Teks Pidato Bahasa Inggris dan artinya

Teks pidato bahasa Inggris dan artinya berjudul “How Beautiful of Having Courteousness” yang berarti indahnya memiliki sopan santun. Karena dengan sopan santun akan menentukan apakah orang-orang disekitar kita menyukai kita atau membenci kita, itu inti dari teks pidato bahasa inggris dan artinya.

Contents

Teks Pidato Bahasa Inggris dan artinya

How Beautiful of Having Courteousness

Assalamu’alaikum wr.wb

All the praise be to Allah, the Lord of the universe. Sholawat and salam may everlastingly be upon the leader of all people, our guider and leader, Prophet Muhammad Saw, and upon all his families, companions, and followers until the end of the time.
To the honorable Mr. Principal, to the honorable Mr. and Mrs. Teachers, and to all my dearest students of SDN 5 Bangkalan.

Everyone will be happy if there is someone who just behaves courteously to us. His/her words are not harsh and invidious, his/her behaviors are not resentful, he/she is good to be friend with, he/she doesn’t feel that himself/herself is smarter or richer than us, and he/she really appreciate anything from us.

And just like the opposite, anybody will really dislike people who behave impudently. His/her words are rude, he/she likes to humiliate and insult others and behaves at will. When he/she passes by in the front of any people, he/she never says neither excuse nor courtesy words even for greeting.
Which one do we choose from those two behaviors? To be liked or not to be liked by anyone? Everything depends on our courteousness.

To my students of SDN 5 Bangkalan that I proud of,
You must have been educated well at this school, at your home, or at the place you learn religions regarding the importance of having good manners towards others like how to behave courteously, to whom and when, to teachers, friends, younger people, older people, and those with the same age.
We need to behave courteously at the school, at the public places, at the place for hanging out, and anywhere. Courteousness must be done to anyone. We need to act courteously to our teachers at school, to our religion tutors, to our parents, to our older and younger siblings, and also to people at the same age as us.

To my students of SDN 5 Bangkalan that I love,
What is courteous personality like? Courteous personality is somebody’s attitude towards what he/she sees, feels, in every condition and situation.

Courteousness includes behaving nice, respecting, smiling, and being obedient to rules. Right courteous attitude is to show more the good personality and respects for anyone. From the way we talk, people can see our courteousness or manner, how bad or good we are. For example, in crowd where we are going to pass by some way, if we are courteous we would say “excuse me, Mr, or Mrs…”, Just like in the case of having friends, we must appreciate our friends’ opinions though we have different opinion with them. In fact, the definition of courteousness is general.

And then good courteousness can be affected by the individuals’ background themselves. Adequate education, good character in any situation, well-behaved way to talk, and sometimes genetic factors affect those concerned individuals as well. How will everyone have courteousness but just with difference in levels and how will we develop those manners?
This is knowledge of courteousness I can convey on this occasion. At the school, inside the class for example, in the situation where teachers are explaining the lessons and then we must pay attention to them who is in the front of us.

By showing paying-attention manner, listening well, and in asking question must be well-mannered as well, the physical lacks of an individual will be well-covered and invisible if they get covered with good manners from his/her heart. Maybe only with his/her manner that is as pure as gold that would be able to cover all of his/her lacks.

And then if you are having a meal on the dining table, your plate must be clean from anything. No sounds, and must use spoon and fork. After finishing the meal, spoon and fork must be placed cross-shaped with spoon on the top and fork on the bottom. There are still many specific definitions of courteousness which are also easy-to-understand; these are
just visible forms of courteousness. There are still much courteous manners in practices.
Be a person who is liked and loved by others. Be a person who has many friends and is liked by anybody by having these courteous manners. I wish in each of us would be soldered a personality that possesses courteousness.

That’s all I can convey to all of you. I say my apology for the mistakes on my words.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Terjemahan Teks Pidato Bahasa Inggris dan artinya

Indahnya Memiliki Sopan Santun

Assalamu Alaikum wr. wb.

Segala puji bagi Allah yang menguasai seluruh alam. Sholawat dan salam semoga tetap dicurahkan kepada penghulu semua utusan, penghulu dan pimpinan kita, Nabi Muhammad Saw. , kepada keluarga, sahabat dan umatnya hingga akhir jaman.

Kepala Sekolah yang kami hormati, Ibu dan bapak guru yang kami hormati. Dan seluruh anak-anak ku siswa SD Negeri 5 Bangkalan yang bapak sayangi.

Setiap orang akan sangat merasa senang ketika ada orang berbuat sangat sopan kepada kita. Kata-katanya tidak kasar dan tidak menyakitkan, perbuatannya tidak menyebalkan, enak di ajak berteman, tidak merasa diri lebih pintar atau kaya, dirinya sangat menghargai kita.

Juga sebaliknya, siapapun akan sangat merasa sangat tidak suka kepada orang yang berprilaku tidak sopan. Kata-katanya kasar, suka menghina atau merendahkan, petantang-petenteng. Ketika lewat jangankan permisi mengucapkan kata basa-basi atau menyapa pun tidak.

Mana yang akan kita pilih diantara dua sikap tadi. Menjadi disukai orang atau tidak disukai siapapun. Semua tergantung sopan santun kita.

Anak-anakku Siswa SD Negeri 5 Bangkalan yang bapak banggakan.

Kalian tentu sudah di ajarkan baik di sekolah ini, dirumah ataupun ditempat kalian mengaji mengenai pentingnya berbuat sopan santun terhadap sesama. Bagaimana cara berprilaku sopan santun. Kepada siapa saja dan kapan saja. Kepada guru, teman, orang yang lebih muda, orang yang lebih tua atau kepada yang usianya sebaya dengan kalian.

Kita sebagai warga negara Indonesia sudah tahu bahwa kita adalah bangsa yang memiliki adat ketimuran yang salah satu cirinya memiliki budaya sopan santun. Budaya sopan santun ini tentu harus diterapkan dimana saja, kapan saja dan kepada siapa saja.

Sopan santun harus kita lakukan di sekolah, ditempat umum, ditempat bergaul, dan dimana saja. Sopan santun harus dilakukan kepada siapa pun. Kita harus sopan kepada guru kita disekolah , kepada guru ngaji kita, kepada ayah dan ibu kita, kepada kakak kita maupun kepada adik kita. Juga kita harus sopan juga kepada sesama seusia kita.

Anak-anakku Siswa SD Negeri 5 Bangkalan yang bapak sayangi.

Seperti apakah pribadi yang sopan santun? Pribadi sopan santun itu adalah sikap seseorang terhadap apa yang ia lihat, ia rasakan, dan dalam situasi, kondisi apapun.

Sikap santun yaitu baik, hormat, tersenyum, dan taat kepada suatu peraturan. Sikap sopan santun yang benar ialah lebih menonjolkan pribadi yang baik dan menghormati siapa saja. Dari tutur bicara pun orang bisa melihat kesopanan kita. Baik/buruk, misalnya lagi dalam situasi yang ramai dimana kita akan melewati jalan itu, jika kita sopan pasti kita akan mengucapkan kata permisi pak, bu…..dalam berteman pun seperti itu lebih menghargai pendapat teman walaupun pendapat itu berbeda, sebenarnya pengertian sopan santun ini sudah umum.

Sopan santun dapat dipengaruhi oleh apapun dan hal apa saja. Misalnya sopan santun yang buruk disebabkan oleh lingkungan yang tidak ada tata tertibnya, individu yang tak pernah mengenal pentingnya kepribadian, kurangnya pengenal sopan santun yang diajarkan oleh orang tua sejak dini, pembawaan diri individu itu sendiri.

Kemudian sopan santun yang baik dapat dipengaruhi oleh latar belakang individu itu sendiri. Pendidikan yang cukup, pembawaan diri yang baik terhadap situasi apapun, tutur kata yang dijaga, terkadang faktor keturunan juga dapat mempengaruhi individu tersebut. Bagaimana nantinya setiap orang memiliki sikap sopan santun tetapi hanya ukurannya saja yang berbeda dan bagaimana kita mengembangkan sikap itu ?

Itulah wawasan sopan santu yang bapak bisa sampaikan pada kesempatan kali ini. Di sekolah seperti di dalam kelas msalnya dalam situasi guru sedang menjelaskan pelajaran lalu kita harus memperhatikan seseorang yang ada didepan kita.

Dengan menunjukan sikap yang memperhatikan, mendengarkan dengan baik, dan bila bertanya pun harus dengan yang baik, kekurangan individu seseorang secara fisik, akan tertutup rapi dan tidak terlihat jika di bungkus dengan sikap sopan santun nya yang melekat dalam hatinya. Mungkin sifatnya yang begitu berhati emas yang mampu menutupi kekurangannya.

Lalu ketika kalian sedang makan di meja makan semua nasi harus bersih dari apapun. Tidak boleh bunyi, dan harus menggunakan sendok dan garpu, setelah selesai makan sendok dan garpu diletakan secara silang dengan posisi sendok diatas dan garpu dibawah. Masih banyak lagi dengan pengertian sopan santun yang lebih spesifik dan mudah dimengerti, ini hanya bagian penglihatan saja secara kasat mata. Masih banyak perilaku sopan santun dalam prakteknya.

Jadilah orang yang di senangi dan disayangi orang lain. Jadilah orang yang banyak teman dan disukai siapapun dengan memiliki sifat sopan santun ini. Semoga dalam diri kita semua terpatri kerpibadian yang memiliki sopan santun.

Sekian yang bisa bapak sampaikan. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu alaikum wr.wb.

Demikian teks pidato bahasa Inggris dan artinya ini yang disampaikan saat memberikan sambutan kepada murid-muridnya oleh seorang guru. teks pidato bahasa Inggris dan artinya ini tanpa mengalami penyuntingan sehingga jika ada kesalahan dan ingin mengoreksinya silahkan berkomentar dibawah ini.

Leave a Comment