Pidato Bahasa Inggris tentang Merokok

Pidato bahasa inggris tentang merokok mengajak perokok untuk tidak merokok di tempat umum atau jika perlu berhenti merokok sama sekali apalagi sebagaian besar perokok sudah mendapatkan penjelasan dan memiliki pemahaman bahwa rokok merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

Pidato Bahasa Inggris tentang Merokok – Hari Anti Rokok Sedunia

Celebration of World’s Cigarette-free Day

First of all, let’s say our praise and gratitude to God the One and Almighty because of all His blessing upon us so that today we can gather here altogether to hold school farewell ceremony.

To all the honorable audience,
It is really a great time that we all can gather up in connection with the tobacco-free day or world’s cigarette-free day today on May 31th.

We all surely know that smoking cigarettes for some people probably have become a need or lifestyle. In this occasion, I am not going to invite everybody to put their smoking habit away but just to open the eyes of those active smokers not to smoke their cigarettes in random places wherever they are, such as in public transportations, waiting room, and many others. Moreover, if there are little children or pregnant women around them.

Smoking is indeed a right for everybody, yet everybody also has right to breath in the air without smoke of cigarettes. Smoking doesn’t only bring disadvantages for the smoker itself but also bring disadvantages to others. In fact, the danger of smoking is mostly suffered by passive smokers than the active smokers themselves.

pidato bahasa inggris tentang merokok - hari anti rokok seduniaTo ladies, gentlemen, and all the audience I proud of,
On this world’s cigarette-free day, let’s make this moment to begin from our own selves to understand how dangerous the cigarette is for us. We just cannot force someone out to stop smoking unless they realize it themselves.

How terrible the toxins on a cigarette are if just you know,
A cigarette contains more or less than 4000 elements, and at least 200 of them are stated to be dangerous for health. The main toxins on a cigarette include tar, nicotine, and carbon monoxide.
– Tar is an hydrocarbon substance that is adhesive to lung
– Nicotine is an addictive substance that influences the nerves and blood circulation. This substance is carcinogenic which is able to trigger deadly lung cancer
– Carbon monoxide is a substance that binds hemoglobin on blood, making blood unable to bind oxygen
How awful the dangers of cigarette’s toxin effects are
These toxin effects on a cigarette make the smoker experience some risks (compared to those who don’t smoke):
– 14 times of suffering from lung, mouth, and throat cancer
– 4 times of suffering from esophagus cancer
– 2 times of suffering from bladder cancer
– 2 times of suffering from heart attack

Smoking also increases the fatality risk for those who are suffering from pneumonia and heart failure as well as hypertension.

Is there any safe limit in smoking cigarette?

Smoking by using a cigarette with low nicotine level will not help because in order to meet the need of that addictive substance, smoker tends to suck the cigarette hardly, deeper and longer in time.
So, THERE IS NO SAFE LIMIT FOR THOSE WHO ARE EMITTED BY SMOKE OF CIGARETTE
I wish everything I have said can be our all contemplation so that we can prevent ourselves from dangers of cigarette. Do not ever get yourselves regretful before late. Forgive me for the mistakes on my words.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Terjemahan :

Peringatan Hari Anti Rokok Sedunia

Assalamu alaikum wr. wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.

Para hadirin semua yang saya hormati.

Alangkah bahagia hari ini kita bisa berkumpul sehubungan dengan hari tanpa tembakau atau hari anti rokok sedunia yang jatuh pada hari ini yaitu tgl 31 Mei.

Tentu kita tahu bahwa merokok bagi sebagian orang mungkin sudah menjadi suatu kebutuhan atau gaya hidup. Dalam hal ini saya tidak akan mengajak orang untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Melainkan sekedar mengetuk kesadaran bagi perokok aktif untuk tidak merokok di sembarang tempat di manapun mereka berada, seperti di dalam kendaraan umum, ruang tunggu, dll. Terlebih lagi bila di sekitar mereka terdapat balita atau ibu hamil.

Merokok memang hak pribadi setiap orang, namun hak setiap orang juga untuk menghirup udara tanpa asap rokok. Merokok tidak hanya merugikan perokok itu sendiri tapi juga sangat merugikan orang lain. B ahaya rokok sebagian besar justru diderita oleh perokok pasif daripada perokok aktif itu sendiri.

Ibu-ibu, bapak-bapak dan para hadirin yang saya banggakan

Di hari anti asap rokok seduni ini marilah kita jadikan moment untuk mulai dari diri kita sendiri memahami betapa bahayanya asap rokok untuk kita. Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk berhenti merokok kecuali diri mereka sendirilah yang menyadarinya.

Betapa mengerikannya Racun pada Rokok jika kita mengetahui.
Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.
• Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
• Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan. • Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Begitu dahsyat bahaya Efek Racun rokok

Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok):

• 14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
• 4x menderita kanker esophagus
• 2x kanker kandung kemih
• 2x serangan jantung

Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.

Apakah Ada Batas Aman Merokok?

Menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu, karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiktif itu, perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras, lebih dalam, dan lebih lama.

TIDAK ADA BATAS AMAN BAGI ORANG YANG TERPAPAR ASAP ROKOK

Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat direnungkan bersama sehingga dampak berbahaya dari rokok tidak menyerang diri kita. Jangan sampai kita menyesal sebelum terlambat.

Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu alaikum wr. wb.

Leave a Comment