Tips Persiapan Menghadapi Ujian TOEFL

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

Tes TOEFL bukanlah sekedar ujian Bahasa Inggris yang terlihat sederhana sehingga persiapan tes TOEFL yang sangat matang. TOEFL merupakan serangkaian tes yang digunakan untuk melihat kemampuan seseorang dalam menggunakan Bahasa Inggris, meliputi semua aspek berbahasa, mulai dari speaking, reading, listening dan writing. Lebih lagi, standard yang dipakai adalah standard internasional, sehingga seseorang tidak bisa memanggap ini seperti ujian Bahasa Inggris pada umumnya. Hasil yang didapatkan dari tes ini juga akan menjadi hal yang sangat penting, karena bisa digunakan sebagai prasyarat untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips-tips yang sekiranya bisa membantu ketika mempersiapkan ujian TOEFL.

Pertama, peserta tes perlu mengetahui seluk beluk mengenai TOEFL test tersebut. Dengan mengetahui informasi tentang tes tersebut, anda pun bisa mempersiapkan diri secara lebih baik, karena sudah mengerti gambaran tes serta hal yang diujikan. Tips kedua adalah melatih time management. Dalam TOEFL test, soal yang diberikan akan sangat banyak, dan tentunya tidak mudah untuk dikerjakan. Bila anda tidak bisa mengelola waktu yang disediakan dengan baik, alokasi waktu tersebut tidak akan cukup dan akhirnya peserta tes tidak bisa mengerjakan semua soal dengan baik.

Persiapan  Tes TOEFLTips ketiga, peserta tes sebaiknya mulai melatih untuk bisa membuat catatan-catatan kecil atas suatu pembicaraan yang didengarkan. Catatan kecil ini akan sangat membantu anda mengingat point penting. Tips keempat, anda juga perlu mulai memperkaya kosa kata serta cara pengucapannya, sehingga ketika ujian nanti, tidak kesulitan bila menemui kata-kata baru. Tips kelima, peserta ujian juga perlu mulai berlatih dengan merekam suaranya, lalu kemudian didengarkan kembali. Dengan cara demikian, peserta tes bisa menemukan kelemahan-kelemahannya sehingga kemudian bisa memperbaikinya.

Tips keenam adalah melatih percakapan Bahasa Inggris. Percakapan ini sangat penting untuk melatih kemampuan mengkomunikasikan gagasn. Selain itu, perlu juga berlatih menyampaikan gagasan secara padat dan tepat, sehingga tidak terkesan berputar-putar dan membingungkan pendengar.Tips ketujuh adalah berlatih membuat essay dengan baik. Ini sangat penting karena pada writing session, peserta tes akan diminta menulis essay berdasarkan tema yang telah ditentukan. Dalam latihan ini, perlu juga memperhatikan detail penulisan essay, contohnya adalah penggunaan tanda baca yang tepat. Tips ketujuh, anda perlu banyak membaca bacaan. Hal ini akan membantu anda mempelajari cara organisasi kalimat serta mencari gagasan pokoknya, sehingga essay yang dibuat nantinya adalah essay yang runtut dan mudah dipahami. Tips kedelapan adalah banyak membaca referensi untuk memperkaya wawasan. Dengan wawasan yang luas, anda akan sangat terbantu dalam dalam menulis essay karena anda memiliki informasi yang banyak.

Tips kesembilan adalah mengikuti les-les persiapan TOEFL. Dengan mengikuti les, anda akan didampingi oleh orang-orang yang memang sudah berpengalaman dalam dalam tes TOEFL. Dengan les ini pula, anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan tambahan, yang tentunya akan sangat membantu ketika tes nanti. Dan tips terakhir adalah sering mengikuti pre-test ujian TOEFL. Dengan sering mengikuti pre-test, anda akan bisa mengukur seberapa siapkan anda untuk mengikuti test yang sesungguhnya. Selain itu, pre-test juga menjadi kesempatan untuk mengetahui pola-pola soal dalam TOEFL, sehingga anda bisa mempersiapkan diri anda lebih baik.

Itulah kesepuluh tips yang akan membantu anda dalam persiapan menghadapi TOEFL test. Kemampuan berbahasa Inggris saja masih belum bisa menjamin keberhasilan anda bila tidak didukung oleh persiapan yang matang.

About Imam Khanafi