Tips agar Sukses mengerjakan Test TOEFL Reading Comprehension

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

Setiap peserta tes TOEFL tentu selalu ingin mendapatkan skor yang tinggi pada setiap sesi ujian. Seperti diketahui, anda akan menghadapi 4 sesi, yaitu reading comprehension, listening, speaking, dan writing section. Tentu saja, masing-masing sesi memiliki kesulitannya masing-masing, termasuk juga pada sesi reading comprehension. Sebagaimana nama sesi tersebut, pada sesi ini, kemampuan anda dalam memahami bacaan akan diuji. Tentu saja bacaan yang diberikan bukan sekedar bacaan sederhana yang bisa dipahami dengan mudah. Dalam sesi TOEFL reading comprehension ini, anda akan mendapatkan bacaan yang tergolong cukup kompleks, sehingga untuk memahaminya pun tidak mudah. Walau demikian, anda tentu tetap ingin mendapatkan skor yang tinggi. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu anda mendapatkan skor tinggi TOEFL reading comprehension.

Tips pertama adalah menambahkan kosakata anda. Kosakata ini menjadi suatu hal yang penting bagi anda karena tanpa kosakata yang memadai, anda tentu akan kesulitan dalam memahami bacaan yang diberikan. Untuk memperkaya kosakata anda, cara paling mudah adalah dengan membaca karya ilmiah, jurnal serta tulisan lain dan mencatat kata-kata yang sekiranya belum anda ketahui. Tips selanjutnya adalah membiasakan membaca. Tips ini bisa dilakukan sekaligus ketika anda ingin meningkatkan kekayaan kosakata anda, yaitu dengan membaca karya ilmiah dan jurnal-jurnal. Ketika anda membaca, usahakan pula untuk memahami struktur bacaan tersebut dan mencoba mencari gagasan pokok yang terdapat dalam setiap paragraf. Apabila anda sudah terbiasa menemukan gagasan pokok itu, itu akan membuat anda lebih mudah memahami bacaan.

toefl reading comprehensionKetika anda sudah berhadapan dengan tes, hal pertama yang anda perlu lakukan adalah berusaha untuk tetap tenang dan fokus. Hal ini akan sangat berguna untuk membuat anda tidak panik, karena ketika anda panik, anda justru tidak bisa memahami bacaan dengan baik. Setelah cukup tenang dan merasa siap, anda bisa mulai mengerjakan soal yang diberikan. Ketika anda sudah mulai membaca bacaan, sebenarnya anda tidak harus membaca keseluruhan bacaan secara mendetail. Yang terutama bukanlah membaca keseluruhan, tapi justru mencari gagasan pokok masing-masing paragraf karena tiap paragraf tentu memiliki gagasan pokoknya masing-masing. Dengan menemukan gagasan pokok masing-masing paragraf, anda sudah memiliki cukup informasi tentang bacaan yang anda hadapi. Setelah mendapatkan gagasan pokok masing-masing paragraf, anda bisa menambah informasi yang anda dapatkan dengan mencari keyword yang terdapat dalam masing-masing paragraf. Selain itu, anda perlu fokus dan tidak mudah terpancing untuk membaca keseluruhan bacaan apabila bacaan itu anda rasa sulit atau justru menarik.

Dengan gagasan pokok serta keyword masing-masing paragraf, anda bisa mengerjakan soal dengan lebih baik. Dalam mengerjakan soal, berusahalah untuk membaca pertanyaan dengan baik sehingga anda pun bisa menemukan jawabannya dengan mudah. Tapi, apabila anda menemui kesulitan untuk menemukan jawaban dalam bacaananda juga bisa melakukan metode scanning untuk membaca sekilas bacaan tersebut dan mendapatkan informasi tambahan lainnya. Apabila anda masih merasa kesulitan, sebaiknya anda tidak terpaku pada soal itu, dan lebih baik beralih ke soal lainnya, sehingga anda bisa menghemat waktu anda. Lalu, untuk menemukan jawaban di pertanyaan yang sangat sulit, anda bisa menggunakan metode eleminasi jawaban. Yang perlu anda lakukan adalah membuang pilihan jawaban yang sekiranya tidak berhubungan dengan apa yang ditanyakan dan bacaan yang diberikan.

About Imam Khanafi