Penggunaan Also/Too/As Well, Posisi dan Contoh Kalimat

Dalam kalimat bahasa Inggris mungkin anda sering mendengar adanya penggunaan kata also/too/as well, semua kata tersebut memiliki arti yang sama yaitu juga. Namun tahukah anda tentang perbedaan di antara ke tiga kata tersebut? Sebenarnya jika di lihat secara sekilas, perbedaan yang ada bukanlah hal yang sangat besar, namun ternyata kita harus sangat memperhatikannya dengan baik karena jika kita salah menggunakan salah satu kata tersebut dalam sebuah kalimat yang ternyata secara tata bahasa seharusnya tidak menggunakan kata tersebut maka yang terjadi adalah adanya rasa “aneh” karena kalimat yang terbentuk menjadi terdengar sangat tidak nyaman untuk di dengar.

Ini Dia Cara Menggunakan Also/Too/As well dengan Benar

Biasanya para pemula dalam pelajaran bahasa Inggris akan merasakan kebingungan saat harus menggunakan beberapa kata ini dalam sebuah kalimat dalam bahasa Inggris. Maka dari itu kami berusaha untuk memberikan informasi sejelas mungkin agar supaya bisa membantu anda yang sedang belajar untuk menerapkan 3 kata tersebut. Kunci untuk menggunakan kata also/too/as well dalam sebuah kalimat adalah bahwa anda harus memperhatikan setidaknya 3 hal penting yang ada di dalamnya sehingga pemilihan kata anda benar-benar tepat dan benar sesuai dengan fungsinya. Untuk lebih jelasnya simak artikel ini hingga tuntas karena kami akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan kata also/too/as well serta memberikan beberapa contoh kalimatnya.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menerapkan kata also/too/as well dalam sebuah kalimat dengan baik dan benar.

a. Also

Meskipun kata “also” sering di gunakan pada writing, namun kata ini juga bisa di gunakan dalam sebuah kalimat speaking meskipun penggunaannya akan terdengar tak biasa. Secara umum, kata “also” bisa di letakkan dalam sebuah kalimat dengan posisi di awal, tengah atau akhir sebuah kalimat. Perbedaannya adalah jika di letakkan di awal maka berfungsi untuk memberikan penekanan dalam sebuah kalimat.

b. Too

Kata “too” sangat umum di gunakan dalam sebuah kalimat yang memiliki bentuk positif dan biasanya akan memiliki posisi yang berada di akhir sebuah kalimat. Namun jika anda ingin menempatkannya di posisi setelah subjek maka hal itu akan memberikan fungsi bahwa anda ingin memberikan penekanan khusus pada subjek tersebut.

c. As Well

Kebalikan dari kata “also”, kata “as well” biasa digunakan dalam kalimat yang di tujukan untuk speaking, sehingga kita akan jarang sekali menemukan penggunaan kata “as well” pada kalimat dalam writing. Untuk menggunakan kata “as well” anda bisa menempatkannya di posisi yang berada di tengah atau akhir kalimat.

Berikut ini beberapa contoh penggunaan kata also/too/as well dalam sebuah kalimat bahasa Inggris dengan baik dan benar.

KataPosisiContoh KalimatTerjemah
AlsoAwalHe also helped usDia juga membantu kami
TengahI love chocolate. Also, I love pizzaSaya suka cokelat. Saya juga suka pizza
AkhirI’m a teacher, and my brother is, alsoSaya adalah seorang guru dan saudaraku juga
TooAwalI too believed that everyone needs a friendSaya juga percaya bahwa setiap orang membutuhkan teman
TengahIf he wants to go too, he should meet us at 8.00Jika dia ingin pergi juga, ia harus menemui kami jam 8.00
AkhirHe is Canadian tooDia juga orang Kanada
As WellAwal--
TengahI like carrot cake, as well as chocolate cakeSaya suka kue wortel, juga kue coklat
AkhirWe went to New York, Boston and Atlanta as wellKita pergi ke New York, Boston dan juga Atlanta

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang bagaimana cara menggunakan kata also/too/as well dalam sebuah kalimat lengkap dengan contoh kalimat yang menggunakan kata tersebut dengan berbagai posisi yang memungkinkan dalam kalimat yang benar dan tepat. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

About Imam Khanafi