Tips Meningkatkan Kemampuan TOEFL iBT Speaking

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

Ada satu hal yang membedakan tes TOEFL dengan format PBT dan iBT, yaitu adanya speaking section pada TOEFL iBT. Pada speaking section, materi yang diujikan adalah kemampuan anda dalam berbicara serta mengungkapkan gagasan secara lisan. Yang menjadi tantangan adalah bagaimana anda harus menyampaikan gagasan secara runtut dan mudah dipahami. Selain itu, pengucapan kata per kata juga harus tepat. Dengan banyaknya faktor yang menjadi penilaian, tak jarang peserta kesulitan mendapatkan skor maksimal pada sesi ini. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan ketika anda mempersiapkan TOEFL iBT speaking section.

Tips latihan pertama adalah menambahkan kosakata. Ini merupakan hal dasar yang memang harus anda miliki karena tanpa kosakata yang cukup tentu saja anda tidak akan bisa menyampaikan gagasan dengan baik. Dalam hal ini, menambahkan kosa kata saja tidak cukup. Oleh karena itu, tips kedua adalah mengetahui cara pengucapannya serta penggunaannya dalam konteks tertentu. Hal-hal ini wajib anda lakukan karena ini merupakan salah satu dasar kemampuan berbahasa Inggris. Setelah itu, anda bisa melakukan tips ketiga, yaitu mengasah kemampuan tata bahasa anda. Ini juga memegang peranan penting, karena tata bahasa inilah yang akhirnya membuat rangkaian kata itu menjadi memiliki makna yang jelas. Dalam hal tata bahasa, anda harus menguasainya dengan baik, setidaknya pada tata bahasa dasar, seperti pembentukan kalimat, contohnya kalimat aktif dan pasif.

toefl ibt speakingSetelah itu, tips keempat adalah mulai melakukan praktek percakapan. Percakapan-percakapan dasar secara perlahan akan membuat anda terbiasa menyampaikan sesuatu dengan Bahasa Inggris. Dalam hal ini, sebaiknya anda mengajak speaking partner yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, sehingga anda pun bisa mendapatkan koreksi. Lalu, setelah terbiasa dengan percakapan, anda bisa melakukan tips kelima yaitu belajar menyampaikan gagasan.. Untuk latihan ini, anda cukup membaca suatu koran lalu berusaha mengomentari berita yang ada di situ. Dalam hal ini, berusahalah sebaik mungkin untuk menanggapinya. Setelah cukup lancar dengan latihan tersebut, anda bisa melakukan tips keenam, yaitu merekam suara anda. Dengan anda merekam suara anda sendiri, anda pun bisa melakukan evaluasi pribadi dan membenahinya agar kemampuan anda pun bisa semakin berkembang.

Pada tips ketujuh, anda perlu melatih kelancaran anda dalam berbicara dan menyampaikan gagasan. Dalam hal kelancaran ini, anda juga perlu mulai bisa menyampaikan gagasan anda secara lebih terstruktur dan runtut. Hal ini bisa dilatih dengan membuat kerangka pikir atau pun mind map. Tentu saja anda harus berlatih juga mematuhi kerangka pikir yang anda buat tersebut. Dengan adanya kerangka pikir, bukan saja pendengar yang diuntungkan. Anda juga bisa diuntungkan karena anda bisa semakin efisien dalam menyampaikan gagasan sehingga bisa menghemat waktu. Selain itu, dengan kerangka yang jelas dan runtut, tentu saja gagasan anda mudah dipahami dan dengan demikian anda bisa mendapatkan skor yang cukup tinggi. Tips kedelapan adalah melatih penggunaan intonasi, penekanan den ekspresi. hal-hal tersebut mampu membuat gagasan anda terdengar lebih menarik, dan tentunya akan lebih mudah dipahami dengan adanya penekanan pada poin-poin tertentu. Kemudian, yang mrnjadi tips kesembilan adalah mengikuti bimbingan belajar dan persiapan TOEFL. Dengan adanya bimbingan, proses berlatih anda bisa jauh lebih lancar karena adanya pengajar yang bisa mendengarkan dan juga membenarkan anda. dan tips kesepuluh adalah mengadakan evaluasi secara berkala, sehingga anda bisa melihat perkembangan latihan anda sendiri dan siap menghadapi ujian TOEFL iBT Speaking.

About Imam Khanafi