Tips Latihan untuk Meningkatkan Kemampuan TOEFL iBT Writing

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

TOEFL iBT Writing section menjadi sesi yang memiliki soal yang paling sedikit tapi dengan jawaban paling panjang karena anda akan diminta membuat suatu tulisan atau essay terkait tema yang sudah disediakan. Tentu saja ini tak bisa dianggap sebagai tes yang mudah karena ada banyak detail yang perlu anda perhatikan ketika mengerjakan soal TOEFL iBT writing section ini. Walau demikian, tentu saja anda masih ingin mendapatkan skor yang tinggi pada sesi ini. Dan untuk membantu latihan anda, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan agar latihan TOEFL iBT writing anda bisa lebih terfokus.

Pertama, anda tidak harus langsung praktek menulis. Anda bisa memulai latihan anda dengan meningkatkan kekayaan kosakata anda. Ketika meningkatkan kosakata, anda juga harus memperhatikan makna masing-masing kata dengan baik karena makna bisa berubah ketika kata tersebut digunakan dalam konteks tertentu. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan penggunaan kata-kata tersebut, terutama untuk kata kerja. Hal ini penting dilakukan karena kata kerja seringkali memiliki cara penggunaan yang berbeda. Apabila anda tidak hati-hati dengan penggunaan kata yang tepat, itu bisa mengurangi skor anda ketika tes nanti.Selain itu, anda bisa mulai membiasakan untuk mengetik menggunakan 10 jari pada keyboard QWERTY, terutama apabila anda mengikuti tes TOEFL dengan format iBT. Dengan membiasakan mengetik menggunakan 10 jari, itu akan membuat anda mampu mengetik dengan cepat sehingga bisa mengerjakan dengan cepat. Dengan mampu mengetik jawaban dengan cepat, anda akan memiliki sisa waktu yang bisa anda gunakan untuk mengecek jawaban anda.

toefl ibt writingSelain meningkatkan kosakata dan kecepatan mengetik anda, anda juga perlu mengasah kemampuan tata bahasa anda. Tata bahasa juga menjadi hal yang sangat penting dalam menulis, bahkan ini menjadi salah satu aspek yang mendapat perhatian. Anda perlu benar-benar menguasai tata bahas dengan baik, mulai dari pembentukan kata, tenses, serta aspek lainnya. Selain itu, anda juga harus mempelajari struktur atau organisasi tulisan. Struktur baku yang digunakan adalah pengantar, isi dan penutup. Selain struktur tersebut, anda perlu membiasakan diri anda untuk mendukung gagasan anda dengan contoh-contoh yang bisa menguatkan gagasan anda. Untuk mempelajari tata bahasa serta struktur penulisan, anda bisa belajar dengan cara menganalisis essay, jurnal atau karya ilmiah. Ketika menganalisis bacaan-bacaan tersebut, anda harus memperhatikan dengan baik cara native speaker menulis dan menyampaikan gagasan mereka. Selain itu, anda juga harus bisa membiasakan diri untuk membuat kerangka pikiran sebelum menulis, agar tulisan anda bisa lebih terstruktur dan tidak terkesan berputar-putar.

Setelah melatih kosakata, tata bahasa serta struktur penulisan, anda bisa mulai praktek menulis. Latihan ini bisa dilakukan dengan cara memberikan tanggapan atas suatu tulisan atau berita yang ada di koran. Sebelum menulis gagasan anda, anda perlu ingat untuk membuat kerangka tulisan anda terlebih dahulu dan berusahalah mematuhi kerangka yang telah anda buat tersebut. Ketika anda sudah cukup lancar dalam menuliskan gagasan, anda bisa menambahkan linking word untuk membuat tulisan anda lebih mengalir dan tidak terkesan kaku. setelah selesai, anda bisa meminta tolong guru atau dosen anda untuk mengecek hasil tulisan anda, agar anda bisa mendapatkan evaluasi serta komentar yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan anda. Untuk melihat kemampuan dan perkembangan anda, anda juga bisa mengikuti pre-tes TOEFL khusus TOEFL iBT Writing.

About Imam Khanafi