap obyeknya maka digolongkan kepada jenis intransitive verb. Ada dua jenis lingking verb, yaitu verb of sensation dan verb of being. Jenis dari Linking verb be adalah is, am, are, was, were, dan be. Pada penggunaannya is, am, dan are (present tense), was dan were (past tense), be (present subjunctive dan imperative), dan were (past subjunctive).

4. Transitive Verb

Jenis verb ini selalu diikuti oleh obyek langsung dari subyek. Apabila tidak terdapat obyek langsung pada jenis kalimat dengan transitive verb maka akan terdengar janggal. Contoh: David Beckham takes the free kick.

5. Intransitive verb

Jenis kata kerja dalam bahasa inggris yang tidak diikuti oleh obyek langsung dari subyek. Intransitive verb dapat adjective, adverb dan prepositional phrase. Intransitive verb sendiri tidak mempunyai bentuk passive. Contoh: The student always come earlier than the teacher.

6. Regular and Irregular Verb<

Untuk menandai dan membentuk sebuah kata kerja regular, dapat diketahui pada bentuk past tense dan past participle nya mendapatkan akhiran, -en, -d, -ed, -t, -ne, dan –n, sedangkan irregular verb tidak dapat diketahui. Regular verb juga dikenal sebagai verb yang lemah dan irregular verb adalah verb yang kuat. Contohnya regular adalah study – studied – studied sedangkan irregular seperti broke, brake dan broken.

About Imam Khanafi

One Response to “Kata Kerja (Verbs) bahasa inggris dan contohnya”

Read below or add a comment...

  1. ilman says:

    cariin dong kata kerja verb 4

Leave A Comment...

*