Pengertian Adverb Of Modality, List Kata, Contoh Kalimat

pengertian adverb of modality

Jenis adverb berikutnya yang akan dibahas adalah Adverb of modality. Pengertian untuk adverb ini adalah menerangkan tingkat keyakinan atau harapan terhadap suatu hal. Adapun kalimat Tanya yang tepat digunakan untuk menjawab kalimat ini adalah : how do you feel, what you feel, dan what is your feel. Sama seperti adverb untuk jenis lain, adverb of modality juga menerangkan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), dan juga adverb (kata keterangan) itu sendiri.

Ada beberapa list kata yang termasuk dalam penggunaan adverb of modality. Jenis kata tersebut berikut contoh kalimat yang mengandung adverb of modality adalah sebagai berikut:
1. Hopefully (semoga)
Contoh: Hopefully I can go to Europe one day. (semoga saya bisa pergi ke Eropa satu hari nanti)
Hopefully he could marry someone he loves. (semoga dia bisa menikahi orang yang dia cintai)

2. Likely (sangat mungkin)
Contoh: She likely gets all the things she wants. (Dia sangat mungkin memperoleh semua yang dia inginkan)
If you do not give me this, you will likely regret. (Kalau kamu tidak memberikanku ini, sangat mungkin kamu akan menyesal)

3. Perhaps (mungkin)
Contoh: Perhaps I will not follow your directions. (Mungkin saya tidak akan mengikuti arahanmu)
Perhaps the kids will copy what the parents usually do. (Mungkin anak akan meniru hal yang biasa dilakukan orang tuanya)

4. Probably (mungkin)
Contoh: John is probably getting wet because he does not bring umbrella. (John mungkin akan basah karena dia tidak membawa paying)
He will probably send me a message once he arrived home. (Dia mungkin akan mengirimiku surat sesampainya ia di rumah)

5. Unlikely (tidak mungkin)
Contoh: She unlikely gets the chance if she is lazy. (Dia tidak mungkin mendapatkan kesempatan kalau dia malas)
He will unlikely passes the exams unless he puts extra effort to study. (Dia tidak mungkin akan lulus dalam ujian kecuali dia ekstra belajar)

6. Fortunately (untunglah)
Contoh: Fortunately the rain stop before she is going out (Untunglah hujan berhenti turun sebelum dia pergi)
Fortunately the development of technology becomes borderless, it eases people to do shopping. (Untunglah perkembangan teknologi menjadi tanpa batas, itu banyak membantu orang-orang dalam belanja)

7. Maybe (mungkin)
Contoh: He comes late maybe because he trapped in the traffic jam. (Di terlambat datang mungkin karena dia terjebak dalam kemacetan lalu lintas)
Maybe I will take you home because of heavy rain. (Mungkin saya akan membawamu pulang ke rumah karena hujan deras)

8. Possibly  (mungkin)
Contoh: She will possibly do not come to your home because she has something to do. (Dia mungkin akan datang ke rumahmu karena masih memiliki tugas yang harus dikerjakan)
I could possibly attend your wedding ceremony next week. (Saya mungkin akan datang pada upacara pernikahanmu minggu depan)

Dari contoh di atas dapat dilihat pola untuk kalimat adverb of modality mengandung seberapa besar harapan akan mungkin atau tidaknya sesuatu terjadi. Dengan kata lain, terkandung harapan dan tingkat kemungkinan seberapa besar kemungkinan kejadian tersebut akan terjadi. Contoh kalimat diberikan agar pemahaman dalam penerapan kalimat mengandung adverb of modality dapat lebih terpenuhi.

 

 

Leave a Comment