Sertifikat Toefl Resmi Sebagai Standar Tes Bahasa Inggris

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

Dalam mendapatkan sertifikat toefl secara resmi sangatlah mudah. Saat ini banyak lembaga-lembaga resmi yang menyediakan tes toefl dengan sertifikat sah atau secara resmi. Dalam upaya mendapatkan sertifikat toefl akan sulit jika Anda tidak dapat memenuhi kriteria skor yang mencukupi. Masing-masing jenis tes toefl memiliki jumlah minimal skor yang harus dicapai dan jika skor tidak memenuhi syarat maka tidak akan mendapatkan sertifikat toefl. Hal ini dikarenakan kebanyakan universitas atau instansi lain yang membutuhkan skor toefl dengan memenuhi syarat. Biasanya para instansi dan universitas membuat peraturan calon mahasiswa yang diterima harus mendapatkan skor toefl tertentu. Jika skor yang didapatkan kurang dari peraturan minimal skor maka Anda akan dianggap gagal.

Saat ini ada banyak sekali media online yang menawarkan tes toefl secara gratis dan akan mendapatkan sertifikat resmi. Namun hal ini tidak boleh dipercaya begitu saja sebab di internet sangat rentan terhadap penipuan. Untuk itu bagi Anda yang ingin mendapatkan sertifikat toefl secara resmi tidak boleh mencarinya sembarangan. Jika Anda menggunakan sertifikat palsu atau tidak resmi sangat mengecewakan. Sebab Anda akan dianggap tidak diterima atau tidak memenuhi syarat akibat menggunakan sertifikat toefl palsu. Sertifikat resmi pastinya akan memiliki karakteristik yang bisa dikenali. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan sertifikat toefl secara resmi dan sangat mudah maka simaklah tipsnya berikut ini.

sertifikat toefl

Cara Mendapatkan Sertifikasi Toefl Resmi

Jenis toefl yang sering digunakan terdiri dari 2 yaitu ITP dan IBT. ITP merupakan jenis toefl yang dikhususkan untuk digunakan di wilayah tertentu saja. Seperti di Indonesia jenis toefl ITP ini banyak digunakan untuk melamar pekerjaan, syarat kelulusan di sebuah universitas, melamar pekerjaan dan sebagai pengukur kemampuan berbahasa Inggris. Sedangkan IBT yaitu jenis toefl yang bisa digunakan di seluruh dunia. Hal ini berarti sertifikat dari toefl IBT ini bisa digunakan dimana saja. IBT ini jangkauannya sudah seluruh dunia dan terdapat lembaga resmi yang membuatnya. Begitu juga dalam mengeluarkan sertifikat toefl secara resmi.  Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi untuk mendapatkan sertifikasi toefl dengan mudah dan cepat yaitu :

  1. Faktor kesulitan TOEFL
    Banyak peserta yang menganggap bahwa tes toefl itu sangat sulit. Soal-soal yang disediakan begitu sulit sehingga untuk mendapatkan skor yang diinginkan juga akan sulit. Skor yang akan didapatkan tergantung dengan kemampuan dalam memahami teks bahasa inggris, strukturnya dan kemampuan dalam bagian listening. Biasanya masing-masing universitas juga menargetkan mahasiswanya untuk mendapatkan skor yang tinggi. Terlebih lagi di universitas-universitas di luar negeri dengan standardisasi toefl yang tinggi. Misalnya dalam program S1 standar poin yang harus didapatkan yaitu 80 poin. Kemudian untuk program master diharuskan mendapatkan poin 90.

  2. Faktor struktur TOEFL
    Di dalam sebuah tes toefl terdapat bagian-bagian soal yang harus peserta kerjakan dengan baik. Bagian-bagian soal tersebut yaitu listening, writing, reading dan speaking. Jika peserta ingin mendapat skor yang tinggi maka harus benar-benar menguasai materi listening, writing, reading dan speaking dengan baik. Dalam mengerjakan soal reading misalnya hanya disediakan waktu 30 menit saja untuk menyelesaikan soal 60. Hal ini tentu sangat sulit jika peserta tidak dapat memaksimalkan waktu dengan baik. Strategi dalam mengerjakan bagian reading ini yaitu dengan membaca skimming atau dengan cepat. Jika tidak terbiasa untuk membaca cepat dan memahami teks maka sangat sulit mendapatkan skor yang sempurna.

Itulah tadi 2 faktor yang dapat mempengaruhi dalam mendapatkan sertifikasi toefl secara resmi berdasarkan soal toefl. Nah, kemudian cara untuk mendapatkan sertifikat toefl secara resmi yaitu dengan melakukan langkah pertama menentukan jenis toefl yang akan diambil kemudian mencari lembaga penyedia toefl yang resmi dan dapat dipercaya. Berikut ini adalah jenis-jenis tes toefl yang bisa Anda pilih, yaitu :

PBT (Paper Based Test)CBT (Computer Based Test)IBT (Internet Based Test)ITP (Institutional Testing Program)
Hanya digunakan untuk latihan tes toefl dan tidak dapat digunakan untuk melamar pekerjaan atau masuk ke universitas di luar negeri.Saat ini jenis CBT ini sudah tidak digunakan lagi atau dihapusDigunakan untuk melamar pekerjaan, masuk ke universitas di luar negeri dan mendaftar beasiswa luar negeriDigunakan untuk melamar pekerjaan, masuk ke universitas di wilayah tertentu atau hanya di Indonesia saja.

Kemudian setelah mengetahui jenis-jenis tes toefl yang ada beserta kegunaannya, selanjutnya yaitu mencari cara mendapatkan sertifikat toefl secara resmi dari lembaga yang resmi juga. Berikut ini adalah langkah mendapatkan sertifikasi toefl secara resmi :

  1. Melakukan pendaftaran
    Setelah memilih tes toefl yang tepat kemudian lakukan pendaftaran untuk bisa mengikuti tes toefl. Di dalam website tertera jadwal, kuota serta biaya yang harus dikeluarkan. Bagi peserta yang ingin segera mengikuti tes toefl sebaiknya secepatnya memesan kursinya untuk melakukan tes toefl.
  2. Mencari lembaga resmi
    Biasanya lembaga resmi yang menyediakan tes toefl dan sertifikat secara resmi memiliki website resmi. Cara mencarinya yaitu cukup mengakses website resmi lembaga penyedia tes toefl dan sertifikat secara resmi.
  3. Memilih jenis toefl
    Setelah mendapatkan website resmi kemudian pilihlah jenis tes toefl yang akan dipilih. Apakah jenis tes toefl untuk wilayah lokal saja atau tes toefl untuk wilayah di seluruh dunia. Pastikan lembaga resmi tersebut menyediakan jenis tes toefl sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
  4. Pengambilan sertifikat
    Setelah peserta melakukan tes toefl dan sertifikat secara resmi akan keluar setelah menunggu beberapa waktu. Setelah sertifikat jadi maka langsung bisa diambil kemudian digunakan sesuai dengan keperluannya.

Demikianlah cara mendapatkan sertifikasi toefl secara resmi sebagai standar bahasa Inggris dan hanya lembaga resmi yang dapat mengeluarkan sertifikat tersebut.

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*