Trik Mudah Mendapatkan TOEFL iBT Score Di Atas 110

Mendapatkan skor TOEFL yang tinggi tentu menjadi impian semua peserta tes. Dengan skor yang tinggi, kesempatan untuk bisa melanjutkan studi di luar negeri, bahkan mendapatkan beasiswa pun semakin besar. Namun untuk mendapatkan skor yang tinggi itu tentu tidak mudah apalagi bila anda menginginkan pada tes TOEFL iBT score diatas 110. Untungnya selalu ada tips-tips yang bisa digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan skor TOEFL.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenal apa itu TOEFL. Cara ini bisa dilakukan dengan browsing serta membaca buku-buku tertentu. Sekilas, hal ini mungkin tampak tidak terlalu penting, tapi ini tetap perlu dilakukan. Dengan mengetahui tentang TOEFL serta format tesnya, diharapkan anda bisa mempersiapkan diri secara lebih efisien dan efektif mengingat materi yang harus dipelajari juga banyak dan sulit. Setelah mendapatkan informasi, proses latihan bisa mulai dilakukan.

toefl ibt scoreLatihan untuk persiapan tes ini tidak selamanya harus dilakukan seperti ketika menjalani pelajaran di sekolah. Untuk mempersiapkan writing skill, bisa dilakukan dengan banyak membaca jurnal, artikel atau karya ilmiah berbahasa Inggris. Ketika membaca, anda bisa mulai menganalisis pola kalimat, struktur serta tata bahasa yang dipakai. Selain itu, anda juga bisa sekaligus memperkaya kosa kata dan wawasan anda. Dengan cara menganalisis tersebut, anda bukan hanya belajar tapi bisa sekaligus praktek. Selain menganalisis, anda juga perlu mulai berlatih menulis gagasan-gagasan anda secara runtut dan jelas, karena di writing section, anda akan diminta untuk membuat suatu tulisan untuk menanggapi suatu tema yang diberikan.

Dalam hal reading, banyak membaca tadi juga akan memudahkan anda untuk mengetahui isi bacaan secara lebih mudah. Selain itu, trik lainnya adalah berusaha mencari gagasan utama setiap paragraf. Umumnya, gagasan utama itu ada di awal atau di akhir. Apabila sudah bisa menemukan gagasan utama tiap paragraf, itu akan memudahkan anda dalam memahami tiap paragraf serta keseluruhan bacaan. Dalam hal listening, ada cara belajar yang mudah, yaitu dengan mendengarkan lagu atau menonton film. Saat mendengarkan lagu atau menonton itu, anda bisa sekaligus mencoba berlatih mendengarkan dan kemudian mencatat point-point pentingnya. Cara ini tentu menyenangkan dan tidak terlalu membuat tegang. Dengan mendengarkan atau menonton tersebut, anda sekaligus bisa mengamati cara pengucapan kata yang tepat. Hal ini akan sangat penting dalam mempersiapkan diri mnghadapi speaking section. Selain itu, menirukan cara native speaker berbicara dan mengulanginya juga bisa menjadi cara mudah untuk melatih speaking skill anda. selain itu, anda juga bisa membeli buku-buku latihan atau mengikuti les persiapan TOEFL.

Sebelumnya, telah disampaikan beberapa hal terkait persiapan sebelum tes, dan berikut ini adalah hal yang perlu dilakukan ketika tes. Pertama adalah memperhatikan petunjuk mengerjakan tes. Hal ini sangat perlu diperhatikan, karena dalam tes ini lembar jawab anda ada di komputer. Apabila anda tidak memperhatikan petunjuknya, bisa jadi anda kesulitan dalam menjawab pertanyaan. Setelah itu, jangan menghabiskan waktu hanya pada satu soal karena soal yang diberikan cukup banyak. Jika memang tidak bisa, lebih baik dilewati dulu. Selain itu, gunakan cara mengeleminasi jawaban yang sekiranya tidak tepat. Cara ini bisa cukup berguna, apa lagi bila sulit menentukan jawaban yang tepat. Selain itu, selalu teliti jawaban lebih dari satu kali, agar anda juga yakin dengan apa yang telah anda kerjakan. Semoga TOEFL iBT score diatas 110 bukan sekedar impian tapi benar-benar bisa diwujudkan.

About Imam Khanafi