Pengertian Pronoun-Antecedent, Tabel dan Contoh Kalimat

Salah satu hal yang pasti kita pelajari di dalam bahasa Inggris adalah belajar tentang sebuah bab yang berisi “pronouns”. “Pronouns” adalah sebuah kata yang memiliki fungsi untuk di gunakan menjadi sebuah pengganti dari noun atau kata benda yang bisa berupa benda, manusia,hewan, tempat atau jenis benar lainnya. Di dalam “pronouns” terdapat pronouns-antecedent-agreement yang merupakan sebuah persesuaian antara pronouns dengan antecedent dalam perihal number, person, serta gender. Nah muncul pertanyaan lain, tentang apakah yang di sebut antecedent? Antecedent adalah sebuah kata, frasa atau klausa yang posisinya digantikan oleh pronoun. Sedangkan agreement ini sangat dibutuhkan dengan syarat keduanya ada dalam sebuah kalimat.

Penggunaan Pronoun-Antecedent Dalam Bahasa Inggris

Mempelajari bahasa Inggris tentu saja memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan berkomunikasi kita. Karena bahasa Inggris telah di tetapkan menjadi bahasa internasional yang bisa di gunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia untuk berkomunikasi dengan mudah. Jika kita sudah pernah mempelajari tentang pronouns dan bagaimana cara untuk menggunakannya dalam kalimat bahasa Inggris, kali ini kita akan mempelajari pronoun-antecedent dengan tujuan agar supaya kita bisa mengenali penggunaannya dengan tepat dan baik di dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Sebelumnya agar supaya kita bisa memahami tentang pronoun-antecedent dengan baik, mari kita lihat terlebih dahulu tentang tabel jenis pronoun yang ada dalam bahasa Inggris.

SubjekObjekPossesiveReflexive
IMeMyMyself
WeUsOurOurselves
TheyThemTheirThemselves
YouYouYourYourselves (kamu)
YouYouYourYourselves (kalian)
SheHerHerHerself
HeHimHisHimself

Tabel di atas menerangkan tentang bentuk pronoun yang akan berubah saat menunjukkan posisinya sehingga anda harus bisa memperhatikannya dengan baik agar supaya bisa menempatkannya pada posisi yang tepat saat anda memasukkannya dalam kalimat bahasa Inggris. Agreement dalam bentuk pronoun-antecedent harus meliputi beberapa hal di antaranya adalah :

a. Number atau jumlah

Bahwa antara antecedent dengan pronoun yang akan digunakan haruslah bisa sesuai dari segi jumlah, misalnya jika ada antecedent dalam bentuk singular atau tunggal maka bentuk pronoun yang di gunakan haruslah bentuk singular juga, demikian sebaliknya.

b. Person

Dalam penyusunan pronoun-antecedent anda juga harus sangat menyesuaikan dari segi person yang menunjukkan posisi orang yang sedang melakukan seperti first person, second person atau third person dalam  kategori yaitu subjective, objective dan reflexive.

c. Gender

Serta  hal yang harus di perhatikan terakhir adalah antara antecedent dan pronoun harus memiliki adanya kesesuaian dalam hal gender atau jenis kelamin seperti penentuan apakah subject adalah female atau wanita, male atau pria dan yang terakhir adalah neutral.

Untuk mengetahui bentuk pronoun-antecedent agreement lebih jelasnya mari kita lihat contohnya dalam sebuah kalimat seperti berikut ini.

PersonA person who performs repetitive tasks in his or her job is typically easy to become bored
(Singular)(Seseorang yang melakukan tugas berulang-ulang di pekerjaannya biasanya mudah menjadi bosan)
PeoplePeople who performs repetitive tasks in his or her job is typically easy to become bored
(Plural)(Orang-orang yang melakukan tugas berulang-ulang di pekerjaannya biasanya mudah menjadi bosan)
PersonSarah herself wrote all the articles
(Third)(Sarah sendiri yang menulis semua artikel tersebut)

Demikian kiranya ulasan singkat tentang pronoun-antecedent agreement dan penggunaannya dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Kami sertakan beberapa contoh penggunaan pronoun-antecedent agreement dalam kalimat sehingga anda bisa lebih mudah untuk memahaminya. Semoga bermanfaat.

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*