Pengertian Reciprocal pronoun, List Kata dan Contoh Kalimat

Reciprocal pronoun adalah kata ganti noun (kata benda) yang digunakan pada saat dua subject melakukan hal yang sama. Pada situasi ini maka subject akan mendapatkan kata ganti untuk menggantikan satu sama lainnya. Reciprocal pronoun contohnya yaitu one another dan each other. Dalam penggunaannya di sebuah kalimat each other jauh lebih sering digunakan dibandingkan dengan one another. Hal ini dikarenakan kata each other jauh lebih umum digunakan pada sebuah kalimat dibandingkan dengan one another. Namun kedua kata tersebut baik one another dan each other memiliki fungsi dan makna yang sama sebagai kata pengganti subjek yang melakukan hal sama di waktu tertentu pada sebuah kalimat.

Dalam sebuah kalimat pasti terdapat pronoun yang berfungsi sebagai kata ganti dan merupakan suatu elemen penting yang sering digunakan dalam bahasa inggris. Kata ganti (pronouns) ini digunakan sebagai pengganti noun (kata benda). Macam-macam pronoun ada banyak sekali dan salah satunya yaitu reciprocal pronoun ini. Dalam menggunakan reciprocal pronoun ini sebaiknya perhatikan terlebih dahulu dalam penggunaan kata each other dan one enother. Pertama, yaitu dengan memperhatikan apakah ada dua orang atau lebih dalam melakukan hal dan kedua orang tersebut atau lebih juga melakukan hal yang sama. Untuk memahami penggunaan kata pada reciprocal pronoun ini simak saja penjelasan di bawah ini.

Contoh Kata, Fungsi dan Kalimat Reciprocal Pronoun

Reciprocal pronoun memiliki 3 fungsi yaitu sebagai object of preposition, sebagai object of verb dan possessive. Pada fungsi object of preposition kata ganti (noun) digunakan untuk setelah kata depan sedangkan pada object of verb yaitu setelah kata kerjanya dan pada fungsi possessive yaitu akan ditambahkan ‘s pada kata ganti (noun) . Perlu diingat bahwa reciprocal ini tidak digunakan sebagai subject pada sebuah kalimat.

Contoh reciprocal pronoun berdasarkan fungsinya

Jenis kata intensiveContoh kalimat
HimselfHe himself should have positive thinking. (dia sendiri seharusnya mempunyai pikiran yang positif)
HerselfRiana knew that she herself will bring the good news. (Riana tahu bahwa dia sendiri akan membawa berita baik)
YourselfYou yourself should know the bad effect of smoking. (kamu sendiri seharusnya tahu dampak buruk dari merokok)
ThemselvesThe student knew that they themselves were responsible for doing their best on examination. (para murid tahu bahwa mereka sendiri bertanggung jawab untuk mengerjakan yang terbaik di ujian)
We ourselves are the ones who can tell the news about Jenna to his mother. (kami sendiri adalah orang yang bisa menceritakan kabar Jenna kepada ibunya)
Ourselves
MyselfI myself will always loving my mother. (saya sendiri akan selalu mencintai ibuku)
ItselfThe cat itself licking its fur all day. (kucing itu sendiri menjilati bulunya sepanjang hari)
YourselvesYou yourselves have done a good plan. (kamu sendiri yang telah mengerjakan rencana yang bagus)

Contoh kalimat reciprocal pronoun
1. They didn’t talk to each other. (mereka tidak saling berbicara satu sama lain)
2. They show one another’s illustration in the exhibition. (mereka menampilan ilustrasi masing-masing  dalam ajang persahabatan)
3. We write a letter to each other. (kami saling menulis surat ke satu sama lain)
4. The children help each other. (anak-anak saling membantu satu sama lain)
5. They support each other when in a bad situation. (mereka saling mendukung ketika dalam keadaan yang sulit)

Berikut ini contoh soal reciprocal pronoun

  1. They should sharing…….. opinion when discussion session.
  2. The lions attacked………
  3. Why did you hit………?
  4. Sinta and Rita had a birthmark……..
  5. I and my ex look……… when at the movie.

Itulah penjelasan mengenai kata ganti noun dalam dua subject yang melakukan suatu kegiatan atau hal yang sama.  Dalam penggunaan kata each other dan one another saat ini sama dalam penggunaannya. Dahulu penggunaan kata each other digunakan untuk dua subject kemudian one another untuk subject lebih dari dua atau tiga pada reciprocal pronoun.

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*