Contoh Pidato Bahasa Inggris Singkat dan Artinya

Pidato merupakan cara untuk melatih kemampuan komunikasi publik dan kepercayaan diri. Hal ini dikarenakan saat melakukan pidato, kita berbicara didepan umum dan apa yang kita sampaikan pun didengar. Oleh karena itu, perlu persiapan yang matang sebelum melakukan pidato, yaitu menyusun dan menulis naskah pidato. Persiapan dilakukan supaya kita tahu apa yang akan disampaikan sehingga bisa berbicara dengan lancar. Untuk menulis teks pidato, hal yang perlu diperhatikan adalah struktur seperti pembuka, isi, penutup, dan bahasan yang sesuai dengan tema. Berikut adalah kumpulan naskah pidato bahasa Inggris dan artinya  yang bisa kalian pelajari. Selain mengetahui tentang bagaimana isi sebuah pidato, kalian juga bisa belajar kosakata bahasa inggris dan artinya.

Contents

Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris

Pembukaan pidato diperlukan sebagai perkenalan dan pengantar mengenai apa yang akan disampaikan pada audiens. Pada umumnya ada beberapa jenis pembuka pidato yang para pembicara tahu dan para pendengar sukai, yaitu

  1. Quote atau kutipan kata-kata bijak
  2. Pengungkapan fakta-fakta
  3. Pertanyaan
  4. Kejadian yang sedang berlangsung
  5. Cerita
  6. Humor

Kalian bisa menggunakan dan mencoba salah satu dari cara diatas untuk mendapatkan perhatian audiens. Berikut adalah beberapa contoh pembukaan pidato bahasa Inggris dalam bentuk teks yang padat dan jelas beserta artinya.

Contoh Pidato Bahasa Inggris

Good Morning/Afternoon/Evening,

Thank you to each and every one of you for being here with us today. We are very pleased to be able to welcome those of you that have been with us for a long time now as well as those who are new to the (group/community/association etc.)

Today marks our 10th annual group meeting and we are proud to be able to host it today here at this wonderful place with all of you.

Before we get started, I would like to express my sincere appreciation to all of you who generously helped us make this event come together to become a success. (Include the names of the individuals you wish to thank here) We couldn’t have done it without you…..

Terjemahnnya

Selamat pagi/siang/sore

Terima kasih atas kehadiran anda semua pada hari ini. Kami sangat senang bisa menyambut anda yang sudha bersama kami selama ini dan juga untuk anda yang baru bergabung ke ( organisasi/kelompok/komunitas….)

Hari ini adalah pertemuan tahunan ke sepuluh dan kami bangga bisa mengadakannya di tempat yang istimewa bersama kalian semua.

Sebelum dimulai, saya ingin mengungkapkan rasa terima kasih saya pada kalian semua yang telah membantu kami mensukseskan kegiatan ini (sebutkan nama atau orang yang ingin diucapkan terima kasih) kami tidak bisa mewujudkannya tanpa kalian

———————————————

“I’m only going to speak to you for one hour this morning. During an our hour together, someone, somewhere in America, is going to be badly injured in a house fire. By the time you begin lunch this afternoon, someone, somewhere in America, will die in a house fire. By dinner, another person will die. By the time you go to sleep, another person will die. As you sleep tonight, two more people will die.

I’m here today because I want to prevent that from happening. And I’m going to need your help.”

Terjemahannya

“Saya ingin berbicara dengan kalian selama satu jam pagi ini. Saat sejam kita bersama, seseorang, di suatu tempat di Amerika, akan terluka parah dalam kebakaran rumah. Saat kalian mulai makan siang, seseorang, di suatu tempat di Amerika, akan tewas dalam kebakaran rumah. Saat makan malam, orang lain akan tewas. Pada saat kalian pergi tidur, orang lain akan tewas. Saat kalian tidur malam ini, dua orang lagi akan tewas.

Saya di sini, hari ini,  karena saya ingin mencegah hal itu terjadi. Dan saya membutuhkan bantuan kalian. ”

————————————

“When I think about the power of what we do, having been to retirement parties, having sent those kids off to college and shown individuals how to pay for it, that’s very powerful. But nothing was more powerful than delivering a check in the face of tragedy. That mindset, for me, changed everything.”

Terjemahannya

“Ketika saya berpikir tentang kekuatan dari apa yang kita lakukan, pernah ke pesta pensiun, menyekolahkan anak-anak sampai ke perguruan tinggi dan menunjukkan kepada orang-orang bagaimana cara membayarnya, hal itu sangatlah kuat. Tetapi tidak ada yang lebih kuat dari mengirimkan sebuah cek dalam menghadapi tragedi. Pola pikir itu, bagi saya, mengubah segalanya. ”

—————————————

I’d like to begin by asking you to think about your typical weekday morning routine (pause for five seconds). I know it may be difficult, but I’d like you to try to picture what it would be like not to rush around on five-and-a-half hours of sleep every morning and enjoy a leisurely weekday morning routine instead (pause for five seconds). Today, I’m going to offer you three strategies for making the impossible possible.”

Terjemahannya

Saya ingin memulai dengan meminta Anda memikirkan rutinitas tiap pagi pada hari kerja biasa Anda (jeda selama lima detik). Saya tahu ini mungkin sulit, tetapi saya ingin Anda membayangkan bagaimana rasanya jika tidak terburu-buru untuk tidur lima setengah jam setiap pagi dan sebagai gantinya menikmati rutinitas pagi hari kerja yang santai (jeda untuk lima detik). Hari ini, saya akan memberikan tiga strategi untuk membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin. “

Membuka dengan pertanyaan

How many of you absolutely love public speaking?” (only a few people raise their hands, provoking laughter)

“How many of you actively volunteer for every chance you get to deliver a presentation?” (again, almost nobody raises their hands)

“How many of you believe it would be good for your careers if you could go into a room and deliver a knock out presentation to top leadership, key clients, or major donors?” (almost every hand goes up, demonstrating the disconnect between what they feel and what they do)

Terjemahannya

Berapa banyak dari kalian yang benar-benar suka Public Speaking? ”(Hanya beberapa orang yang mengangkat tangan, memicu tawa)

“Berapa banyak dari kalian yang secara sukarela menjadi relawan untuk setiap kesempatan yang didapat untuk menyampaikan presentasi?” (Sekali lagi, hampir tidak ada yang mengangkat tangan mereka)

“Berapa banyak dari kalian yang percaya itu akan baik untuk karier jika kalian bisa pergi ke sebuah ruangan dan memberikan presentasi yang bagus pada pimpinan atas, klien utama, atau donatur besar?” (Hampir setiap tangan terangkat, menunjukkan ketidaksinergian antara apa mereka rasakan dan apa yang mereka lakukan)

Contoh Penutup Pidato Bahasa Inggris

Dalam menyampaikan suatu pidato, tentunya diperlukan kalimat penutup untuk mengakhiri topik yang diutarakan. Maka dari itu, kalimat penutup termasuk penting dalam menyusun naskah pidato. Berikut adalah beberapa contoh kalimat untuk menutup pidato.

Conclusion atau dengan menyimpulkan topik bahasan

“In conclusion, we’ve made significant strides in protecting children. Our education campaign significantly helped increase the number of parents who use child safety seats for their children. And our work with the state legislature resulted in laws that now allow police to ticket and fine parents who don’t.

 “As a result of our work, the biggest issue is no longer making sure that parents install safety seats. Rather, it’s making sure that they do so correctly. One recent study found that as many as 90 percent of all safety seats are installed improperly, which increases the odds that a child will be unnecessarily hurt or killed in an auto accident.

 “Therefore, I’m recommending a new campaign that shifts our focus from installing safety seats to installing safety seats correctly. This new campaign would encourage parents to use a state- approved installer instead of trying to install the seat themselves. I believe this is the logical next step in our efforts to protect kids in our state, and that this strategy shift will yield tremendous results.”

Terjemahannya

“Sebagai kesimpulan, kami telah membuat langkah signifikan dalam melindungi anak-anak. Kampanye pendidikan kami secara signifikan membantu meningkatkan jumlah orang tua yang menggunakan kursi keselamatan anak untuk anak-anak mereka. Dan pekerjaan kami dengan badan legislatif menghasilkan undang-undang yang memungkinkan polisi untuk menilang orang tua yang tidak memasang kursi pengaman anak-anak.

“Sebagai hasil dari pekerjaan kami, masalah terbesar adalah tidak lagi menjamin bahwa orang tua memasang kursi pengaman. Sebaliknya, itu menjamin bahwa mereka melakukannya dengan benar. Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa sebanyak 90 persen dari semua kursi keselamatan dipasang secara tidak benar, yang meningkatkan kemungkinan anak akan terluka atau meninggal dalam kecelakaan mobil.

“Oleh karena itu, saya merekomendasikan kampanye baru yang mengubah fokus kami dari memasang kursi pengaman ke memasang kursi pengaman dengan benar. Kampanye baru ini akan mendorong orang tua untuk menggunakan pemasang yang disetujui negara daripada memasang kursi sendiri. Saya percaya ini adalah langkah logis berikutnya dalam upaya kami untuk melindungi anak-anak di negara kami, dan mengingat perubahan strategi ini akan menghasilkan hasil yang luar biasa. “

Memberi pesan amanat dengan fakta yang diulas di awal cukup dengan kalimat pengantar yang singkat dan pendek sehigga tidak terkesan bertele-tele.

“We’ve been together nearly an hour. That means that someone, somewhere in America, was just badly injured in a house fire. And we’re an hour closer to lunch, which means someone is about to perish in a house fire.

 “Your work matters. Because of your passion, you’re going to prevent someone from getting hurt. You’re going to spare a family from having to mourn a husband, a wife, a sister, a brother, or a child. And next year, when we meet again, I hope that because of your work, I’m unable to open my speech with the same tragic statistics that I used at the beginning of today’s session.”

Terjemahannya

“Kami sudah bersama hampir satu jam. Itu berarti bahwa seseorang, di suatu tempat di Amerika, baru saja terluka parah dalam kebakaran rumah. Dan kita satu jam lebih dekat ke makan siang, yang berarti seseorang akan musnah dalam kebakaran rumah.

“Upaya anda itu penting. Karena tekad Anda, Anda akan mencegah seseorang terluka. Anda akan menghindarkan keluarga dari keadaan duka akan kehilangan suami, istri, saudara perempuan, saudara laki-laki, atau anak. Dan tahun depan, ketika kita bertemu lagi, saya berharap bahwa karena pekerjaan Anda, saya tidak dapat membuka pidato saya dengan statistik tragis yang sama yang saya gunakan pada awal sesi hari ini. “

Callback atau Mengulas Kembali

“Earlier today, you learned that immediately after seeing twenty photographs, people remembered an average of only five. Therefore, I know that you’re probably going to forget many of the different tips and techniques you learned today. So even if you forget everything else from today’s session, I’d like to conclude by reminding you of the three most important things you should remember before every presentation you ever give. They are…”

Terjemahannya

“Hari ini, kalian mengetahui bahwa sesaat setelah melihat dua puluh foto, orang-orang mengingat rata-rata hanya lima foto. Oleh karena itu, saya tahu kalian mungkin akan melupakan banyak cara dan teknik yang dipelajari hari ini. Jadi, bahkan jika kalian lupa hal lain dari sesi hari ini, saya ingin menyimpulkan dengan mengingatkan tentang tiga hal paling penting yang harus Anda ingat sebelum setiap presentasi yang akan disampaikan, yaitu… “

===========================================

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Pendidikan

Pidato Tentang Pendidikan

Pidato tentang pendidikan biasanya berisi tentang ajakan untuk terus belajar dan mengasah kemampuan diri. Pendidikan adalah faktor penting untuk mengangkat kualitas diri kita. Berikut adalah contoh naskah pidato bahasa inggris tentang pendidikan yang disampaikan dengan padat dan jelas.

Importance of Education

A very Good Morning to ladies and gentlemen present here. I am honored for being given the opportunity to speak on the topic – “Importance of Education”.

To begin with, ladies and gentlemen, the term “Education” needs no introduction. We all are well aware of what it means, since our childhood. In a lay man’s term education refers to an ability to read or write in mother tongue; though, in a broader perspective it implies having a specialized knowledge in a particular field. For examples are arts, science, engineering, medicine, accountancy etc.

The Latter skills are mostly acquired through formal education, which is classroom based and is provided by trained teachers. The basic education skills, on the other hand, not necessarily be acquired in class rooms, but could also be gained through, community classes or even at home.

Education plays a vital role in the life of everyone- from a daily wage labour to a top ranking CEO of any XYZ multinational company. Though the level of education acquired differs in both the cases, nevertheless, the importance of education is very well understood by both of them. One knows that she or he is destined to be a labour for life, because of the lack of education, while the other is thankful that she or he acquired the best formal education, which has helped him/her reach where she or he is.

However the advantage of basic education, even in the life of people engaged in unskilled menial jobs, can’t be denied. An ability to read, write and do simple calculations, make them independent, confident and less susceptible to fraud, irrespective of whether he or she is a daily wage labor or a rickshaw puller or a small farmer. Education liberates their thoughts and actions, making them capable of wisely using the resources available and progressing gradually.

Besides, all the technical aspects, education also transform the personality of an individual. It makes a person more polite and sensible. An educated person can interact better with others, or can even argue logically, when needed. She or he can analyze a person, place, thing or event in a better way and make appropriate judgments. Education changes a person’s perception of looking at others and the society, making him/her more rational or reasonable. She or he is more likely to be compassionate towards problems faced by the individuals and the society as well, and give opinions or suggestions.

Education not only benefits individuals but, also has the potential for transforming a nation by putting it on the path of progress and growth. Every citizen is a pillar of the nation and a nation rests on billions of such pillars. The more educated the pillars are, the more strong will be the nation’s foundation.

An educated person initiates a chain reaction so that she or he makes sure that their children are educated as well, making way for an educated society, an educated society makes way for an educated nation an lastly an educated nation finally leads to an educated world. The educated workforce that a nation has contributes immensely in its own economy as well as to the economy of the world.

Education not only reforms the life of an individual and economy of a nation, but also transforms a society by diminishing centuries old social evils like child marriage, child labor, gender discrimination etc. These all are main hindrances to any nation’s prosperity and growth, and they all could be killed by only one weapon – education. An educated society is more like to break free from orthodox customs and traditions, and move forward towards a better tomorrow.

Education also is the most potent tool to eliminate two of the major challenges faced by any nation and even the world – poverty and unemployment. An educated person acquires necessary skills, which make him or her employable or gainfully engaged. She or he can be gainfully employed in government or private sector or could be self employed. In both the cases, she or he becomes financially independent and self sufficient to meet the demands of his or her family. Thus, education is a two pronged spear, killing both unemployment and poverty, in one shot.

Last but not the least, another beauty of education is that, it could be acquired at any age, irrespective of your caste, beliefs, gender or religion. All you need to have is a desire to get educated, somewhere deep inside your consciousness. The world has many examples, where people have acquired formal education even in later stages of their lives and enjoyed its rewards.

Before I end my speech, ladies and gentlemen; I would like to request you all, to make all the possible efforts to spread education, within your individual capacities. Volunteer to teach in your spare time, inspire and help the underprivileged in gaining education, volunteer with an NGO working for the cause of education etc. There are so many things; you could do to make the nation more and more educated, as much as your resources and time permit you.

With this I end my speech. Wishing everyone, all the very best in your individual careers, aspirations and personal life. Thank You!

Terjemahannya

Pentingnya Pendidikan

Selamat Pagi untuk hadirin sekalian. Saya merasa terhormat karena diberi kesempatan untuk menyampaikan topik tentang – “Pentingnya Pendidikan”.

Pertama, bapak dan ibu sekalian, istilah “Pendidikan” tidak perlu diperkenalkan. Kita semua sangat menyadari apa artinya sejak dini. Dalam istilah awam, pendidikan mengacu pada kemampuan membaca atau menulis dalam bahasa ibu; Namun, dalam perspektif yang lebih luas, ini menyiratkan tentang penguasaan pengetahuan khusus dalam bidang tertentu. Contohnya yaitu bidang seni, sains, teknik, kedokteran, akuntansi, dll.

Keterampilan Latter sebagian besar diperoleh melalui pendidikan formal, yang berbasis kelas dan diajar oleh guru yang terlatih. Keterampilan pendidikan dasar, di sisi lain, tidak harus diperoleh di ruang kelas, tetapi juga bisa diperoleh melalui, komunitas atau bahkan di rumah.

Pendidikan memainkan peranan penting dalam kehidupan semua orang – mulai dari buruh berupah harian hingga CEO peringkat teratas dari perusahaan multinasional XYZ mana pun. Meskipun tingkat pendidikan yang diperoleh berbeda di kedua pihak tersebut, namun, pentingnya pendidikan sangat dipahami oleh keduanya. Yang satu tahu bahwa ia ditakdirkan untuk menjadi pekerja seumur hidup, karena kurangnya pendidikan, sementara yang lain bersyukur bahwa ia memperoleh pendidikan formal terbaik, yang telah membantunya mencapai di mana dia berada.

Meskipun demikian, keuntungan dari pendidikan dasar, bahkan dalam kehidupan orang yang terlibat dalam pekerjaan kasar dan tidak terampil, tidak dapat ditolak. Kemampuan membaca, menulis, dan melakukan perhitungan sederhana, menjadikannya mandiri, percaya diri, dan kurang rentan terhadap penipuan, terlepas dari apakah ia buruh harian atau penarik becak atau petani kecil. Pendidikan membebaskan pikiran dan tindakan mereka, membuat mereka mampu secara bijak menggunakan sumber daya yang tersedia dan berkembang secara bertahap.

Selain itu, semua aspek teknis, pendidikan juga mengubah kepribadian seseorang. Itu membuat seseorang lebih sopan dan logis. Seseorang yang berpendidikan dapat berinteraksi lebih baik dengan orang lain, atau bahkan dapat berdebat secara logis, saat dibutuhkan. Ia dapat menganalisis seseorang, tempat, benda atau peristiwa dengan cara yang lebih baik dan membuat keputusan yang tepat. Pendidikan mengubah persepsi seseorang tentang memandang orang lain dan masyarakat, membuatnya lebih rasional atau masuk akal. Ia lebih cenderung berbelas kasih terhadap masalah yang dihadapi oleh individu dan masyarakat, dan memberikan pendapat atau saran.

Pendidikan tidak hanya bermanfaat bagi seorang individu tetapi juga memiliki potensi untuk mengubah suatu bangsa dengan menempatkannya di jalur kemajuan dan pertumbuhan. Setiap warga negara adalah pilar bangsa dan negara bergantung pada miliaran pilar seperti itu. Semakin banyak pilar yang terdidik, semakin kuat fondasi negara tersebut.

Seseorang yang berpendidikan berusaha membuat lingkungan dan keluarga berpendidikan sehingga ia memastikan bahwa anak-anak mereka juga terdidik, memberi jalan bagi masyarakat yang berpendidikan, masyarakat yang berpendidikan memberi jalan bagi bangsa yang berpendidikan, akhirnya bangsa yang berpendidikan akhirnya mengarah ke dunia yang berpendidikan. Tenaga kerja terdidik yang dimiliki suatu bangsa sangat berkontribusi dalam perekonomiannya sendiri dan ekonomi dunia.

Pendidikan tidak hanya mengubah kehidupan individu dan ekonomi suatu negara, tetapi juga mengubah masyarakat dengan mengurangi kejahatan sosial berabad-abad seperti perkawinan anak, buruh anak, diskriminasi gender, dll. Semua ini merupakan hambatan utama bagi kemakmuran dan pertumbuhan negara mana pun, dan hal itu bisa dibunuh hanya dengan satu senjata – pendidikan. Masyarakat yang berpendidikan lebih suka membebaskan diri dari kebiasaan dan tradisi ortodoks, dan bergerak maju menuju hari esok yang lebih baik.

Pendidikan juga merupakan alat paling ampuh untuk membasmi dua tantangan utama yang dihadapi oleh negara mana pun dan bahkan dunia – kemiskinan dan pengangguran. Seseorang yang berpendidikan memperoleh keterampilan yang diperlukan, yang membuatnya dapat dipekerjakan atau terlibat secara kemampuan. Ia dapat dipekerjakan secara di sektor pemerintah atau swasta atau dapat bekerja sendiri. Dalam kedua kasus tersebut, ia menjadi mandiri secara finansial dan mampu untuk memenuhi tuntutan keluarganya. Dengan demikian, pendidikan adalah tombak bercabang dua, membunuh  pengangguran maupun kemiskinan, dalam satu lemparan.

Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya yaitu keindahan lain dari pendidikan adalah bahwa hal itu dapat diperoleh pada usia berapa pun, terlepas dari kasta, keyakinan, jenis kelamin atau agama Anda. Yang perlu Anda miliki hanyalah keinginan untuk mendapatkan pendidikan, tekad yang sangat tertanam dalam kesadaran Anda. Dunia memiliki banyak contoh, di mana orang telah memperoleh pendidikan formal bahkan dalam tahap akhir kehidupan mereka dan menikmati hasilnya.

Sebelum saya mengakhiri pidato saya, hadirin sekalian; Saya ingin meminta Anda semua, untuk melakukan semua upaya apa pun untuk menyebarluaskan pendidikan, dalam kapasitas pribadi Anda. Mungkin bisa menjadi sukarelawan untuk mengajar di waktu luang, menginspirasi dan membantu mereka yang kurang mampu dalam mendapatkan pendidikan, menjadi sukarelawan pada suatu LSM yang bekerja untuk tujuan pendidikan, dll. Ada banyak hal; Anda bisa lakukan untuk membuat bangsa ini semakin terdidik, sebanyak sumber daya dan waktu yang membuat anda melakukannya.

Itulah yang dapat saya sampaikan. Saya mendoakan semoga semuanya mendapatkan hal terbaik dalam karir, aspirasi, dan kehidupan anda sekalian. Terima kasih

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Ibu

Pidato tentang Ibu

Ibu adalah sosok yang paling berjasa bagi setiap orang. Hal ini karena kita dilahirkan oleh sosok seorang Ibu yang mengandung selama kurang lebih 9 bulan 10 hari. Perjuangan dan pengorbanannya dalam merawat anak tidak bisa dibayar oleh apapun. Maka dari itu, hal yang perlu kita lakukan adalah dengan senantiasa menghargai dan menghormatinya. Berikut adalah contoh teks pidato bahasa inggris singkat tentang Ibu pada hari Ibu.

Respected Principal, Honorary Managing Committee, Respected Teachers, Loving Mothers and My Dear Fellow Students – Good Morning to one and all!

Today, on such a special occasion of Mother’s day, I welcome everyone to the school auditorium. Being a headmaster of this school, I have been given this wonderful opportunity by the managing committee to deliver a speech on Mother’s Day. I feel greatly privileged and want to thank the committee for giving me this honor. However, once I finish my speech any fellow student of mine can come and join me on stage to express his/her feelings.

It feels really good to see all the children’s mothers under one roof and the atmosphere has become so vibrant with their presence. We all know that December 22 is dedicated to all the mothers and hence is celebrated as Mother’s Day. So it is the best time for all the children to express their love and gratitude towards their mothers and make them feel special through special ways. It goes without saying that our mother is the most important relationship that God gifts us with; she is someone who makes our lives fulfilling and worth living. The special connection and bonding that we share with her cannot be described in words. She is the one who showers unconditional love on us and nurtures our lives through her valuable lessons and teachings. She helps us find the right path when we stumble and with her support we can overcome any difficulties of life. Her blessings remove the stumbling blocks from our path and help us accomplish our goals.

So does it not become our duty to listen to our mothers patiently and give them due importance in our lives?

There have been many philosophers who raised a mother’s position to the level of deities and compared her to the goddess. This is in fact quite true as she gives us birth and is the reason behind our existence on this earth. She is responsible for making our lives beautiful and meaningful. So someone who adds so many colors to our lives, does it not become our responsibility as children to make her feel loved and special in many ways? However, she doesn’t expect grand things from us, just a thoughtful gesture that can make her realize her importance in our lives.

So don’t miss today’s time and tell her how special she is for you and that she is really like a priceless gift in your life. Celebrate this day with your mother and make sure that by the end of this day she knows how much dear she is to you.

Sometimes, we forget the struggle and pain of our mothers in raising us and inadvertently hurt her through our actions. Always remember that our mothers will never share her days of struggles with us, but in many ways we can always try to ease her burden and help her in her work. I am sure you all will agree to the fact that she is like an angel in disguise, who is continuously praying for our better lives and showering us with her love and kindness.

So let’s come together and make this moment a special one for her. Thank You!

Terjemahannya

Yang saya hormati Kepala Sekolah dan Komite Pelaksana Kehormatan beserta Guru-guru, Ibu-Ibu yang Penuh Kasih dan Siswa-Siswa yang saya sayangi  – Selamat Pagi semuanya!

Hari ini, di acara istimewa hari Ibu, saya menyambut semua orang ke auditorium sekolah. Menjadi kepala sekolah disini, saya mendapat kesempatan luar biasa dari panitia pelaksana untuk menyampaikan pidato pada Hari Ibu. Saya merasa sangat beruntung dan ingin mengucapkan terima kasih kepada panitia karena telah memberikan saya kehormatan ini. Namun, begitu saya menyelesaikan pidato saya, setiap siswa dapat maju dan bergabung dengan saya di panggung untuk mengekspresikan perasaannya.

Rasanya sangat menyenangkan melihat semua ibu para siswa berada di bawah satu atap dan suasananya menjadi sangat meriah dengan kehadiran mereka. Kita semua tahu bahwa tanggal 22 Desember  didedikasikan untuk semua ibu sehingga dirayakan sebagai Hari Ibu. Jadi ini adalah waktu tepat bagi semua murid untuk mengungkapkan cinta dan rasa terima kasih mereka kepada ibu mereka dan membuat mereka merasa istimewa melalui cara-cara yang istimewa pula. Tak perlu dikatakan bahwa ibu adalah hubungan paling penting yang Tuhan berikan kepada kita; dia adalah seseorang yang membuat hidup kita memuaskan dan layak untuk dijalani. Oleh karena itu, hubungan dan ikatan istimewa yang kami bagikan dengannya tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Dia adalah orang yang menghujani kita  dengan kasih sayang tanpa syarat dan mendidik kita melalui pelajaran dan ajarannya yang berharga. Dia membantu kita menemukan jalan yang benar ketika kita tersandung dan dengan dukungannya kita dapat mengatasi kesulitan hidup. Doa doanya memusnahkan penghalang dari hidup kita dan membantu kita mencapai tujuan.

Jadi bukankah sudah menjadi suatu kewajiban untuk mendengarkan ibu kita dengan sabar dan memberi mereka arti penting dalam kehidupan kita?

Ada banyak filsuf yang mengangkat posisi ibu ke tingkat dewa dan membandingkannya dengan dewi. Fakta ini cukup benar ketika dia melahirkan kita dan merupakan alasan di balik keberadaan kita di bumi ini. Dia bertanggung jawab untuk membuat hidup kita indah dan bermakna. Jadi ibu adalah seseorang yang menambahkan begitu banyak warna dalam kehidupan kita, dan bukankah menjadi tanggung jawab kita sebagai anak untuk membuatnya merasa dicintai dan istimewa dalam banyak hal? Namun, dia tidak mengharapkan hal-hal besar dari kita, hanya  gestur penuh manka yang dapat membuatnya menyadari betapa penting dirinya dalam hidup kita.

Jadi, jangan lewatkan waktu hari ini dan katakan padanya betapa istimewanya dia bagi kalian dan bahwa ia benar-benar seperti hadiah tak ternilai dalam hidup kalian. Rayakan hari ini dengan ibumu dan pastikan bahwa di penghujung hari ini dia tahu betapa kamu sangat menyanginya

Terkadang, kita melupakan perjuangan dan rasa sakit ibu dalam membesarkan kita dan secara tidak sengaja menyakitinya melalui tindakan kita. Ingatlah bahwa ibu kita tidak akan pernah berbagi perjuangannya dengan kita, tetapi dalam banyak hal kita selalu dapat mencoba meringankan bebannya dan membantunya dalam setiap pekerjaan. Saya yakin kalian semua setuju pada kenyataan bahwa dia seperti malaikat yang menyamar, yang terus berdoa untuk kehidupan kita yang lebih baik dan menghujani kita dengan kasih sayang dan kebaikannya.

Jadi mari rayakan Hari Ibu dan jadikan momen ini spesial untuknya.

Terima kasih!

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Narkoba

Pidato Tentang Narkoba

Narkoba adalah barang terlarang yang tidak boleh digunakan karena banyak mengandung obat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang terjebak dalam narkoba meskipun awalnya hanya untuk coba-coba. Dengan alasan apapun, penggunaan narkoba adalah tidak dibenarkan terlebih sudah ada undang-undang yang mengaturnya. Berikut ini adalah contoh teks pidato bahasa inggris tentang narkoba untuk menyadarkan para pemuda bahwa narkoba itu jahat dan dilarang.

Honorable Principal, Vice Principal, Fellow Colleagues and My Dear Students – Warm Greetings to you all!

Firstly, I would like to extend a note of thank you to our respected Principal and Vice Principal for gracing this speech ceremony with their presence and giving their approval too. And, to all the fellow teachers – as without your support this event wouldn’t have been possible. I would also like to congratulate our dear students for making the desired arrangement on a short notice.

The topic for today’s speech is Drug Abuse! I have chosen to speak on this topic because these days I observe many campaigns being run on Drug Abuse in order to teach the people about its ill effects. As a teacher, it also becomes my responsibility to help them spread the message wherever we can and most importantly beginning from our very own school.

Drug abuse is considered one of the banes of our so called civilized society. It has affected all the sections and regions of our society. People with the illicit use of drug are found everywhere, i.e. in urban and rural regions, among men and women, among rich and poor. But it is exceedingly practiced by our young girls and boys living in hostels in nearly all technical and educational institutions.

The grave situation of drug abuse is prevalent across the world and unfortunately our very country India is more strongly affected by it. Our country is a transit country because it is placed between the Golden Triangle consisting of Burma, Thailand and Cambodia, including Golden Crescent consisting of Afghanistan, Pakistan and Iran – the places where most of the drugs, chiefly heroin and opium are produced. Pakistan is undeniably the nucleus of the world when it comes to any unlawful activity and as far as the drug production is concerned – it is the hub. In fact, a big proportion of drugs go by India in order that it can be exported to other countries.

This happens through the network of drug mafia who further has connections with formidable smugglers as well as terrorists. In the process, unfortunately several young men as well as women become victims to this diabolic activity. Pakistan with the help of ISI is involving itself in a proxy war in the region of Kashmir against India through money earned with the help of drug mafia. Thus, terrorism and drugs share very strong connections.

This addiction to drug is so deadly that people fall prey to its use and become almost a slave. If a person doesn’t get its regular dose, then that person starts feeling a lack of it and becomes depressed with severe pain which even leads to a lack of sensation in arms and legs. Drugs are of various kinds, such as heroin, opium, charas, ganja, etc.

There are some injections too which lead to a state of severe drowsiness. In case, a drug-addict is not able to receive the required dose of drug when needed, then he/she would be ready to do anything for it even by resorting to unfair means, such as theft or may be hurting someone physically, etc.

I therefore request everyone to strictly say ‘No’ to drugs and get such people admitted to rehabilitation centers where their conditions can be improved before it gets horrible and proves fatal for that person.

Thank You!

Terjemahannya

Yang saya hormati Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah,

Yang saya hormati Rekan-rekan Guru

an Siswa-Siswa Saya yang saya sayangi dan saya banggakan –

Salam Hangat untuk Anda semua!

Pertama, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah karena telah menghadiri acara pada hari ini. Dan, untuk semua rekan guru – karena tanpa dukungan Anda acara ini tidak akan mungkin terselenggara. Saya juga ingin memberi selamat kepada para siswa karena membuat penataan yang diinginkan dengan pemberitahuan singkat.

Topik untuk pidato hari ini adalah Penyalahgunaan Narkoba! Saya memilih untuk menyampaikan topik ini karena akhir-akhir ini saya mengamati banyak kampanye yang digalakkan tentang Penyalahgunaan Narkoba untuk mengajarkan orang-orang tentang efek buruknya. Sebagai seorang guru, itu juga menjadi tanggung jawab saya untuk membantu  menyebarkan pesan tersebut di mana pun kita bisa dan yang paling penting dimulai dari sekolah kita sendiri.

Penyalahgunaan narkoba dianggap sebagai salah satu larangan dari tatanan masyarakat di era sekarang. Itu telah mempengaruhi semua bagian dan wilayah masyarakat kita. Orang-orang dengan penggunaan obat terlarang tersebut bisa ditemukan di mana-mana, yaitu di daerah perkotaan dan pedesaan, baik pria maupun wanita, dan baik kaya maupun miskin. Tetapi hal ini cenderung dilakukan oleh generasi muda kita yang tinggal di asrama di hampir semua lembaga teknis dan pendidikan.

Situasi buruk penyalahgunaan narkoba sudah lazim di seluruh dunia dan sayangnya negara kita, India, lebih terpengaruh oleh obat terlarang itu. Hal ini disebabkan karena negara kita adalah negara transit yang terletak di Segitiga Emas yang terdiri dari Burma, Thailand, dan Kamboja, dan juga di Bulan Sabit Emas yang terdiri dari Afghanistan, Pakistan, dan Iran – tempat-tempat di mana sebagian besar obat-obatan, terutama heroin dan opium diproduksi. Pakistan tidak dapat disangkal lagi adalah inti dunia dalam hal aktivitas yang melanggar hukum dan terkait produksi obat – itu adalah pusatnya. Bahkan, sebagian besar obat-obatan dikirim ke India agar dapat diekspor ke negara lain.

Ini terjadi melalui jaringan mafia narkoba yang selanjutnya memiliki koneksi dengan penyelundup hebat dan teroris. Dalam prosesnya, sayangnya beberapa pria muda dan wanita menjadi korban dari aktivitas jahat ini. Pakistan dengan bantuan ISI terlibat dalam perang proksi di wilayah Kashmir melawan India melalui uang yang diperoleh dengan bantuan mafia narkoba. Dengan demikian, terorisme dan narkoba memiliki koneksi yang sangat kuat.

Kecanduan narkoba adalah tindakan yang mematikan karena orang bisa jatuh sebagai mangsa dari narkoba dan menjadi tunduk padanya. Saat seseorang tidak mendapatkan dosis regulernya, maka orang itu mulai merasa kurang dan menjadi depresi dengan rasa sakit yang parah yang bahkan mengakibatkan nyeri pada lengan dan kaki. Obat-obatan terlarang banyak macamnya seperti heroin, opium, charas, ganja, dll.

Ada beberapa suntikan juga yang menyebabkan kondisi kantuk parah. Dalam suatu kasus, seorang pecandu narkoba tidak dapat menerima dosis obat yang ia butuhkan ketika mengonsumsinya, maka dia akan siap untuk melakukan apa pun untuk memenuhi itu bahkan dengan menggunakan tindakan kriminal, seperti pencurian atau mungkin menyakiti seseorang secara fisik, dll. .

Maka dari itu saya meminta setiap orang untuk dengan tegas mengatakan ‘Tidak’ terhadap Narkoba dan menyerahkan para penggunanya untuk dirawat di pusat rehabilitasi di mana kondisi mereka dapat ditingkatkan sebelum menjadi mengerikan dan berakibat fatal bagi orang tersebut.

Terima kasih!

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Perpisahan

Perpisahan adalah fase hidup dimana kita mungkin tidak bertemu lagi dengan orang yang kita kenal atau kita sayang. Namun, perpisahan juga bisa berarti bahwa kita tidak bertemu untuk jangka waktu tertentu karena suatu kesibukan. Salah satu contoh perpisahan adalah saat kelulusan sekolah dimana kita berpisah dengan teman-teman dan mulai melanjutkan hidup dengan pilihan masing-masing. Berikut adalah contoh naskah pidato pendek berbahasa inggris tentang perpisahan sekolah yang disampaikan dalam upacara kelulusan.

Helping Others is the Real Victory

Good morning Saklan Valley School: Students, Teachers, Parents, Guests, and Graduates:

Last week I had the good fortune to attend a screening of the new movie Cars, as the guest of one of our wonderful new Pixar families here at Saklan. No, I am not going to tell you the ending– it is a secret– but I am going to recommend you see it this summer, and I am going share with you one of the movie’s important themes: that being a good friend, and helping others, are far more important than anything else.

This is an important message in any year, but perhaps particularly so this school year, which marked both the occasion of both the century of the terrible San Francisco earthquake and fire, and of course, the horrible devastation of Hurricane Katrina.

Like the youth of so many schools across the country, so did our students respond with an intense desire and determination to help and make a difference.  Martin Luther King Jr. used to say that “Life’s most urgent question is ‘What are you doing for Others?’”  Our students answered that question, collecting clothes, toys, and funds– even running their own lemonade stand to fundraise– to help the people of Louisiana.   At Saklan, students continually learn and put into practice the message that in just a couple of minutes, our youngest students, the Rainbow Kids, Honey Bears, Sun  Bears and Kindergarteners will sing for you: “I can change the world/ with my own two hands; I can make a better place/ with my own two hands!”

Our graduates today have changed the world and made it a better place already, leading family groups, inspiring our younger students, and serving as reading buddies to the students of Rise Elementary in East Oakland.  Graduates, I know you believe, as President Clinton once said, that “We cannot build our own future without helping others to build theirs.”

Like Lightning McQueen, the speedy red race car who headlines the new Pixar movie, you graduates have both the machinery and the motivation to advance swiftly into the lead of whatever field in which you will compete– and like Lightning McQueen, you will never forget that friendship and helping others is just as important as winning those races.  Congratulations, Saklan Graduates!

Terjemahannya

Membantu Orang Lain adalah Kesuksesan Sejati

Selamat pagi Sekolah Saklan Valley: Siswa, Guru, Orangtua, Tamu, dan Lulusan:

Minggu lalu saya mendapat keberuntungan untuk menghadiri pemutaran film Cars yang baru, sebagai tamu dari salah satu keluarga Pixar di Saklan. Tidak, saya tidak akan memberi tahu akhir kisah dari film itu – itu adalah rahasia – tetapi saya akan merekomendasikan Anda melihatnya pada musim panas ini, dan saya akan membagikan kepada Anda salah satu tema penting film ini: menjadi teman yang baik, dan membantu orang lain, jauh lebih penting dari apapun.

Ini adalah pesan penting untuk setiap tahun, tetapi mungkin khususnya pada tahun ajaran ini, yang menandai peristiwa besar berupa gempa bumi dan kebakaran di San Francisco yang mengerikan, dan tentu saja, kehancuran yang mengerikan dari Badai Katrina.

Seperti anak muda dari begitu banyak sekolah di semua negara, siswa kami pun merespons dengan keinginan dan tekad yang kuat untuk membantu dan membuat perbedaan. Martin Luther King Jr. biasa mengatakan bahwa “Pertanyaan paling mendesak dalam hidup adalah ‘Apa yang kamu lakukan untuk orang lain?’” Siswa kami menjawab pertanyaan itu, seperti mengumpulkan pakaian, mainan, dan dana – bahkan mengelola kios limun sendiri untuk menggalang dana – untuk membantu orang-orang Louisiana. Di Saklan, siswa secara berlanjut belajar dan mempraktekkan pesan yang baru saja dalam beberapa menit, siswa-siswa termuda kami, the Rainbow Kids, Honey Bears, Sun  Bears dan TK akan bernyanyi untuk Anda: “Saya dapat mengubah dunia / dengan tangan saya sendiri; Saya bisa membuat tempat yang lebih baik / dengan dua tangan saya sendiri! ”

Lulusan kami hari ini telah mengubah dunia dan menjadikannya tempat yang lebih baik, memimpin kelompok keluarga, menginspirasi para siswa kami yang lebih muda, dan melayani sebagai teman membaca bagi para siswa Sekolah Dasar Rise di Oakland Timur. Para Lulusan, saya tahu Anda percaya, seperti yang pernah dikatakan Presiden Clinton, bahwa “Kita tidak dapat membangun masa depan kita sendiri tanpa membantu orang lain membangun masa depan mereka.”

Seperti Lightning McQueen, mobil balap merah cepat yang menjadi berita utama film Pixar yang baru, Anda para lulusan memiliki baik mesin maupun motivasi untuk maju dengan cepat dalam memimpin bidang apa pun di mana Anda akan bersaing – dan seperti Lightning McQueen, Anda tidak akan pernah lupa bahwa persahabatan dan membantu orang lain sama pentingnya dengan memenangkan balapan itu. Selamat, Para Lulusan Saklan!

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Lingkungan

Pidato Tentang Lingkungan

Lingkungan merupakan faktor penting untuk mendukung kehidupan makhluk hidup. Maka dari itu kita harus senantiasa menjaga kelestarian lingkungan. Berikut adalah contoh pidato bahasa Inggris tentang lingkungan

Respected CEO, Respected Managers, Dear Colleagues (Supervisors) and Dear Factory Staff!

As we have gathered here to celebrate the ‘World Environment day’, I’ve been given this opportunity to share the statistics in regards to environment conservation. But before that, I would share my views and facts about environment.

Our environment is a very crucial part of our lives.  It is the main source of living as we get food, water, air from the environment. In fact, environment is what sustains us and where we breathe and live every moment. Thus, the quality of our life depends majorly on our environment.

In earlier days, people lived in harmony, adapting themselves to the environment; but in the modern era we are attempting to mould the environment according to our need and convenience thereby ultimately harming ourselves indirectly in the long run. Latest technological advancements in the field of science have made us more empowered, of which I think we are taking undue advantage, by utilizing the environment resources indiscriminately and giving it nothing in return, but harmful chemicals and pollution.

These results into environmental problems across the globe, creating issues such as deforestation, loss of biodiversity, air pollution, river pollution due to the inflow of poisonous chemicals, waste materials, garbage, plastics, etc., global warming and weakening of ozone layer, diminution of underground water, oil and gas reserves and natural resources such as minerals, growth of poisonous gases, pollution, smog, etc. in the air.

It is quite evident that because of our unchecked actions we have disturbed the ecological balance of our environment and hence are facing these issues. This is high time when we should take some strict actions in order to preserve environment and make our place a better place to live in for our next generations.

How?

Well, the first step would be to adapt our process of manufacturing and domestic product usage in harmony with the environment. More of regenerative, reusable and recyclable techniques must be used in manufacturing units, etc. Advanced countries are more liable contributors to the Global environmental problems; thus government of such countries and the UNO (United Nations Organization) must take precautionary measures at a global level. Also, long term plan and close monitoring of actions of the manufacturing units is required; youth must be educated to respect and live in harmony with environment rather than experimenting and exploiting it.

Each one of us must be mindful to protect the environment as global warming is a serious issue leading to advanced level of environmental pollution which is detrimental to health. Natural resources and forests must be preserved in order to control drought and flood. Pesticides must be used in a limited manner and the soil must be saved from contamination.

The waste of vegetables and fruits can be converted into fertilizers and shouldn’t be dumped into ponds, etc. By taking care of our small actions like saving drinking water, usage of jute, cloth, paper bags, recycling the waste products, etc. We can still save our environment from deteriorating completely.

I hope from now on, we all will implement these measures in our day-to-day lives and do every bit to protect our environment.

Thank You!

Terjemahannya

Yang saya hormati CEO, Manajer, Rekan Kerja (Pengawas), dan Staf Pabrik…

Karena kita berkumpul di sini untuk merayakan ‘Hari Lingkungan Dunia’, saya telah diberi kesempatan untuk melaporkan statistik terkait pelestarian lingkungan. Tapi sebelum itu, saya akan berbagi opini saya dan fakta tentang lingkungan.

Lingkungan adalah bagian yang terpenting dalam kehidupan kita. Ini adalah sumber utama kehidupan karena kita mendapatkan makanan, air, udara dari lingkungan. Padahal, lingkungan adalah aspek yang menopang kita dan tempat kita bernafas dan hidup setiap saat. Dengan demikian, kualitas hidup kita bergantung banyak pada lingkungan kita.

Di era sebelumnya, orang hidup dalam harmoni, menyesuaikan diri dengan lingkungan; tetapi di era modern kita berusaha membentuk lingkungan sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita sehingga pada akhirnya merusak diri kita secara tidak langsung. Kemajuan teknologi terbaru di bidang sains telah membuat kita lebih berdaya, yang saya pikir kita mengambil keuntungan yang tidak semestinya, dengan memanfaatkan sumber daya lingkungan tanpa memilahnya dan tanpa memberikan timbal balik apa pun, kecuali bahan kimia berbahaya dan polusi.

Hal ini mengakibatkan masalah lingkungan di seluruh dunia, menciptakan masalah seperti deforestasi, hilangnya keanekaragaman hayati, polusi udara, polusi sungai karena masuknya bahan kimia beracun, bahan limbah, sampah, plastik, dll., Pemanasan global dan melemahnya lapisan ozon, pengurangan air bawah tanah, cadangan minyak dan gas dan sumber daya alam seperti mineral, berkembangnya gas beracun, polusi, asap di udara.

Itu sudah cukup terbukti bahwa karena tindakan kita yang tidak terkendali, kita telah mengganggu keseimbangan ekologis lingkungan kita dan karenanya menghadapi masalah-masalah ini. Ini adalah saat yang tepat karena kita harus mengambil tindakan tegas untuk melestarikan lingkungan dan menjadikan tempat yang lebih baik untuk dihuni bagi generasi mendatang.

Bagaimana?

Nah, langkah pertama adalah menyesuaikan proses produksi dan penggunaan produk dalam negeri yang selaras dengan lingkungan. Lebih banyak teknik regeneratif, menggunakan kembali, dan daur ulang harus digunakan dalam unit-unit manufaktur, dll. Negara-negara maju lebih banyak berkontribusi terhadap masalah lingkungan global; dengan demikian pemerintah negara-negara tersebut dan PBB harus mengambil tindakan pencegahan di tingkat global. Selain itu, rencana jangka panjang dan pemantauan ketat terhadap tindakan unit-unit manufaktur juga diperlukan; dan pemuda harus dididik peka dan hidup selaras dengan lingkungan daripada bereksperimen dan mengeksploitasinya.

Masing-masing dari kita harus selalu berpikir untuk melindungi lingkungan karena pemanasan global adalah masalah serius yang mengarah ke tingkat polusi lingkungan yang merusak kesehatan. Sumber daya alam dan hutan harus dilestarikan untuk mengendalikan kekeringan dan banjir. Pestisida harus digunakan secara terbatas dan tanah harus diselamatkan dari kontaminasi bahan tersebut.

Limbah sayuran dan buah-buahan dapat diubah menjadi pupuk dan tidak boleh dibuang ke kolam, dll. Selain itu, bisa juga dengan tindakan kecil seperti menghemat air minum, penggunaan goni, kain, kantong kertas, daur ulang produk limbah, dll. Kita masih bisa menyelamatkan lingkungan dari kerusakan penuh.

Saya berharap mulai sekarang, kita semua akan menerapkan langkah-langkah ini dalam kehidupan sehari-hari dan melakukan segala hal untuk melindungi lingkungan kita.

Terima kasih!

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Kemerdekaan

Pidato Tentang Kemerdekaan

Saat ini kita bersyukur karena telah tinggal di Indonesia sebagai negara merdeka. Meskipun demikian, kita harus terus meneruskan perjuangan para pahlawan dengan belajar giat dan berkontribusi untuk negeri agar menjadi bangsa yang maju. Berikut adalah contoh teks pidato bahasa Inggris tentang kemerdekaan dan bagaimana kita mengisi kemerdekaan di era modern seperti sekarang.

Honorable guest, ladies, and gentlemen.

I would like to deliver my ideas about The Independence of Indonesia.
Ladies and Gentlemen,

As we all know, for more than 300 years, our country had lived under the colonialism and imperialism by other countries, starting from Portuguese, English, Netherlands, and Japanese. During the colonialism, our people lived in suffer and poverty. There were no dignity and freedom as the existence of human being. The history of our people in struggling against the colonialism was based on the dignity as the human being. At first, the fighting was done by the local kingdoms from all over Indonesian territories. It was carried out separately and therefore the colonialists were able to stop it.

At the beginning of 19th century, there was a new perspective on the way of how to struggle against the colonialism. The new perspective was that Indonesian people should unite and not struggle separately. The Indonesian people should be together to reach the freedom. The efforts were not only by weapon but also diplomacy. It could be said that everything we did; it was for the sake of independence… free from the colonialism. Ladies and Gentlemen,

The culmination of all struggles done by the Indonesian people happened on Friday, 17th August 1945. On the behalf of all the people of Indonesia, Soekarno – Hatta proclaimed the independence of Indonesia. The proclamation indicated that a new nation was born. It was the reflection of the unity of Indonesian people after for many years sacrificing with tears and blood.

Brothers and sisters,

Today, we live in an independent country. We live in a nation which is free from colonialism and imperialism. We live in a beautiful country… Indonesia. However, have we ever asked ourselves: Is Indonesia truly free from colonialism? Is our country truly independent from imperialism?
Ladies and Gentlemen;

It is a fact that our situation now is different with the past. We don’t bring the weapon and yell out… “freedom!!”, We don’t face the colonialists and shout them… “go to hell!!”, We are now in the situation of a big global wave called globalization. We live in a world that there is no limitation to interact among the countries. There is no handicap to access any kinds of information. This is, the new dimension of colonialism. It refers to the way in influencing and furthermore destructing a country from the side of culture. A country without its own culture will become a group of people without identity. Culture, is the dignity of human being.

Look at around us!

There are many bad effects of globalization influencing the attitudes of our society. Drugs, free-sex, and also the misuse of technology are some examples of the bad effects caused by the new colonialism. The globalization itself is actually the consequence of the global development. It cannot be stopped, but its bad effects can be reduced in order to make our country survive.

That is our challenge now. That is our struggle to defense the existence of our nation. Our struggle is to fulfil this independence with working and creating a better life for our society. Our struggle is to fight against corruption, collusion and nepotism. And the last, our struggle is to keep our culture survive in the era of globalization.

Finally, I would like to remind all of us. Our founding fathers had fought and struggled to reach the independence of this country. It is now our duty to take care of it. So, let us keep this country survive. Long live Indonesia… Long live Indonesia!
Thank you very much for your attention.

Terjemahannya

Tamu yang terhormat dan hadirin sekalian.

Saya ingin menyampaikan pandangan saya tentang Kemerdekaan Indonesia.

Hadirin sekalian,

Seperti yang kita ketahui, selama lebih dari 300 tahun, negara kita telah hidup di bawah kolonialisme dan imperialisme oleh negara lain, seperti Portugis, Inggris, Belanda, dan Jepang. Selama masa penjajahan, penduduk kami hidup dalam penderitaan dan kemiskinan. Tidak ada martabat dan kebebasan sebagaimana adanya manusia.  Sejarah rakyat kita dalam perjuangan melawan penjajahan didasarkan pada martabat dan harga diri sebagai manusia. Awalnya, pertempuran dilakukan oleh kerajaan daerah dari seluruh wilayah Indonesia. Perlawanan dilakukan secara terpisah sehingga para penjajah dapat menghentikannya. Pada awal abad ke-19, ada perspektif baru dalam perjuangan melawan kolonialisme. Perspektif baru itu adalah rakyat Indonesia harus bersatu dan tidak berjuang secara terpisah.  Rakyat Indonesia harus bersama-sama dalam mencapai kemerdekaan. Upaya itu tidak hanya dilakukan oleh senjata tetapi juga diplomasi. Dapat dikatakan bahwa semua yang dilakukan adalah demi kemerdekaan … bebas dari penjajahan.

Bapak dan Ibu sekalian,

Puncak dari semua perjuangan yang dilakukan oleh rakyat Indonesia terjadi pada hari Jumat, 17 Agustus 1945. Atas nama seluruh rakyat Indonesia, Soekarno – Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Proklamasi menunjukkan bahwa sebuah bangsa baru telah lahir. Itu adalah cerminan persatuan rakyat Indonesia setelah bertahun-tahun berkorban dengan air mata dan darah.

Saudaraku sebangsa dan setanah air,

Hari ini, kita hidup di negara merdeka. Kita hidup di negara yang bebas dari kolonialisme dan imperialisme. Kita hidup di negara yang indah … Indonesia. Meskipun demikian, pernahkah kita bertanya pada diri sendiri: Apakah Indonesia benar-benar bebas dari penjajahan? Akpakah negara kita benar-benar  merdeka dari imperialisme?

Bapak dan Ibu sekalian;

Adalah suatu kenyataan bahwa situasi kita sekarang berbeda dengan masa lalu. Kita tidak membawa senjata dan berteriak … merdeka!! Kami tidak menghadapi penjajah dan berteriak  pada mereka … pergi kau ke neraka !! Kita sekarang berada dalam situasi gelombang global yang besar, yaitu globalisasi. Kita hidup di dunia yang tidak ada batasan untuk berinteraksi di antara banyak negara. Tidak ada hambatan untuk mengakses segala jenis informasi. Inilah dimensi baru kolonialisme. Ini mengacu pada cara dalam mempengaruhi dan selanjutnya menghancurkan suatu negara dari sisi budaya. Sebuah negara tanpa itu budaya sendiri akan menjadi sekelompok orang tanpa identitas. Budaya, adalah martabat manusia.

Lihatlah di sekitar kita!

Ada banyak efek buruk globalisasi yang memengaruhi sikap masyarakat kita. Narkoba, seks bebas, dan juga penyalahgunaan teknologi adalah beberapa contohnya efek buruk yang disebabkan oleh kolonialisme baru. Globalisasi itu sendiri sebenarnya konsekuensi dari perkembangan global. Itu tidak bisa dihentikan, tetapi dampak buruknya dapat dikurangi untuk membuat negara kita bertahan.

Itulah tantangan kita sekarang. Itulah perjuangan kita untuk mempertahankan keberadaan bangsa kita. Perjuangan kita adalah untuk mengisi kemerdekaan ini dengan bekerja dan menciptakan  kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat. Perjuangan lainnya adalah untuk memerangi korupsi, kolusi dan nepotisme. Dan yang terakhir, perjuangan kita adalah mempertahankan budaya kita di era globalisasi.

Akhir kata, saya ingin mengingatkan kita semua. Para pendiri dan leluhur bangsa telah berjuang untuk meraih kemerdekaan negara ini. Sekarang adalah tugas kita untuk merawatnya. Jadi, mari kita jaga agar negara ini selamat. Jayalah Indonesia … Jayalah Indonesia!

Terima kasih banyak atas perhatiannya.

Contoh Pidato Bahasa Inggris singkat tentang Islam

Pidato tentang Islam

Islam sering kali dikait-kaitkan dengan tindakan terorisme. Namun, islam tidak pernah mengajarkan adanya terorisme dan kekerasan. Tindakan terorisme dilakukan oleh pihak atau orang yang salah menafsirkan ilmu yang dipelajari. Jika anda sedang mencari pidato tentang islam dan terorisme, berikut adalah contoh teks naskah pidato singkat bahasa inggris bertema terorisme.

Good Morning Ladies and Gentlemen!

Before this event begins, I would like to thank all the people for gathering here and take this opportunity to say a few words on terrorism. As we all know that today this event is organized in this area to spread awareness about terrorism amongst people. It has become very important for people to understand what terrorism actually is.

Terrorism could be defined simply as it is an unlawful act that is to create violence towards people. Nowadays fear of terrorism is spreading rapidly all over the world. Terrorists spread terrorism on the name of religion and people are living in a fear of losing lives of their loved ones, especially those who are living in vulnerable places. There are many terrorists groups such as ISIS dan AL-QUAEDA. Directly or indirectly, whole world is getting affected by the spread of terrorism. Terrorist activities take place due to political, religious, personal and ideological gains. As the whole world is suffering from this problem called terrorism, thus it could be solved internationally. Only one or few countries are not responsible for it.

India had faced many problems as a nation in her entire history and terrorism is a biggest of them. There are many instances where the country had gone through the fear of terrorism and the most obscene attack was on the Taj Hotel which had left an awful impact on a whole country. The country had faced a huge loss of lives and had gone through economical crises during this attack. These kinds of attacks exercised by those terrorists are for their political and other unjustified gains. They do unjustified killings for their unjustified demands. These attacks aimed to demobilize people and make the whole country suffer in various aspects.

Many people from our own country are in the support of these terrorist attacks and they think that what these terrorists are doing to their own country is justified and this is meriting shame for us. All these attacks exercised to create hoax among people. Recently, terrorists attacked pilgrims in South Kashmir’s Anantnag due to which seven of those pilgrims were killed including five women and 12 got injured. Is it still justified to kill those innocent people? No religion says to kill people, but they are only people who do killings on the name of religion. Thus, India is spending a lot of money on country’s security every year to stop attacks done on the nation and to fight against terrorism, but these groups of terrorists are so highly trained that they still manage to secretly enter in our country. Our country may not be the safest country, but it has the latest technological security devises to fight against these terrorists groups.

The world can overcome this dangerous problem only when the awareness among people will increase and when the countries will come together to solve this problem with unity.

On this note, I would like to end my speech and extend special thanks to all of you for joining us today and for making this event such a success.

Terjemahannya

Selamat pagi para hadirin sekalian!

Sebelum acara ini dimulai, saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah hadir di sini dan menyampaikan beberapa kata tentang terorisme pada kesempatan kali ini. Seperti yang kita semua tahu bahwa acara ini diselenggarakan untuk menyebarkan kesadaran tentang terorisme pada semua orang. Menjadi sangat penting bagi orang untuk memahami apa sebenarnya terorisme itu.

Terorisme dapat didefinisikan secara sederhana karena merupakan tindakan melawan hukum yang menciptakan kekerasan terhadap orang-orang. Ketakutan terorisme saat ini menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. Teroris menyebarkan paham terorisme atas nama agama dan orang-orang hidup dalam ketakutan kehilangan nyawa orang yang mereka cintai, terutama mereka yang tinggal di tempat-tempat yang rentan konflik. Ada banyak kelompok teroris seperti ISIS dan AL-QAEDA. Secara langsung atau tidak langsung, seluruh dunia terkena dampak penyebaran terorisme. Kegiatan teroris terjadi karena keuntungan politik, agama, pribadi dan ideologis. Karena seluruh dunia menderita dari masalah yang disebut terorisme, maka hal itu seharusnya diselesaikan secara internasional. Hanya satu atau sedikit negara yang tidak bertanggung jawab untuk itu.

India telah menghadapi banyak masalah sebagai negara di sepanjang sejarahnya dan terorisme adalah yang terbesar di antara masalah-masalah tersebut. Ada banyak contoh di mana negara telah mengatasi ketakutan akan terorisme dan serangan paling kejam adalah di Hotel Taj yang telah mengakibatkan dampak buruk pada seluruh negara. India juga telah kehilangan banyak korban jiwa dan telah mengalami krisis ekonomi selama serangan ini. Jenis-jenis serangan yang dilakukan oleh para teroris ini adalah untuk kepentingan politik dan kepentingan lain yang tidak bisa dibenarkan. Mereka melakukan pembunuhan yang tidak bisa dibenarkan atas tuntutan mereka yang tidak bisa dibenarkan pula. Serangan-serangan ini bertujuan untuk melumpuhkan masyarakat dan membuat seluruh negeri menderita dalam berbagai aspek.

Banyak orang dari negara kita sendiri yang mendukung aksi terorisme dan mereka berpikir bahwa apa yang dilakukan para teroris terhadap negara mereka sendiri adalah dibenarkan dan ini patut memalukan bagi kita. Semua serangan ini dilakukan untuk menciptakan hoaks di antara orang-orang. Akhir-akhir ini, teroris menyerang peziarah di Anantnag Kashmir Selatan yang menyebabkan tujuh peziarah terbunuh dan diantaranya lima wanita sedangkan 12 orang lainnya terluka. Apakah masih dibenarkan untuk membunuh orang-orang yang tidak bersalah? Tidak ada agama yang mengajarkan untuk membunuh orang, tetapi mereka hanya orang yang melakukan pembunuhan atas dasar agama. Dengan demikian, India menghabiskan banyak uang untuk keamanan negara setiap tahun demi menghentikan serangan yang dilakukan terhadap negara dan untuk memerangi terorisme, tetapi kelompok-kelompok teroris ini sangat terlatih sehingga mereka berhasil masuk secara diam-diam di negara kita. Negara kita mungkin bukan negara teraman, tetapi memiliki keamanan teknologi terbaru yang dirancang untuk melawan kelompok-kelompok teroris tersebut.

Dunia dapat mengatasi masalah ini hanya jika kesadaran di antara orang-orang meningkat dan negara-negara akan bersatu untuk menyelesaikan masalah ini.

Sebagai catatan, saya ingin mengakhiri pidato saya dan menyampaikan terima kasih khusus kepada Anda semua yang telah hadir bersama kami hari ini sehingga acara ini berjalan  sukses.

Contoh Pidato Bahasa Inggris singkat Tentang Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas adalah efek dari globalisasi yang biasa terjadi pada remaja atau generasi muda. Pergaulan bebas mengandung makna negatif sehingga termasuk perbuatan yang berisiko menimbulkan dampak negatif. Oleh karena itu, sosialisasi tentang pergaulan bebas harus disebar luaskan supaya semua orang tahu mengenai sikap tersebut. Berikut adalah contoh naskah pidato bahasa inggris singkat tentang pergaulan bebas.

One day I was reading some articles about teen life and adolescence nowadays.  And on those articles, I found so many ways to get rid your acne and solve broken heart.  But suddenly, those articles lead me to a new topic which is more dangerous than both of it. It is called, Promiscuity. What is the exact meaning of it? And why is it dangerous for us?

Promiscuity is a social plague that attacks young people in modern era. It is one of the negative impacts that is transmitted by the western culture to our culture.  And in fact, promiscuity has destroyed a lot of the bright future of the nation generation supposed to have. Promiscuity are including, Free sex, drug use, and alcohol use under ages. Audience, have you imagined a 13 years old student has lost her virginity, and doing free sex almost 12 times? Could you imagine a 9 years old primary student sold drugs to his friend and a high school student? The truth is, both of it happen, and it turns out there are still so many cases which are worse than that. What happens to our young generation? Promiscuity has slowly killed our nation future. And it must stop.

Some causes of promiscuity are environmental factors, which is includes school, neighbourhood, and family. Thomas Spencer Monson, an American religious leader and author, once said “Some are young people who don’t know who they are, what they can be or even want to be. They are afraid, but they don’t know of what.  They are rejected and they don’t know why. All they want is to be somebody.”, what parents could take from this quote is, lead your children to choose who they want to be. Help them to not ruining their life, and choose who they socially connected with, so they will not be trapped by promiscuity. Also, build a good connection and help them to control their ego in adolescence.

Now, for all of my friends here, let’s stay away from Promiscuity. Let’s do positive things on our spare time, and stay away from negative and aimless things. Some of young people do free sex because their friends use to do it or just following trends. What the good thing we can get from doing it? Nothing. The only thing that you could get is loss of respect, humiliated, and guiltiness. For the girls, maybe you do not realize it now, but think in the future, whether your partner will accept you as you are? Will they take someone who already lost their dignity as a woman? The answer is no. And for the boys, don’t ever think to be proud by doing it. Because when you do it, it means you have no respect to a woman such as your mother.

Alcohol addicted, drug use, and free sex was also dangerous for our health, it also caused death. There were already too much young people killed by drugs, and alcohol use. Believe me, your life was precious, you are precious. Even if you hate yourself, think about people who love you and what have they done for you. It’s not worth it to waste your life while there still so many people lost their life by cancer or other deadly disease and wishes they could live any longer.  Drug use could also induce mental disorders, uncontrolled hallucinations, depressions, and even changes in the structure and function of your brain. And alcohol, could kill your brain cells that could induce memory problem, and paralysis. How about free sex? Yes, it’s dangerous for our health as well. It could induce AIDS, guiltiness causes mental disorders and suicide, and also under ages pregnancy. Think about this, could you raise a child by your own in your age now? A child raises a child? How about their future, Will it be guaranteed? A study says that almost 575 thousand teenagers have an abortion in a year. If you decide to abort them, it means you kill them. It also causes death from the pain of abortion.

Now ladies and gentlemen, thank you so much for giving me an opportunity to deliver my speech, I hope it could be useful for all of us, and make us aware of how dangerous Promiscuity is. Let’s stay away from Promiscuity and build our bright future. Let’s reminds others and do positive things. As we all heard a wise word says “Your future is in your hand”

Thank You.

Terjemahannya

Suatu hari saya membaca beberapa artikel tentang kehidupan remaja saat ini. Dan pada artikel-artikel itu, saya menemukan banyak cara untuk menghilangkan jerawat dan mengatasi patah hati. Namun tiba-tiba, artikel itu menuntun saya ke topik baru yang lebih berbahaya daripada keduanya, yaitu tentang Pergaulan bebas. Apa maknanya? Dan mengapa itu berbahaya bagi kita?

Pergaulan bebas adalah wabah sosial yang menyerang kaum muda di era modern ini. Ini adalah salah satu dampak negatif yang ditularkan oleh budaya barat ke budaya kita. Dan faktanya, pergaulan bebas telah merenggut masa depan cerah generasi bangsa yang seharusnya mereka wujudkan. Pergaulan bebas termasuk seks bebas, penggunaan narkoba, dan penggunaan alkohol di bawah umur. Hadirin sekalian, pernahkah Anda membayangkan seorang siswa berusia 13 tahun kehilangan keperawanannya, dan melakukan seks bebas hampir 12 kali? Bisakah Anda bayangkan seorang siswa SD berusia 9 tahun menjual narkoba kepada temannya dan seorang siswa SMA? Faktanya adalah, keduanya telah terjadi, dan ternyata masih banyak kasus yang lebih buruk dari itu. Apa yang terjadi pada generasi muda kita? Pergaulan bebas perlahan-lahan telah membunuh masa depan bangsa kita. Dan itu harus dihentikan.

Beberapa penyebab pergaulan bebas adalah faktor lingkungan seperti sekolah, lingkungan tempat tinggal, dan keluarga. Thomas Spencer Monson seorang pemimpin agama dan penulis Amerika pernah berkata, “Beberapa adalah pemuda yang tidak tahu siapa mereka, apa yang mereka bisa lakukan atau bahkan inginkan. Mereka takut, tetapi mereka tidak tahu apa. Mereka ditolak dan mereka tidak tahu mengapa. Yang mereka inginkan adalah menjadi seseorang. ”, Yang dapat diambil orang tua dari kutipan ini adalah, arahkan anak-anak Anda untuk memilih apa yang mereka inginkan. Bantu mereka untuk tidak menghancurkan hidup mereka, dan memilih dengan siapa mereka berinteraksi secara sosial, sehingga mereka tidak akan terjebak oleh pergaulan bebas. Selain itu, bangun koneksi yang baik dan bantu mereka mengendalikan ego mereka di masa remaja.

Sekarang, untuk semua teman saya di sini, mari kita menjauhi pergaulan bebas. Mari kita lakukan hal-hal positif di waktu luang kita, dan menjauhlah dari hal-hal negatif dan tanpa tujuan. Beberapa anak muda melakukan seks bebas karena teman-teman mereka biasa melakukannya atau hanya mengikuti tren. Apa manfaat dari melakukan hal itu? Tidak ada. Hal yang bisa Anda dapatkan adalah hilangnya harga diri, terhina, dan rasa bersalah. Untuk para gadis, mungkin kalian tidak menyadarinya sekarang, tetapi berpikirlah di masa depan, apakah pasangan Anda akan menerima Anda apa adanya? Apakah mereka akan mengambil seseorang yang sudah kehilangan kehormatan sebagai wanita? Jawabannya adalah tidak. Dan untuk anak laki-laki, jangan pernah berpikir untuk bangga dengan melakukannya. Karena ketika Anda melakukannya, itu berarti Anda tidak menghormati wanita seperti halnya ibu Anda.

Kecanduan alkohol, penggunaan narkoba, dan seks bebas juga berbahaya bagi kesehatan kita, bahkan menyebabkan kematian. Sudah ada terlalu banyak anak muda yang terbunuh oleh narkoba, dan penggunaan alkohol. Percayalah, hidup Anda sangat berharga, Anda sangat berharga. Bahkan jika Anda membenci diri sendiri, pikirkan orang-orang yang mencintai Anda dan apa yang telah mereka lakukan untuk Anda. Jangan pernah menyia-nyiakan hidup Anda sementara masih ada begitu banyak orang yang kehilangan nyawanya karena kanker atau penyakit mematikan lainnya, dan berharap mereka bisa hidup lebih lama. Penggunaan narkoba juga dapat menyebabkan gangguan mental, halusinasi yang tidak terkendali, depresi, dan bahkan perubahan dalam struktur dan fungsi otak. Sementara  alkohol, dapat membunuh sel-sel otak Anda yang dapat menyebabkan masalah memori, dan kelumpuhan. Bagaimana dengan seks bebas? Ya, itu berbahaya bagi kesehatan kita juga. Itu bisa menyebabkan AIDS, rasa bersalah menyebabkan gangguan mental dan bunuh diri, dan juga kehamilan di bawah umur dan diluar pernikahan. Pikirkan tentang ini, dapatkah Anda membesarkan seorang anak sendirian di usia Anda sekarang? Seorang anak membesarkan seorang anak? Bagaimana dengan masa depan mereka, apakah terjamin? Sebuah penelitian menunjukkan hampir 575 ribu remaja melakukan aborsi dalam setahun. Jika Anda memutuskan untuk menggugurkan mereka, itu berarti Anda membunuh mereka. Itu juga bisa menyebabkan dari rasa sakit aborsi.

Hadirin sekalian, Terima kasih banyak telah memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan pidato saya, saya harap ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan membuat kita sadar betapa berbahayanya pergaulan bebas. Mari menjauh dari pergaulan bebas dan membangun masa depan kita yang cerah. Jangan lelah untuk mengingatkan yang lainnya, dan lakukan hal positif. Ketika kita semua mendengar kata bijak mengatakan “Masa depan Anda ada di tangan Anda”

Terima kasih.

Menyusun naskah pidato bukanlah suatu hal yang mudah karena kita harus tahu dan paham tentang topik yang akan dibicarakan. Oleh karena itu, kata dan kalimat yang dituangkan dalam naskah pidato harus sesuai dengan tema. Terlebih lagi, susunan naskah pidato juga perlu diperhatikan mulai dari pembukaan, isi, dan penutup supaya menjadi satu kesatuan teks yang komprehensif. Beberapa kumpulan teks pidato diatas bisa menjadi referensi kalian untuk belajar bahasa inggris dan juga menulis. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment