Surat Kuasa Bahasa Inggris

Menjadi seorang pengusaha sukses, siapa yang tak mau? Apalagi jika menjabat sebagai seorang direktur utama. Wah, jabatan yang sangat bergengsi dan menguntungkan tentunya di kalangan perusahaan. Hidup bergelimang harta, tak perlu melakukan pekerjaan yang susah, setiap hari hanya perlu duduk di kantor dan menandatangani surat-surat yang perlu anda setujui, berjalan-jalan keliling perusahaan untuk mengawasi kerja pegawai, dan pekerjaan-pekerjaan ringan lainnya. Namun, hal ini bisa jadi berbeda cerita jika perusahaan anda bekerja dalam sektor produksi barang yang tidak hanya digunakan di dalam negeri namun juga di luar negeri.

Dalam hal ini, kecakapan berbahasa inggris akan menjadi sangat penting, karena bahasa itulah yang nantinya digunakan dalam dunia usaha berskala internasional. Fungsi dari bahasa inggris di sini adalah sebagai bahasa berkomunikasi untuk negosiasi harga, hal-hal terkait kepuasan pembeli, dan lain-lain. Meskipun begitu, tidak semua pimpinan perusahaan diharuskan cakap berbahasa inggris. Ada kalanya seorang direktur perusahaan itu tidak bisa berbahasa inggris namun memiliki wakil yang mampu dalam hal itu. Penunjukan wakil ini bisa dilakukan dengan pemberian surat kuasa.surat kuasa bahasa inggris

Surat kuasa yang perlu anda buat adalah surat kuasa bahasa inggris yang sifatnya khusus. Artinya, surat kuasa itu bisa digunakan oleh pihak yang diberi kuasa hanya dalam keadaan tertentu sesuai batasan yang anda tuliskan dalam surat itu. Mengapa berbahasa inggris? Karena kekuasaan yang anda berikan bersifat internasional. Komponen-komponen yang harus ada dalam surat kuasa adalah judul bertuliskan “surat kuasa”, pihak-pihak yang terlibat beserta profil singkatnya, inti pokok pemberian kuasa, tempat dan waktu pembuatan, tanda tangan pihak yang terlibat beserta saksi-saksi, serta tempelkan materai sekelas kepentingan tersebut. Berikut adalah contoh surat kuasa bahasa inggris standart yang biasa digunakan oleh umum:

Teks Contoh Surat Kuasa Bahasa Inggris Standart

LETTER OF ATTORNEY

I am who made this letter of attorney and signed below:
Name : Arianda Novian Rahman
Job : Director of PT. SEMAR KANDHAS
Address: Jl. Kauman No. 12 Mojokerto, East Java.

Explained, that the existence of this letter, I gave the power to:
Name : Andhini Rahmat Hasani
Job : Counsellor
Address: Jl. Trunojoyo No. 41 Pacet, Mojokerto.

To represent and/or act on behalf of me, Mr. Arianda, in terms of handle project delivery clove exports to India till I come back to the company, because I have to deal with other projects that cause I could not stay in Indonesia for a while.Thus this Latter of Attorney is made, to be used as appropriate.

Mojokerto, 11 Maret 2011
Endorsee, Endorser,

(Paste stamp slightly to the left)

(Andhini Rahmat Hasani) (Arianda Novian Rahman)

Ini adalah salah satu jenis contoh surat kuasa bahasa inggris. Dan contoh ini adalah contoh paling sederhana yang sering digunakan oleh banyak orang. Sehingga anda pada pembuatan surat kuasa anda yang sebenarnya, anda bisa mngkreasikan sedemikian rupa dengan menggunakan contoh surat kuasa bahasa inggris ini sebagai bahan dasar penulisan surat. Pada bagian identitas diri misalkan, anda dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang identitas diri anda dan juga pihak-pihak yang terkait, seperti orang yang menerima kuasa dan saksi-saksi. Dan di bagian keterangan kekuasaan yang akan anda berikan, anda bisa memasukkan keterangan sebanyak-banyaknya mengenai batasan kekuasaan. Mengenai kapan dan dalam situasi apa wakil anda bisa menggunakan kekuasaan itu, dan lain-lain. Nah, sekian dulu penjelasan atas pembuatan surat kuasa bahasa inggris.

About Imam Khanafi