surat resmi dalam bahasa inggris

membuat surat resmi dalam bahasa inggris bukanlah perkara mudah. butuh pengalaman yang tidak sebentar agar bisa membuat surat yang bagus. karena surat resmi bukan surat yang ditujukan untuk pacar atau sahabat Anda sehingga bisa dibuat sekendak hati.
untuk itu disini saya akan kemukankan tips yang sangat bagus tentang bagaimana menulis surat resmi berbahasa inggris :

Tips pertama:
Selalu gunakan kalimat pengantar dan salam penutup yang baku.
Untuk kalimat pengantar cukup gunakan: Dear Mr. atau Dear Ms.
Bila kita tidak tahu siapa yang akan menerima surat tersebut, misalnya mengirim ke alamat email umum suatu instansi bisa gunakan Dear Madam, Dear Sir,

Untuk salam penutup, saya paling senang menggunakan Sincerely yours,, sangat sopan. Tapi kalau misalnya surat menyuratnya sudah berlangsung berulang kali dengan orang yang sama, kita bisa menggunakan Best regards, atau cukup dengan Best,

Tips kedua:
Jangan lupa untuk berterima kasih.
Kalimat penutup andalan saya biasanya: I am looking forward to hearing from you. Thank you very much.
Kalimat ini memberitahukan kepada sang penerima surat kalau kita menunggu jawabannya atas permintaan kita di surat, dan kita mengucapkan banyak terima kasih sebelumnya. Sangat sopan bukan?

Untuk mengucapkan terima kasih secara umum, bisa juga menggunakan: Thank you for your kind help.

Tips ketiga:
Memohonlah dengan sopan.
Caranya gampang sekali, cukup dengan menggunakan kalimat berpola: I would be very grateful if you could … Tinggal isi titik-titiknya dengan permohonan yang ingin diajukan. Sopan dan langsung ke tujuan.

Atau contoh dari koala manolo (lihat komentar), If you could …, it would be most appreciated. Isi titik-titiknya dengan permintaan.

Tips keempat:
Jangan pernah menggunakan singkatan, simbol pengganti kata, atau kata yang bernuansa non-formal.
Jadi tulislah it is, bukan it’s. Jangan menulis a la ABG dengan menggunakan angka 4 untuk for (saya pernah menerima surat yang menggunakan ini. Hampir jatuh dari kursi rasanya) atau u untuk you; dan tulislah thank you dengan baik dan benar.

Tips kelima:
Tulislah nama dengan lengkap. Kalau bisa cantumkan afiliasi di bawah nama. Tanda tangan seperti ini sangat penting, apalagi bila kita menulis surat dalam kapasitas kita sebagai pegawai kantor tertentu.

Tips keenam:
Gunakan huruf besar dan tanda baca dengan baik. Huruf kecil memang imut, tapi dalam surat lebih penting menunjukkan kemampuan kita dalam menggunakan tata bahasa dengan baik dan benar, daripada menunjukkan jiwa kita yang mencintai keunikan.

Kalau kita menggunakan tips singkat ini kepada contoh surat di atas, maka hasilnya menjadi sebagai berikut:

Dear Madam, Dear Sir,

I am X, from Y. I am interested in Z.

I would be very grateful if you could inform me the application deadline and eligibility. I wonder if you could also send me the application form. If it is not possible, I would be thankful if you could inform me where I can find it.

I am looking forward to hearing from you. Thank you very much.

Sincerely yours,

X

Bagaimana? Berbeda bukan?

Tetap singkat dan padat, tapi lebih formal dan sopan. Sang penerima surat pun akan merasa tertuntut untuk menjawab surat seperti ini. Paling tidak dalam kasus saya. :) selamat menulis surat bahasa inggris
sumber : http://bla3x.wordpress.com/2006/05/06/surat-resmi-dalam-bahasa-inggris-tolong/

About Imam Khanafi

13 Responses to “surat resmi dalam bahasa inggris”

Read below or add a comment...

  1. risma says:

    Assalamu ‘alakum sahabat…
    Semoga saat engkau membaca surat ini, engkau dalam keadaan tersenyum. Karena Allah telah menghadirkan kembali rasa sayang serta KasihNya padamu. rasa yang sama saat kita bersama dulu, menjalani hari – hari penuh lelah, merangkai senyum dalam keletihan. Namun, kita menghimpunnya dalam suasana penuh cinta.

    Sahabatku.
    Sekali lagi aku menyapamu, untuk sebuah rasa rinduku padamu. Apa kabarmu hari ini? Dari tempat aku menulis sepucuk surat ini, aku selalu berdoa dalam segenap hatiku, agar engkau di sana tetap teguh dalam keimanan, dan Allah tak pernah hentinya mencurahkan RahmatNya padamu.

    Sahabat…
    Pernahkah kau berpikir mengapa Allah mempertemukan kita? Adakah semua kenangan indah yang kita alami terjadi begitu saja. Aku tak kuasa membendung butiran cinta bila merenungi semua ini. Semalam di sepertiga malamku, ku curahkan segenap rinduku pada Sang Pemberi Cinta, karena aku tahu padaNya lah bermula rasa rinduku padamu. dan tak lupa sebait doa ku lantunkan di sepertiga malam ku itu, agar kau selalu dalam naunganNya.

    Sahabat….
    Terakhir kali kala kita akan berpisah, sebenarnya aku benar – benar tak kuasa melepasmu, kenangan – kenangan manis yang telah lama kita jalin, rasanya terlalu erat untuk diuraikan. Tapi senyummu ketika itu, mengisyaratkan agar aku tetap tabah. Hingga kini bila jiwaku terasa sunyi wajah ceriamu selalu hadir. Seolah engkau benar – benar ada di sampingku. Menghiburku dengan cerita – cerita indah dari syurga, cerita tentang orang – orang yang selalu dikasihi Allah karena saling mencintai karenaNya.

    Sahabat…
    Suatu kali saat cahaya senja menaungiku di bibir pantai, aku termenung sambil menatap riak – riak air laut yang tenang. membiarkan angin dengan lembutnya menerpa wajahku. Mengusikku, yang kala itu sedang terkenang akan dirimu. Dan butiran beningpun kembali mengalir, sesekali riak – riak air laut menggodaku, menyentuh kakiku yang tak beralas.

    Sahabatku, yang jiwamu selalu terpancar cahaya keimanan
    Bila bisa memilih, aku ingin selalu setia bersamamu, mendengarkan cerita – cerita indahmu, atau menghiburmu kala kau sedang berduka. Tapi, aku mengerti bahwa sang Khaliq telah menyiapkan skenario terindahnya untuk kita, sehingga Tak ku risaukan lagi apapun takdir Tuhan tentang kita nantinya, bisa mengenalmu saja aku sudah sangat bersyukur. Aku bersyukur karena Allah telah menghadirkan dirimu pada sepotong mozaik hidupku yang singkat ini. Sepotong kenangan indah bersamamu, mampu mencerahkan setiap langkahku.

    Sahabat….
    Sepucuk Surat yang engkau genggam ini, ku tulis dengan hati yang bergetar. Setiap untaian katanya adalah kuntum – kuntum rinduku padamu. aku menulisnya dengan perasaan yang sama saat kita meguncapkan janji – janji suci, bahwa kita akan bertemu kembali di tempat terindahNya, syurga firdaus. Kini, saat kita tak bersama lagi. Hanya janji suci itulah yang menguatkan aku, mengiringi langkahku dalam merangkai cita –
    cita.
    Sahabatku,
    Semenjak kita berpisah, aku telah mengenal banyak orang, bertemu bermacam rupa manusia. Namun, tak kutemukan satupun perasaan yang sama saat bersamamu. Ada kehangatan jiwa yang ku rasakan, saat kita menertawakan kecerobohan kita sendiri, kau telah mengajari aku bagaimana cara agar kita tetap tersenyum, meski takdir terasa pahit.

    Sahabatku…
    Ku harap engkau selalu dalam kebaikan, jagalah selalu shalatmu, tilawahmu, serta lisanmu. Sehingga para malaikat menyaksikan engkau sebagai hambaNya yang sempurna dalam keimanan. Sahabatku, ku harap pula agar engkau selalu menjaga akhlakmu di manapun engkau berada, serta kepada siapapun, kepada orang yang muda ataupun tua, bahkan kepada orang – orang yang membencimu sekalipun.
    Begitu juga diriku, ku mohon agar engkau selalu mendoakanku. Agar kita bisa menjadi pribadi yang menawan karena akhlak dan ilmu.

    Sahabatku..
    Seterjal apapun perjalan yang kau tempuh, sepahit apapun kisah yang kau rasa. Ku mohon padamu, janganlah pernah berpaling dari cahayaNya. Yakinlah, bahwa engkau tak pernah sendiri, Allah dengan segala kemurahanNya akan selalu membimbingmu, asal dirimu selalu menjaga waktu untuk selalu dekat padaNya.

    Sahabatku yang hatinya selalu terpancar cahaya Illahi, selalu ada ruang dihatiku untukmu, karena kau telah terlebih dahulu membesarkan hatiku. Dan aku berharap semoga kita bertemu kembali walau di tempat dan waktu yang berbeda, namun masih ada cinta di sana.

    Sahabatku, yang karena Allah aku merindukanmu.
    Inilah sepucuk surat yang ku tulis untukmu, ku tulis dengan hati yang ikhlas, dengan jiwa yang basah. Semoga setelah engkau membacanya, semakin terjalinlah rasa persahabatan kita. Dan semakin semangat pula ikhtiar kita menuju jalanNya. Semoga Allah menghimpun kita di taman – taman surganya, seperti janji suci yang telah kita ikrarkan.

    Wassalam.

  2. coker says:

    Undangan Ulang Tahun

    Hai teman-teman….

    Datang ya

    Di pesta ulang tahunku

    ke-12

    Yang akan diadakan di : KFC Plaza Atrium Senen

    Hari : Sabtu, 2 Juli 2011

    Pukul : 14.00 s/d 16.00 WIB

    Aku tunggu ya kedatangannya.

    Salam manis : coker

  3. zeni nax outsiders says:

    terima kasih bantuannya
    :) :D 8|

  4. R.nurlaela putri says:

    good……….

  5. Lita_octa says:

    bisa minta tolong kalau surat penawaran jasa kurir itu dengan bahasa inggris yang formal seperti apa ya pak, bisa dicontohkan? saya mengalami masalah dalam pemilihan kata-kata bahasa inggris yang mana yang formal atau yang mana untuk pemakaian sehari-hari. mohon bantuannya ya pak.

  6. miarifandy says:

    tlong berikan contoh surat tentang olahraga dalam bahasa inggris donk ?

  7. nathalye says:

    tolong donk kasih tau gimana caranya buat surat undangan resmi dalam bahasa inggris !!!!”

  8. aerviani says:

    tolong donk kasih contoh surat resmi dan tidak resmi dalam bahsa inggis

  9. kiki says:

    Hello,

    My name is ….., I’m a 4th semester student of ….. program at …….. I’m about to propose for an Internship Program at …….. For a consideration, I’ve include my Resume/CV (Curriculum Vitae), certificates, 1st-3rd semster score, and some of my portfolio with this proposal. I’m interest in Creative Dept. and Marketing, but if there’s no more space on both of it you may place me at the division that needs my skill.

    My primary objective of doing this Internship Program is to learn, know how, and get involved to the real Advertising world (know the process of making an ad, briefing with client, work in a team, making a deal, and many others). In the 2nd semester, I’ve done an orientation program called ……. It lasts for one week, but I’m really unsatisfied, because I got only a little bite of a Big Cake (there’s so many left to learn). So, I hope I can learn many more in your company, and can be useful for your company.

    Please notify me about the confirmation (YES or NO), so I can take further action.

    kalo kaya diatas gimana menurut agan?

  10. panji says:

    mba tanya kalo surat pernyataan bahasa Inggris yang umumnya apa yah sebutannya?

  11. ujilman says:

    lumayanlah, tapi mantap

  12. tiara warzukni says:

    thanks
    ;) :D

  13. Uzwah says:

    Thanks your articel very helpfull saya sangat terbantu dengan artikel bahasa inggrisnya terimakasih banyak ^_^

Leave A Comment...

*