Tips Mendapatkan Skor TOEFL yang Tinggi

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

TOEFL merupakan tes yang digunakan untuk menguji kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Tes ini bukan sekedar ujian bahasa Inggris seperti yang ada di sekolah-sekolah umum karena ujian ini menggunakan standard nasional dan hasil tes ini akan diakui secara internasional pula. Tes ini pun menjadi suatu syarat penting bagi anda yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Melihat betapa pentingnya tes ini, tentu perlu persiapan yang matang agar bisa menyelesaikan tes ini dengan baik. Berikut ini adalah tips mengenai langkah-langkah yang bisa ditempuh sebagai persiapan menghadapi tes sehingga Anda bis mendapatkan skor TOEFL yang tinggi.

Yang pertama kali perlu dilakukan adalah mencari sebanyak mungkin informasi tentang TOEFL test. Informasi itu meliputi hal-hal teknis terkait tes itu juga mengenai karakteristik soal-soal yang kemungkinan besar keluar. Dengan informasi yang ada tersebut, anda akan lebih bisa mempersiapkan diri secara lebih baik. Dengan mengetahui karakteristik soal, anda juga bisa semakin memfokuskan pembelajaran, sehingga persiapan yang dilakukan pun menjadi efektif dan efisien. Setelah mendapatkan informasi yang cukup, kemudian anda bisa mulai merencanakan jadwal latihan pribadi. Selain itu, ada banyak lembaga yang bisa membantu anda mempersiapkan TOEFL secara lebih baik. Yang tak kalah penting adalah membeli buku-buku persiapan TOEFL test.

tips mendapatkan skor toefl yang tinggi 12Setelah persiapan-persiapan itu, kemudian anda juga harus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anda, meliputi aspek writing, speaking, reading dan listening. Keempat aspek ini perlu dipersiapkan secara sungguh-sungguh. Pada aspek writing, anda perlu melatih kemampuan anda dalam mengungkapkan gagasan melalui tulisan. Latihan ini meliputi latihan tata bahasa dan struktur kalimat serta memperkaya kosakata. Selain itu, banyak membaca jurnal dan tulisan-tulisan ilmiah juga bisa menjadi cara yang tepat untuk mengasah kemampuan menulis dengan struktur kalimat yang baik. Saat membaca jurnal dan karya ilmiah dalam Bahasa Inggris tersebut, anda bisa mencoba menganalisis struktur kalimat dan tata bahasa yang digunakan, juga mencatat kata-kata yang sulit. Membaca jurnal dan tulisan lain ini juga sebagai latihan mengasah kemampuan memahami bacaan, yang nantinya akan sangat berguna pada reading comprehension.

Setelah itu, untuk meningkatkan kemampuan dalam hal listening, anda bisa mulai mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan berusaha memahami pengucapan kata demi kata. Selain itu, mendengarkan kuliah yang diberikan oleh native speaker juga sangat penting, karena pada saat tes nanti, anda juga akan mendengarkan lecture dan menanggapinya. Jangan lupa juga untuk mulai berlatih membuat catatan-catatan kecil. Ini akan sangat membantu anda dalam mengingat poin-poin penting atas apa yang disampaikan. Selain itu, mempelajari cara pengucapan juga akan sangat berguna, baik dalam speaking juga listening.

Lalu dalam hal speaking, anda bisa berlatih berbicara dan menyampaikan gagasan secara singkat dan to the point. Hal ini akan sangat penting, agar examinator pun bisa memahami gagasan anda dengan lebih mudah. Latihan yang bisa dilakukan adalah dengan merekam cara anda berbicara. Dengan demikian, anda bisa mengevaluasi diri sendiri atau minta bantuan teman, sehingga anda pun bisa memperbaikinya. Selain itu, mengikuti cara native speaker berbicara juga bisa menjadi latihan yang bagus, karena seringkali dialek yang sering anda gunakan akan mempengaruhi cara pengucapan anda dalam Bahasa Inggris. Anda bisa mengunduh video atau rekaman lecture atau percakapan native speakers dengan mudah juga. Setelah itu, yang tak kalah penting adalah faktor motivasi dan ketenangan saat ujian. Dengan semua langkah-langkah itu, diharapkan anda bisa berhasil mendapatkan skor TOEFL yang tinggi.

About Imam Khanafi