Pentingnya Kemampuan Mengetik Cepat Dalam Test TOEFL Writing

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

Saat ini, ada dua format TOEFL yang digunakan, yaitu PBT dan iBT. TOEFL PBT adalah format tes yang menggunakan kertas sebagai lembar jawabannya, sehingga anda harus menulis secara manual, terutama dalam writing section. Selain itu, pada format PBT, tidak ada speaking section. Sedangkan dalam TOEFL iBT, tes dilakukan secara online menggunakan komputer, sehingga anda tidak harus menulis secara manual. Selain itu, dalam format ujian ini terdapat speaking section. Dari dua format tersebut, TEOFL iBT memiliki lebih banyak keunggulan dan paling sering digunakan. Tapi, dalam TEOFL iBT, hal-hal teknis kadang juga menjadi kendala, salah satunya adalah kecepatan mengetik dalam writing section. Bagi peserta yang tidak terbiasa mengetik di komputer dengan 10 jari, writing section bisa menjadi tes yang sulit.

Secara teknis, dalam TOEFL iBT writing section anda akan mendapatkan dua buah soal. Pada soal pertama, anda akan mendapatkan waktu sekitar 20 menit untuk menulis suatu essay tentang tema yang telah disediakan dengan jumlah kata rata-rata 150-225 kata. Lalu, pada tugas kedua, anda akan mendapatkan waktu 30 menit untuk menulis suatu essay dengan jumlah kata sekitar 300 kata. Selain memperhatikan jumlah kata dan alokasi waktu, anda juga perlu paham bahwa dalam TOEFL iBT writing section ini, bukan sekedar kemampuan menulis anda yang dibutuhkan tapi juga kemampuan anda dalam mengemukakan pendapat dan menyusun pendapat anda secara jelas dan mudah dipahami. Melihat aspek-aspek tersebut, alokasi waktu yang diberikan bisa jadi tidak sebanding dengan batasan jumlah kata yang diberikan.

speed typing toefl writingBila dihitung secara manual, kecepatan minimal yang anda butuhkan untuk menyelesaikan suatu essay adalah 10 kata per menit. Tapi, anda harus ingat bahwa alokasi waktu yang diberikan itu bukan hanya untuk mengetik saja. Selain mengetik, anda masih harus memahami soal dengan baik dan menyusun jawaban serta gagasan dan kemudian menyusun kerangka karangan. Setelah selesai, anda masih harus menyisakan waktu juga untuk mengecek ulang hasil pekerjaan anda. Melihat hal tersebut, 10 kata per menit tidaklah cukup untuk menyelesaikan tugas karangan anda. Paling tidak, anda harus bisa menulis 30-60 kata per menit. Dan untuk mengetik dengan kecepatan seperti itu, tentu saja anda harus terbiasa mengetik dengan 10 jari pada keyboard QWERTY.

Dari hal itu, bisa dilihat betapa pentingnya kecepatan mengetik anda ketika menghadapi TOEFL iBT writing section. Dalam writing section tersebut, anda benar-benar harus mampu melakukan time management dengan baik karena anda harus membagi alokasi waktu yang tersedia untuk mempersiapkan gagasan dan membuat outline serta melakukan review. Untuk itu, kecepatan mengetik anda memegang peranan penting. Bila anda tidak bisa mengetik dengan cepat, bisa jadi anda tidak bisa memiliki cukup waktu untuk mengecek jawaban anda, atau bahkan anda tidak bisa menyelesaikan tulisan anda. Bila itu terjadi, tentu saja anda akan mendapatkan skor yang rendah dalam TOEFL iBT writing section

About Imam Khanafi

One Response to “Pentingnya Kemampuan Mengetik Cepat Dalam Test TOEFL Writing”

Read below or add a comment...

  1. adamssihurac says:

    Saya ingin donwload aplikasi translate

Leave A Comment...

*