Perbedaan Official TOEFL ETS iBT vs TOEFL ITP Test

Ketika membicarakan mengenai TOEFL test, tak jarang orang akan menyinggung mengenai TOEFL ITP ( Institutional Testing Program ) dan International / official TOEFL ETS. Pada dasarnya, kedua jenis tes ini memiliki kesamaan. International / official TOEFL test menunjuk pada TOEFL test yang diselenggarakan oleh ETS ( Educational Testing Service ) yang berpusat di Amerika Serikat. Dan TOEFL ITP adalah salah satu jenis tes TOEFL yang juga diselenggarakan oleh ET secara lokal.

Inilah Perbedaan Antara TOEFL iBT dan TOEFL ITP

Tapi, bila membicarakan perbedaannya, international / official TOEFL akan lebih menunjuk pada tes TOEFL yang berformat iBT ( internet Based Test ) karena format inilah yang sekarang umum digunakan dibandingkan TOEFL PBT ( Paper Based Test ). Perbedaan pertama antara ITP dan official TOEFL adalah pada kemampuan yang diujikan. Pada Official TOEFL (iBT) test, kemampuan yang diujikan meliputi reading comprehension, listening, writing dan speaking. Sedangkan, pada TOEFL ITP test, kemampuan berbahasa Inggris yang diujikan meliputi listening comprehension, structure and Written expression, dan reading comprehension. Jadi, bisa dilihat bahwa ITP tidak menguji kemampuan berbicara secara aktif.

TOEFL ETS iBT vs TOEFL ITPPerbedaan kedua adalah tentang masalah rentangan nilai yang ada dalam proses penilaian. Pada TOEFL iBT, rentangan nilai yang diberikan adalah dari 0 sampai 120. Sedangkan dalam ITP, rentangan nilai ini masih dibagi dalam dua level berdasarkan tingkat kemampuan peserta tes. Level pertama ( intermediate to advanced ) memiliki rentangan skor dari 310 sampai 677. Lalu, level kedua ( high beginning to intermediate ) menggunakan rentangan nilai dari 200-500.

Ketiga, perbedaannya adalah mengenai biaya pendaftaran kedua jenis TOEFL diatas. Biaya pendaftaran untuk TOEFL ITP adalah berkisar 350 ribuan. Sedangkan untuk TOEFL IBT sekitar USD $175 (2,3 juta). Biaya pendaftaran TOEFL IBT memang lebih mahal, dikarenakan IBT merupakan TOEFL Kelas Internasional yang bisa digunakan untuk kepentingan ke luar negeri.

Perbedaan selanjutnya adalah masalah teknis pelaksanaannya. Pada TOEFL ITP, tes dilakukan secara tertulis. Selain itu, tes ini lebih fleksibel karena tes bisa diselenggarakan sendiri oleh instansi tertentu dengan menentukan jadwalnya sendiri. Dengan penyelenggaraan yang diatur sendiri, fasilitas dan staff pun bisa berasal dari institusi tersebut, sehingga akan lebih fleksibel dan dana tidak terlalu besar. Dalam hal penilaian, institusi tersebut bisa bekerja sama dengan institusi yang menjadi jaringan resmi dari ETS. Sedangkan pada TOEFL iBT, tes dilakukan secara online dengan pengawasan ketat terkait dengan materi serta persyaratan yang harus dipenuhi. Selain itu, tes ini diselenggarakan langsung oleh oleh ETS sehingga jadwal tidak bisa fleksibel karena harus mengikuti jadwal yang telah dibuat oleh ETS sejak jauh hari. Tes ini juga bisa jadi lebih mahal dibandingkan TOEFL ITP. Penilaian pun dilakukan lebih ketat karena dilakukan secara otomatis dan manual ( diteliti oleh staff tertentu ).

Lalu, perbedaan selanjutnya adalah mengenai tujuan dan fungsinya. Dari segi tujuannya, Official TOEFL test ini digunakan untuk melihat kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa Inggris untuk keperluan melanjutkan studi dan juga bekerja di negara lain yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama dalam komunikasi. Dengan demikian, hasil dari tes ini diakui secara luas di berbagai institusi pendidikan dan instansi non-akademis. Tes ini bahkan bisa dibilang menjadi salah satu prasyarat penting bagi orang yang inginmelajutkan pendidikan dan bekerja di luar negeri. Sedangkan, ITP test lebih digunakan secara intern dan tidak bisa digunakan secara luas layaknya official TOEFL test seperti iBT test. Umumnya, ITP test lebih digunakan sebagai syarat masuk dan kelulusan dari suatu institusi pendidikan tinggi. Selain itu, tes ini juga digunakan sebagai salah satu placement test. Beberapa institusi juga menggunakan ITP test untuk melihat perkembangan peserta didiknya dalam menggunakan Bahasa Inggris, terutama yang non-verbal. Hasil dari test ini juga kadang digunakan sebagai prasyarat untuk mengajukan beasiswa pendidikan.

Perbedaan terakhir/ keenam adalah mengenai cara pendaftarannya. Untuk TOEFL ITP, Anda bisa langsung datang ke lembaga bahasa di salah satu Universitas atau lembaga bimbingan belajar yang mengadakan TOEFL ITP. Setelah itu Anda tinggal daftar dan membayar biaya pendaftaran tes. Setelah jadwal jadwal ditentukan Anda diharapkan untuk datng tepat waktu. Sedangkan, untuk TOEFL IBT pendaftaran bisa dilakukan di tempat penyelenggaraan TOEFL IBT yang ada di setiap negara (biasanya ada di ibukota negara). Jika Anda tidak sempat untuk datang ke tempat penyelengaraan, Anda tinggal mengunjungi website dari ETS (www.ets.org). Setelah masuk kedalam website, Anda diminta untuk membuat akun untuk tes TOEFL. Selanjutnya Anda mendaftar mengikuti tes dan membayar biaya pendaftraan dengan kartu kredit atau voucher. Setelah itu tes akan dijadwalkan. Sama halnya dengan TOEFL ITP, jangan sampai telat untuk datang ujian karena itu akan sangat merugikan Anda

1 thought on “Perbedaan Official TOEFL ETS iBT vs TOEFL ITP Test”

Leave a Comment